Tiongkok Kecil Heritage, Homestay Sekaligus Destinasi Wisata Sejarah Menarik di Lasem

Tiongkok Kecil Heritage - www.traveloka.com

Tiongkok Kecil Heritage Lasem adalah sebuah bangunan bersejarah sekaligus yang kerap dituju para untuk pelesir ketika mereka kebetulan sedang berada di daerah Lasem, Kabupaten Rembang. Tiongkok Kecil Heritage Lasem berada di Jalan Eyang Sambu, Mahbong, Karangturi, Lasem, Kabupaten Rembang, . Letak homestay berarsitektur khas China ini juga dekat dengan sejumlah tempat menarik lainnya di Rembang seperti Kelenteng Cu An Kiong yang hanya berjarak sekitar 680 meter saja hingga dekat dengan Pantai Karang Jahe.

Tiongkok Kecil Heritage Lasem bisa menjadi destinasi wisata yang ideal bagi Anda yang tertarik dengan budaya China dan juga menyukai keindahan arsitektur kuno. Tiongkok Kecil Heritage Lasem atau yang juga kerap disebut Rumah Merah Lasem ini kabarnya dibangun dengan mengadaptasi ide dari Benteng Heritage yang berada di Pasar Lama Kota Tangerang.

Selama berada di Tiongkok Kecil Heritage Lasem, Anda mungkin akan dibuat takjub dengan pemandangan hampir seluruh bangunan yang didominasi dengan warna merah. Selain itu, dalam Tiongkok Kecil Heritage Lasem terdapat berbagai benda-benda kuno yang bersejarah serta terowongan bawah tanah. Menurut sang pengelola sekaligus pemilik, Rudy Hartono, terowongan bawah tanah itu adalah pintu rahasia yang telah dibangun sejak masa penjajahan Jepang dan berfungsi sebagai tempat berlindung sekaligus pintu rahasia untuk melarikan diri apabila tentara Jepang melakukan penyergapan sewaktu-waktu.

Tiongkok Kecil Heritage - www.traveloka.com

Tiongkok Kecil Heritage – www.traveloka.com

Tetapi sejak memasuki zaman kemerdekaan Republik Indonesia, terowongan bawah tanah yang ada dalam Tiongkok Kecil Heritage Lasem tersebut hanya digunakan sebagai pelengkap dan memang sengaja tidak dihilangkan supaya keaslian bangunan ini tetap terjaga. Meski demikian, selama masa restorasi kabarnya memang ada beberapa material yang diganti, misalnya saja pintu yang dulunya dari kayu-kayu kini sudah diganti menjadi besi.

Lihat Juga:   Deretan Tempat Wisata Menarik yang Wajib Dikunjungi di Danau Ranau

Sebelum dibeli oleh Rudy Hartono pada tahun 2013, bangunan pribadi yang memiliki luas bangunan sekitar 265 meter persegi dan luas tanah 1.660 meter persegi ini difungsikan sebagai sarang burung selama lebih dari 10 tahun dan diperkirakan telah dibangun pada tahun 1860-an. Rumah Merah Tiongkok Kecil Heritage Lasem memiliki bentuk bangunan simetris, dengan bagian kanan dan kiri yang berukuran sama. Selain itu, Tiongkok Kecil Heritage Lasem juga dilengkapi paviliun dengan ciri khas bangunan Cina yang menyimbolkan konsep Yin dan Yang.

Setelah mengalami restorasi, bangunan Tiongkok Kecil Heritage Lasem menjadi lebih terawat namun tetap mempertahankan kesan ‘lawas’-nya. Dinding-dinding setiap bangunan sudah dicat baru dan bersih. Saat pelesir ke Tiongkok Kecil Heritage Lasem, Anda bisa membawa oleh-oleh khas Lasem karena di dalamnya sudah dilengkapi toko cenderamata yang menjual batik Lasem atau minuman khas Lasem sirup kawista.

Yang lebih menarik lagi, dalam area Tiongkok Kecil Heritage Lasem pun dilengkapi dengan cafe. Para pengunjung tidak hanya bisa berfoto-foto selfie saja di area tersebut, tetapi juga bisa menikmati secangkir kopi lelet yang manis. Bonusnya, ampas kopi tersebut bisa dituangkan menjadi batik-batik yang cantik di permukaan rokok. Untuk akomodasi bagi Anda yang ingin merasakan sensasi menginap di sebuah bangunan yang arsitekturnya kental dengan nuansa budaya China kuno, Anda juga bisa mencoba bermalam di Tiongkok Kecil Heritage Lasem.

Tiongkok Kecil Heritage Lasem menyediakan sekitar 4 unit tidur yang bisa disewa secara bebas oleh para pengunjung. Nama-nama di Tiongkok Kecil Heritage Lasem pun unik, karena diambil dari nama kota di China seperti Beijing, Guangzhou, Shanghai, dan Shenzhen. Setidaknya terdapat 2 tipe yang disewakan di Tiongkok Kecil Heritage Lasem, yakni Standard Room (Shenzhen & Guangzhou) dan VIP Twin Bed (Beijing dan Shanghai). Masing-masing berukuran cukup luas dan mampu menampung hingga 4 orang tamu sekaligus di dalamnya. Asyik sekali bukan?

Lihat Juga:   Punya View Laut, Ini Rekomendasi Penginapan di Pulau Weh

Untuk kamar Standar di Tiongkok Kecil Heritage Lasem dibanderol dengan rate atau sewa Rp 330 ribu per malam. Harga tersebut sudah termasuk fasilitas sarapan gratis (free breakfast) dengan pilihan menu khas berupa lontong tuyuhan atau sate srepeh. Dalam kamar seluas 12 meter persegi ini sudah dilengkapi dengan 1 ranjang double bed atau 2 single bed, penyejuk ruangan atau air conditioner (AC), meja, dan air minum kemasan gratis.

Tiongkok Kecil Heritage - www.traveloka.com

Tiongkok Kecil Heritage – www.traveloka.com

Sedangkan di kamar VIP seluas 16 meter persegi dipatok dengan harga sewa Rp 425 ribu per malam dan juga sudah termasuk fasilitas sarapan. Di dalamnya sudah dilengkapi fasilitas berupa 2 ranjang double bed, penyejuk ruangan atau air conditioner (AC), area duduk, pembuat kopi/teh, televisi kabel, hingga minibar.

Selain itu, selama menginap di Tiongkok Kecil Heritage Lasem Anda juga bisa menikmati fasilitas lain berupa ruang rapat dengan proyektor, akses internet gratis (free wifi), kafe, kamar, cleaning service, perlengkapan mandi seperti sabun dan sikat gigi, teras, , toko yang menjual souvenir atau cenderamata berupa batik khas Lasem, serta area parkir kendaraan yang cukup luas.

Tiongkok Kecil Heritage Lasem menerapkan kebijakan check in mulai pukul 14.00 WIB dan check out sebelum jam 10.00 WIB. Apabila Anda tertarik untuk menginap dan melakukan reservasi kamar di Tiongkok Kecil Heritage Lasem, Anda dapat langsung datang maupun secara online di situs-situs agen travel online atau bisa juga menghubungi pihak homestay di kontak berikut.

Tiongkok Kecil Heritage Lasem

: Jl. Karangturi Gang IV No. 7, Ds. Karangturi, Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, 59271, Indonesia
Nomor telepon: 085211494552

favehotel Rembang favehotel Rembang Rp 421.080 grade 3

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>