7 Objek Wisata Wajib Dikunjungi di Ungaran, Jawa Tengah




kampung seni lerep semarang

Ungaran merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang merupakan ibukota Kabupaten Semarang. yang terletak berdekatan dengan Semarang ini sering dijuluki Seribu Makanan. Pasalnya, di ini banyak berdiri rumah makan yang menjajakan kuliner khas Ungaran.

kampung seni lerep semarang
kampung seni lerep semarang

 

Namun tak cuma makanan, Ungaran juga memiliki beberapa objek menarik yang sayang untuk dilewatkan. Berikut beberapa objek yang wajib dikunjungi di Ungaran.

Curug Benowo

Curug Benowo atau Air Terjun Benowo terletak di lereng Gunung Ungaran, Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat. Bagi para petualang, Curug Benowo merupakan objek wisata yang wajib dikunjungi jika berlibur ke Ungaran.

Untuk mencapai air terjun ini, harus menempuh kaki sekitar 120 menit, karena medan menuju Curug Benowo tidak bisa dilalui kendaraan. Selain ke air terjun ini, juga bisa mampir ke Curug Lawe yang terletak tak jauh dari Curug Benowo.

Rawa Pening

Objek wisata ini terletak di lereng Gunung Merbabu, Ungaran dan Kecamatan Ambarawa. Untuk menuju wisata ini, wisatawan bisa melewati jalan raya Semarang ke Salatiga Ambarawa.

Saat pagi hari, Rawa Pening menawarkan suasana yang indah ketika pancaran sinar matahari memantul di atas danau. Wisatawan juga bisa mengelilingi rawa dengan menyewa perahu yang bertarif di kisaran Rp25.000 per jam. Objek wisata Rawa Pening beroperasi setiap hari mulai pukul 08.30 WIB hingga 21.00 WIB.

Gedong Songo

Selain wisata alam, Ungaran juga menyimpan objek wisata budaya, yaitu Candi Gedong Songo. Ini adalah candi yang berada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Candi ini dibangun sekitar abad ke-9 Masehi. Dinamakan Gedong Songo, karena kompleks ini memiliki sembilan candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran. Karena terletak pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, suhu udara di sekitar Candi Gedong Songo cukup dingin dengan kabut tipis yang turun dari atas gunung.

Wana Wisata Penggaron

Kawasan Wana Wisata Penggaron terletak di wilayah administratif Desa Susukan, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang. Wana Wisata ini adalah salah satu hutan binaan Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih dan Usaha Lain (KBM WBU I) Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah.

Di sini, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas luar ruangan seperti jungle tracking, outbound training, olahraga, hingga penelitian untuk kepentingan ilmu pengetahuan. Selain itu, Wana Wisata Penggaron juga bagus untuk kegiatan pengamatan burung (bird watching).

Kampoeng Kopi Banaran

Ini adalah surganya para penikmat kopi. Terletak di jalan raya Bawean-Salatiga atau jalur Semarang-Solo, dan hanya berjarak 1 km dari terminal Bawean, Kampoeng Kopi Banara merupakan sebuah perkebunan kopi dengan udara sangat sejuk, berkisar 23-28 derajat Celcius.

utama Kampoeng Kopi Banaran adalah Banaran Coffe, sebuah tempat nongkrong bagi penikmat kopi. Di sini, disajikan beragam jenis minuman berbahan dasar kopi, seperti cappuccino, espresso, robusta, hingga banana coffe. Selain kopi, juga tersedia teh poci yang merupakan kuliner khas Ungaran.

Umbul Sidomukti

Objek wisata ini terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, atau hanya berjarak 12 km dari Ungaran. Yang unik dari objek wisata ini adalah memiliki kolam renang yang terletak di lereng Gunung Ungaran dan persis di tepi jurang. Kolam renang ini konon kabarnya merupakan kolam renang tertinggi se-Indonesia.

Selain kolam renang, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan hutan pinus, air terjun, hingga sawah berundak. Di samping itu, di Umbul Sidomukti, wisatawan juga bisa melakukan kegiatan outbound, berkuda, dan flying fox.

Kampung Seni Lerep

Ini merupakan sebuah komunitas budaya yang berada di sebuah desa di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut. Kampung seni ini memiliki luas 10.000 m2, yang digagas pertama kali oleh Handoko pada tahun 2006.

Di sini, selain bisa melihat berbagai pagelaran seni dan budaya, juga menjadi lahan persemaian berbagai buah pikiran hingga memaknai sebuah proses kerja budaya. Tempat ini memang sangat cocok bagi wisatawan yang memiliki ketertarikan tinggi terhadap kesenian tradisional.

Lihat Juga:   Info Fasilitas & Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa Bali




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*