Tips Camping di Pantai Malang Selatan




Keindahan salah satu pantai di Malang Selatan (sumber: nativeindonesia.com)
Keindahan salah satu pantai di Malang Selatan (sumber: nativeindonesia.com)

Selain bisa dikunjungi sebagai plesiran casual, pantai yang ada di Kabupaten atau juga biasa disebut Selatan cocok dijadikan sebagai tempat . Letaknya yang jauh dari pusat keramaian dan kondisi alamnya yang masih belum banyak tereksploitasi, membuatnya menjadi spot yang pas untuk berkemah.

Di Malang Selatan sendiri, ada banyak rekomendasi pantai yang bisa dijadikan sebagai tempat camping, misalnya saja Pantai Banyu Meneng, Banyu Anjlok, Bengkung, Sendiki, Kondang Merak, Pantai Tiga Warna, dan Pantai Selok. Pantai-pantai tersebut memiliki keunggulannya masing-masing, misalnya saja pantai Bengkung yang masyhur dengan keindahan sunset dan karangnya. Sementara, Pantai Banyu Anjlok dengan air terjunnya yang langsung menuju ke arah laut.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk camping di salah satu pantai yang ada di Kabupaten Malang, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Berikut hal-hal yang perlu Anda persiapkan sebelum datang ke pantai-pantai di kawasan Malang bagian selatan.

Barang Bawaan

Ketika ingin berkemah di salah satu pantai Malang Selatan, sebaiknya Anda membawa sendiri perlengkapan campingnya. Pasalnya, rata-rata pantai yang ada di sana tidak menyewakan peralatan kemah, kecuali Pantai Batu Bengkung dan Pantai Taman Ayu.

Ilustrasi: perlengkapan camping (sumber: phinemo.com)
Ilustrasi: perlengkapan camping (sumber: phinemo.com)

Peralatan kemah yang perlu Anda bawa pun jangan terlalu berat. Anda cukup membawa tenda double frame untuk berjaga apabila hujan, lampu tenda, dan senter. Sementara, perlengkapan kemah lainnya seperti sleeping bag atau matras bisa Anda pertimbangkan sesuai kebutuhan, karena suhu udara di pantai cenderung lebih hangat meski beranjak malam hari.

Lihat Juga:   Rose Boutique Guest House, Akomodasi Keluarga Mewah Dekat Universitas Ma Chung

Nah, jika Anda ingin makan di pantai, pastikan Anda membawanya terlebih dahulu dari rumah, karena tidak banyak pantai yang warungnya buka selama 24 jam. Anda bisa memilih membawa yang sudah matang atau siap santap bila Anda tidak ingin terlalu repot memasak. Namun, jika Anda ingin menikmati hasil masakan sendiri, sebaiknya Anda membawa kompor outdoor kecil dan nesting. Sekadar tambahan informasi, Anda disarankan untuk tidak menggunakan parafin untuk memasak, karena angin pantai yang berembus kencang membuat masakan Anda bisa jadi sulit untuk matang.

Apabila Anda ingin membuat api unggun, Anda bisa memanfaatkan kayu-kayu yang seringkali tergeletak di pinggiran pantai. Namun, bila Anda tidak ingin capek-capek mengumpulkan kayu bakar, Anda bisa mempersiapkannya terlebih dahulu dengan membelinya dari rumah, atau jika beruntung terkadang ada warga sekitar pantai yang menawarkan kayunya.

Transportasi & Rute Menuju Pantai Malang Selatan

Pantai-pantai yang ada di Malang Selatan semuanya belum dilalui oleh kendaraan umum. Namun, jika Anda masih bersikeras menggunakan kendaraan umum, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Jika Anda berangkat dari Terminal Arjosari, naiklah angkutan kota jurusan Terminal Gadang. Lalu, lanjutkan dengan naik angkutan kota jurusan Bantur. Sesampainya di Bantur, wisatawan bisa menggunakan jasa ojek untuk meneruskan menuju pantai.

Ilustrasi: rute ke pantai di Malang Selatan (sumber: tempatwisataindonesia.id)
Ilustrasi: rute ke pantai di Malang Selatan (sumber: tempatwisataindonesia.id)

Sayangnya, saat menggunakan kendaraan umum, Anda harus menyiapkan biaya yang cukup besar. Untuk sekali perjalanan berangkat saja, biayanya bisa mencapai Rp70.000, yakni untuk ojek dan dua kali naik kendaraan umum. Nah, untuk menekan biaya perjalanan, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi, baik motor atau mobil. Rutenya cukup mudah, karena sudah banyak petunjuk arah menuju pantai ini.

Lihat Juga:   DeWarna Hotel Sutoyo, Penginapan Bintang 3 Komplet di Malang

Rute menuju pantai yang ada di Malang Selatan terbilang gampang-gampang susah. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Malang, arahkan kendaraan Anda ke arah selatan menuju Gadang. Sesudah melewati Gadang, ikuti petunjuk arah menuju Bululawang, dan sesampainya di pertigaan Krebet, ikuti petunjuk arah menuju Gondanglegi atau Bantur. Jalur Bantur ini lebih mudah dilalui jika dibandingkan dengan jalur Turen.

Tiket Masuk & Fasilitas Pantai Malang Selatan

Pantai-pantai yang ada di Malang Selatan rata-rata menetapkan tarif sekitar Rp10.000 hingga Rp15.000 per orang untuk tiket masuk. Sementara, untuk mendirikan tenda, pengelola pantai biasanya tidak menetapkan biaya tambahan.

Di pantai-pantai yang ada di Malang Selatan, Anda seringkali tidak bisa menemukan kamar mandi umum. Biasanya, wisatawan menumpang di kamar mandi yang dimiliki pemilik warung, dengan membayar biaya sebesar Rp2.000 hingga Rp3.000 untuk sekali penggunaan.

Imbauan dan Larangan di Pantai Malang Selatan

Ketika Anda berkemah di pantai-pantai yang ada di Malang Selatan, sebaiknya Anda menjaga kebersihannya, karena sebagian besar masih merupakan daerah konservasi. Selain itu, ketika bertemu lutung jawa atau hewan lain di perjalanan, Anda tidak diperbolehkan berinteraksi atau memberinya makan.

Saat Anda ingin bermain air, Anda juga perlu berhati-hati, karena pantai yang ada di Malang Selatan hampir semuanya belum memiliki penjaga pantai. Selain itu, rata-rata ombak pantai selatan begitu besar, sehingga Anda tidak disarankan untuk berenang.




Tentang M. Nur Fahmi1301 Articles
Pegiat jaringan wisata dan kontributor aktif Local Guides

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan