Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Balige




Bukit Pahoda - www.jendeladunia16.com
Bukit Pahoda - www.jendeladunia16.com

Anda mungkin belum terlalu familiar dengan Balige. Lalu, bagaimana dengan Kabupaten Toba (dulu Kabupaten Toba Samosir)? Nah, Balige adalah salah satu kecamatan sekaligus ibukota di kabupaten tersebut. Terletak di tepi Danau Toba, tidak kalah dengan kawasan lain di sekitarnya, Balige memiliki sejumlah tempat yang oke dan bisa menjadi alternatif liburan jika Anda kebetulan sedang berkunjung ke Utara.

Jika menyebut spot wisata di Sumatera Utara, nama yang langsung muncul pasti Danau Toba. Yup, danau yang diklaim sebagai danau vulkanik terbesar di dunia ini memang menjadi destinasi wisata unggulan provinsi tersebut dan sudah ditetapkan menjadi Destinasi Pariwisata Nasional dan Destinasi Pariwisata Unggul Sumatera Utara.[1] Pemerintah setempat pun menetapkan kawasan Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Nasional bidang pariwisata.

Kepopuleran Danau Toba akhirnya berimbas pada daerah-daerah di sekitarnya, termasuk Kabupaten Toba. Ini adalah salah satu dari tujuh kabupaten yang mengelilingi Danau Toba. Didukung sumber daya alam dan keindahan Danau Toba, sektor pariwisata menjadi sektor potensial daerah-daerah di kabupaten tersebut, salah satunya Kecamatan Balige.

Merupakan ibukota Kabupaten Toba, kecamatan yang terdiri dari 29 desa dan 6 kelurahan tersebut memiliki sejumlah destinasi wisata yang oke. Ada , makam pahlawan, kawasan café terapung, hingga sejumlah yang memanfaatkan luasnya Danau Toba. Jika Anda sudah penasaran, berikut sederet spot wisata yang dapat ditemukan di Balige.

Pantai Lumban Bulbul

Tidak perlu pergi ke pesisir lautan jika ingin menikmati keindahan pantai. Pasalnya, di Kecamatan Balige juga terdapat sebuah ‘pantai’ oke bernama Pantai Lumban Bulbul. Berbeda dengan pantai kebanyakan, ini adalah pesisir Danau Toba. Saking luasnya Danau Toba, tepian danau ini memang terasa seperti pantai karena punya pasir putih dan perairan yang tenang.

Tidak cuma memandangi hamparan danau yang luas, ada sejumlah aktivitas mengasyikkan yang dapat Anda lakukan di Pantai Lumban Bulbul. Anda dapat bermain banana boat, menaiki perahu keliling danau, bermain papan loncat, atau bermain ayunan. Sementara, jika ingin , sudah terdapat sejumlah homestay dengan yang lumayan memadai.

Lihat Juga:   Lokasi, Rute & Update Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Pakis Karawang
Pantai Lumban Bulbul - www.tripelaketoba.com
Pantai Lumban Bulbul – www.tripelaketoba.com

Pantai Lumban Silintong

‘Pantai’ lain yang tidak kalah menarik adalah Pantai Lumban Silintong yang juga berada di pesisir Danau Toba. Berselang sekitar 20 menit berkendara dari pusat Balige atau sekitar dua jam berkendara dari Bandara Silangit, Anda dapat bermain-main pasir dan air di pinggir danau. Selain itu, jangan lewatkan juga berswafoto dengan latar belakang Danau Toba yang luas.

Salah satu yang unik dari pantai ini adalah keberadaan kafe terapung, yang membuatnya berbeda dari pantai sejenis di Balige maupun Parapat. Kafe terapung ini menawarkan sejumlah menu makanan dan minuman dengan yang cukup ekonomis. Tentu saja, bersantap sambil menikmati Danau Toba bakal menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan seumur hidup.

Bukit Pahoda

Ingin melihat Danau Toba dengan lebih leluasa? Anda bisa langsung meluncur ke Bukit Pahoda. Dari atas bukit di Balige ini, Anda dapat menyaksikan panorama Danau Toba dari ketinggian tanpa penghalang pohon. Tidak hanya Danau Toba, dari bukit yang didominasi rumput hijau yang luas ini, traveler juga bisa melihat keindahan gereja merah yang mencolok, bangunan tertinggi di area sekitar.

Bukit Pahoda sendiri berada di kawasan Lumban Silintong, Balige. Untuk mencapai puncak bukit ini, wisatawan membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Sebelum meluncur ke bukit ini, jangan lupa siapkan kamera terbaik Anda untuk menghasilkan foto yang oke dan berkualitas. Jadi, sudah siap untuk menikmati pemandangan Danau Toba dari sudut pandang yang berbeda?

Bukit Pahoda - www.jendeladunia16.com
Bukit Pahoda – www.jendeladunia16.com

Bukit Tarabunga

Wisata Tarabunga, demikian nama populernya, hanya berselang 5 km atau 15 menit berkendara dari pusat Balige. Bagi pengunjung yang ingin berwisata ke tempat ini, bisa melewati dua rute, yaitu melewati Jalan Tampahan atau rute kedua melalui arah Lumban Silintong. Banyak yang bilang, belum lengkap rasanya liburan ke Balige tanpa menyempatkan singgah di bukit ini.

Kenapa bukit ini tidak boleh dilewatkan, salah satunya karena menawarkan pemandangan Danau Toba dari sudut pandang yang lain. Saking okenya panorama yang disajikan, spot ini menjadi lokasi favorit para fotografer untuk berburu gambar dan kerap dijadikan tempat foto pre-wedding, terutama ketika matahari terbenam. Tertarik berkunjung? Harga tiket masuknya cuma Rp2.000 per orang.

Lihat Juga:   Tips & Panduan Perjalanan Wisata ke Hong Kong dan Macau

Museum TB Silalahi Center

Untuk mereka yang menyukai hal-hal berbau sejarah dan budaya, bisa langsung meluncur ke Museum TB Silalahi Center yang beralamat di Jalan TB Silalahi No. 88, Balige, Kabupaten Toba. Museum TB Silalahi Center telah ditetapkan sebagai museum termegah dan termodern di antara 260 museum yang ada di Indonesia,[2] dibangun sebagai wadah untuk memotivasi generasi muda untuk terus meraih cita-cita mereka.

Secara garis besar, TB Silalahi Center memiliki dua bangunan utama. Pertama adalah Museum Batak, dengan banyak koleksi barang-barang antik dan informasi mengenai sejarah batak, termasuk enam puak atau sub-etnis Batak. Sementara, yang kedua adalah Museum TB Silalahi, tempat wisatawan dapat melihat dan meneladani kisah hidup Letjen (Purn) Dr. TB Silalahi.

Museum TB Silalahi Center - www.pariwisatasumut.net
Museum TB Silalahi Center – www.pariwisatasumut.net

Makam Raja Sisingamangaraja XII

Bagi mereka yang gemar belajar sejarah, pasti sudah tidak asing lagi dengan Raja Sisingamangaraja XII. Beliau adalah salah satu pahlawan nasional yang dulunya sangat gigih melawan penjajahan Belanda. Gugur pada tahun 1907, saat ini pengunjung dapat berziarah di makam beliau yang terdapat di Jalan Pagar Batu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Makam ini sendiri pertama kali dibangun pada 17 Juni 1953 oleh pemerintah Indonesia. Menurut penjaga makam, makam Raja Sisingamangaraja XII sudah pernah dikunjungi sejumlah tokoh-tokoh besar Indonesia, di antaranya mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, dan sejumlah tokoh besar lainnya.

[1] Buaton, Kleofine Widya Sonata dan Heru Purwadio. 2015. Kriteria Pengembangan Kawasan Wisata Danau Toba Parapat, Sumatera Utara. Jurnal Teknik ITS, Vol. 4(1): 1-5.

[2] Holden, Daniel, Nursiah Chalid, Nobel Aqualdo. 2015. Analisis Nilai Ekonomi Museum T.B Silalahi Center di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir dengan Menggunakan Pendekatan Metode Biaya Perjalanan.  JOM Fakultas Ekonomi Universitas Riau, Vol. 2(1).




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan