Makan Apel Sepuasnya di Malang Wisata Petik Apel Kusuma Agrowisata Batu




Apabila anda beranggapan bahwa kota apel adalah berarti anda memiliki pemikiran yang salah kaprah. Pada kenyataannya tumbuh suburnya apel ternyata di Kota Batu. Jaraknya yang tak terlalu jauh dari Kota Malang membuat sebagian orang menganggap kedua kota ini adalah satu kota yang sama.

Jika anda berkunjung ke kota batu jangan lupa anda mencoba apelnya. Malahan jangan hanya mencoba selama anda disana, makanlah apel sepuasnya. Ya, disana memang terdapat wisata petik apel yang memungkinkan anda untuk memakan apel sepuasnya. Salah satu yang dapat anda kunjungi adalah Kusuma Agrowisata Batu.

Wisata Petik Apel di Agrokusuma Batu
Wisata Petik Apel di Agrokusuma Batu

Kusuma Agrowisata Batu adalah pelopor wisata agro di Indonesia. Sejatinya Kusuma Agrowisata adalah dan lokasi wisata agro. Kalau biasanya memberikan wisata kepada pengunjungnya, Kusuma Agrowisata Batu justru kebalikannya. Wisata agro ini merupakan satu-satunya wisata yang menawarkan hotel sebagai pendukungnya.

Kusuma Agrowisata terletak pada ketinggian ±1000 meter dari permukaan laut yaitu di Jl. Abdul Gani Atas. Kusuma Agrowisata memiliki 5 paket wisata apel. Paket-paket tersebut memiliki fasilitas dan yang berbeda-beda. Paket paling bisa Anda dapatkan dengan Rp 32.000. Sedangkan yang paling mahal adalah sekitar Rp 54.000. Paket wisata tersebut sudah termasuk masuk kebun, memetik apel, dan aneka makanan serta minuman. Namun untuk bisa menikmati suasana perkebunan menggunakan mobil wisata, Anda harus membayar Rp 10.000 per orang.

Lihat Juga:   Harga Tiket, Wahana, dan Fasilitas di Water Kingdom Mekarsari

Saat anda memetik apel anda akan disuguhkan dua apel yang berbeda. Keduanya memiliki perbedaan rasa yang khas. Berikut seikit penjelasan tentang apel yang ditanam disana.

1. Apel Manalagi
Apel ini sering dijumpai di kios buah dimanapun berada. Karena apel jenis manalagi ini adalah apel yang paling banyak ditanam di kebun milik petani. Buahnya rasanya manis, sedikit keras, namun kalau umur apel sudah benar-benar matang buahnya akan renyah. Apel manalagi ini juga lebih tahan lama dibandingkan apel yang lainnya. Warnanya hijau kekuningan. Kalau sudah sangat tua buah ini berwarna lebih kuning. Baunya juga harum. Di wisata petik apel ini buah yang banyak adalah jenis ini. Walaupun ada juga buah yang lainnya. Apel manalagi ini cocok sekali kalau dibawa untuk oleh-oleh, karena bisa tahan hingga 1 bulan.

Lihat Juga:   Rekomendasi Penginapan di Pulau Poncan Sibolga
Pohon Apel Manalagi
Pohon Apel Manalagi

2. Apel Rome Beauty
Apel yang satu ini buahnya berwarna merah. Walaupun kadang dominan hijau, tapi pasti bersembur warna merah. Bentuk buahnya seperti manalagi bulat. Buah ini agak keras cenderung renyah kalau sudah sangat matang dan rasanya sedikit asam. Rome beauty ini biasanya sering digunakan sebagai bahan dasar sari apel yang sering anda jumpai di toko oleh-oleh.

Pohon Apel Rome Beauty
Pohon Apel Rome Beauty

Perkebunan apel ini bisa Anda jelajahi mulai pukul 8.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari area Jatim Park membuat tempat ini cukup mudah dijangkau. Dari Terminal Kota Malang dapat ditempuh dalam waktu 40 menit. Aksesnya sama seperti menuju ke Batu Secret Zoo, namun ketika sampai di pertigaan Karangploso Anda ikuti terus jalan ini hingga ada jalan satu arah. Di sudut ini terdapat kantor Koramil. Di sepanjang jalan menanjak tersebut Anda akan menemui kompleks kantor pemerintahan kota Batu. Ikuti terus sampai ujung jalan hingga menemui pertigaan. Anda cukup belok kiri karena itulah gerbang menuju lokasi wisata Kusuma Agrowisata.




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*