Omah Sundak Homestay, Akomodasi Murah Dekat Pantai Parangtritis Yogyakarta

Omah, sundak, homestay, pantai, parangtritis, wisata, tipe, kamar, fasilitas, tarif, menginap, penginapan, dekat, Yogyakarta, akomodasi, harga, per, malam, queen, keluarga, double, twin, standard, wisata,

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai yang paling terkenal di Yogyakarta. Pantai ini terletak 27 km selatan Kota Jogja dan mudah dicapai dengan umum yang beroperasi hingga pukul 05.00 sore maupun kendaraan pribadi. Parangtritis diambil dari Bahasa Jawa yang berarti Parang (batu karang) dan Tritis atau Tumaritis (Air Tetesan) yang artinya Tetesan Air Batu Karang. Menurut legenda masyarakat sekitar pada zaman dahulu, pantai ini digunakan sebagai pelarian seseorang yang bernama Dipokusumo. Pantai tersebut digunakan sebagai bersemedi.

Saat semedi dilakukan, Dipokusumo melihat tetesan air (Tumaritis atau Tritis) di celah-celah batu karang (Parang) dan Dipokusumo memberikan nama tempat tersebut sebagai Parangtritis yang artinya tetesan air di batu karang.

Saat Anda melakukan ke Yogyakarta bersama keluarga, Pantai Parangtritis bisa menjadi tujuan utama untuk menghabiskan waktu libur dengan nyaman. Tempat pantai yang populer di Yogyakarta ini menyajikan berbagai macam kegiatan ataupun pemandangan yang tak kalah menarik dari pantai-pantai lainnya.

Pada umumnya, di Pantai Parangtritis ini, pengunjung tidak akan diperkenankan untuk berenang terlalu jauh, atau hanya dapat berenang di pinggiran saja. Hal ini disebabkan karena ombaknya sangat besar. Jika pada musim kemarau ombak pantai ini dipercaya dapat mencapai ketinggian hingga 2-4 Meter, sehingga cukup membahayakan untuk digunakan sebagai area berenang.

Omah, sundak, homestay, pantai, parangtritis, wisata, tipe, kamar, fasilitas, tarif, menginap, penginapan, dekat, Yogyakarta, akomodasi, harga, per, malam, queen, keluarga, double, twin, standard, wisata,

Cantiknya panorama matahari terbenam di Pantai Parangtritis (sumber: merahputih.com)

Sore menjelang matahari terbenam adalah saat terbaik untuk mengunjungi pantai ini. Namun bila Anda tiba lebih cepat, tak ada salahnya untuk naik ke Tebing Gembirawati di belakang pantai ini. Dari sana pengunjung bisa melihat seluruh area Pantai Parangtritis.

Masih belum banyak orang yang tahu bahwa di sebelah timur tebing ini tersembunyi sebuah reruntuhan candi. Berbeda dengan candi lainnya yang terletak di daerah pegunungan, Candi Gembirawati hanya beberapa ratus meter dari bibir Pantai Parangtritis. Untuk menuju candi ini, Anda bisa melewati jalan menanjak dekat Hotel Queen of the South lalu masuk ke jalan setapak ke arah barat sekitar 100 meter. Sayup-sayup gemuruh ombak selatan yang ganas bisa terdengar dari candi ini.

Lihat Juga:   Fasilitas dan Tiket Masuk Hutan Mangrove Karangsong Indramayu

Ketika matahari sudah condong ke barat dan cuaca cerah, Anda bisa bersenang-senang menikmati Pantai Parangtritis. Meskipun pengunjung dilarang berenang, Pantai Parangtritis memiliki banyak yang berguna untuk memanjakan pengunjung. Di pinggir pantai, ada persewaan ATV (All-terrain Vehicle), tarifnya sekitar Rp50.000 – Rp100.000 per setengah jam. Motor segala medan beroda 4 ini akan melesat membawa Anda melintasi gundukan pasir pantai.

Yang lebih menarik, Pantai Parangtritis juga menawarkan kegembiraan bagi mereka yang gemar berwisata bersama keluarga. Bermain layang-layang bersama keluarga juga tak kalah menyenangkan. Angin laut yang kencang sangat membantu membuat layang-layang terbang tinggi, bahkan bila Anda belum pernah bermain layang-layang sekalipun.

Saat matahari terbenam, saatnya penjual jagung bakar akan menggelar tikar di pinggir pantai, Anda bisa menikmati suasana di sana hingga larut malam.

Omah, sundak, homestay, pantai, parangtritis, wisata, tipe, kamar, fasilitas, tarif, menginap, penginapan, dekat, Yogyakarta, akomodasi, harga, per, malam, queen, keluarga, double, twin, standard, wisata,

Pedagang jagung bakar di Parangtritis (sumber: Pinterest)

 

Tak perlu khawatir untuk Anda yang hendak bermalam di pantai ini, pasalnya di dekat Pantai Parangtritis tersedia puluhan dan penginapan dengan yang terjangkau, salah satunya adalah Omah Sundak Homestay.

Omah Sundak Homestay terletak di Tepus, dan berjarak 42 km dari Parangtritis. Akomodasi ini hanya berjarak 1 menit dari pantai. Setiap dilengkapi TV layar datar dengan saluran satelit. Beberapa memiliki area tempat duduk untuk bersantai setelah seharian beraktivitas. Semua memiliki mandi pribadi dengan shower.
Homestay ini menawarkan penyewaan mobil dan sepeda, dan area sekitarnya terkenal untuk snorkeling. Area sekitarnya juga dikenal untuk aktivitas berselancar angin dan memancing.

Lihat Juga:   Villa Bougenville, Penginapan Murah & Tenang Cocok untuk Keluarga di Kawasan Puncak

Omah Sundak Homestay menawarkan 4 kamar, di antaranya kamar Queen dengan pemandangan laut, kamar Deluxe Double atau Twin, kamar Keluarga dengan pemandangan laut, dan kamar Standard Twin.

Menginap di Omah Sundak Homestay

 

Omah, sundak, homestay, pantai, parangtritis, wisata, tipe, kamar, fasilitas, tarif, menginap, penginapan, dekat, Yogyakarta, akomodasi, harga, per, malam, queen, keluarga, double, twin, standard, wisata,

Fasilitas kamar di Omah Sundak Homestay (sumber: booking.com)

Tipe Kamar Fasilitas Tarif Per Malam
Kamar QueenShower , TV, balkon, area tempat duduk, peralatan mandi, kipas angin, kamar mandi pribadi, TV satelit, TV kabel, TV layar datar, pintu masuk pribadi, sofa, lantai keramik/marmer, pemandangan laut, teras, handuk, papan jemur baju, tisu toiletRp250.000
Kamar Deluxe DoubleShower, TV, balkon, area tempat duduk, AC, peralatan mandi, kipas angin, kamar mandi pribadi, TV satelit, TV kabel, TV layar datar, pintu masuk pribadi, sofa, lantai keramik/marmer, pemandangan laut, handuk, tisu toiletRp400.000
Kamar KeluargaShower, TV, AC, balkon, area tempat duduk, peralatan mandi, kipas angin, kamar mandi pribadi, TV satelit, TV kabel, TV layar datar, pintu masuk pribadi, sofa, lantai keramik/marmer, pemandangan laut, handuk, tisu toilet, lemari, ranjang sofaRp850.000
Kamar Standard TwinShower, TV, balkon, area tempat duduk, peralatan mandi, kipas angin, kamar mandi pribadi, TV satelit, TV kabel, TV layar datar, pintu masuk pribadi, sofa, lantai keramik/marmer, pemandangan laut, handuk, tisu toiletRp350.000

Kegiatan menarik lainnya yang bisa ditemukan di Pantai Parangtritis adalah berkeliling pantai dengan menaiki delman. Anda bisa menikmati suasana sepanjang Pantai Parangtritis dengan menaiki delman yang ditarik oleh kuda. Dengan biaya Rp20.000 untuk bolak balik sepanjang pantai, Anda sudah cukup puas menikmati pantai.

Selain naik delman, pengunjung juga bisa menyewa kuda untuk berjalan-jalan ke ujung tebing. Tidak perlu khawatir, karena pemandu kuda akan selalu menemani Anda selama perjalanan. Untuk mendapatkan sensasi naik berkuda atau delman, Anda bisa menjumpainya di hampir sepanjang Pantai Parangtritis. Karena memang banyak sekali jasa naik kuda ini pantai yang satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>