Tempat Wisata Hits di Pangkalpinang, Bukan Cuma Pantai




Bangka Botanical Garden - www.tripadvisor.co.id
Bangka Botanical Garden - www.tripadvisor.co.id

, Anda mungkin sudah sering mendengar tentang yang satu ini. Ini adalah di Pulau Bangka, sekaligus ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang terkenal sebagai penghasil logam timah dan lada putih. Tidak cuma sumber daya alam, Pangkalpinang juga bisa alternatif liburan yang menarik karena punya sederet tempat wisata yang kece.

Jika berbicara mengenai destinasi wisata di Kepulauan Bangka Belitung secara umum, yang paling dikenal adalah pesona laut dan pantainya.[1] Demikian juga ketika Anda berkunjung ke Pangkalpinang, ada sederet kece yang dapat Anda jadikan lokasi melepas penat. Pasalnya, wisata memang sering dilakukan untuk tujuan menyegarkan mental setelah jenuh dari kesibukan sehari-hari.[2]

Lalu, apakah wisata di Pangkalpinang terbatas pada pantai? Jawabnya, tentu saja tidak. Di kota terbesar Kepulauan Bangka Belitung ini, Anda pun bisa menemukan hijau yang keren. Sejumlah bangunan iconic juga telah berdiri kokoh untuk mereka yang doyan mengeksplorasi keindahan arsitektur dan sejarah di dalamnya. Berikut kami sajikan rekomendasi spot liburan di Pangkalpinang.

Pantai Pukan

Ini adalah salah satu pantai di Pangkalpinang yang sangat populer. Bahkan, tidak sedikit yang menyebut Pantai Pukan sebagai Kuta-nya Pulau Bangka. Anda bisa menjumpai kawasan ini di Jalan Lintas Timur, Selindung, Kecamatan Gabek, Kota Pangkalpinang. Meski tidak persis berada di pusat kota, pantai ini tetap mudah diakses, baik ketika Anda menyewa kendaraan atau membawa mobil pribadi.

Dulunya merupakan lokasi untuk menjaring ikan, kini Pantai Pukan sudah berubah menjadi objek wisata yang padat pengunjung. Pasalnya, banyak pesona yang ditawarkan, mulai pasir pantai yang halus dan putih, pemandangan matahari terbit, air laut dengan warna biru kehijauan, serta harga tiket yang sangat terjangkau. Karena itu, tidak heran jika di momen seperti Tahun Baru, jumlah wisatawan yang datang bisa meningkat hingga 200 persen.

Pantai Pukan - bangka.tribunnews.com
Pantai Pukan – bangka.tribunnews.com

Pantai Pasir Padi

Alternatif wisata pantai lainnya di sekitar Pangkalpinang adalah Pantai Pasir Padi. Lokasinya terletak di Jalan Raya Pasir Padi, Air Itam, Bukit Intan, Pangkalpinang. Tidak sulit mencapai pantai ini karena letaknya cuma berjarak sekitar 9 km dari pusat kota. Jadi, Anda cukup berkendara sekitar 10 sampai 15 menit untuk tiba di Pantai Pasir Padi.

Lihat Juga:   Deretan Museum Kece di Solo yang Wajib Didatangi

Dengan membayar tiket sebesar Rp2.000 untuk tarif motor atau Rp4.000 untuk mobil, Anda sudah bisa menikmati panorama pantai yang memanjakan mata. Dengan garis pantai sekitar 100 hingga 300 meter, spot ini sudah dilengkapi dengan gazebo, kursi dan meja untuk tempat bersantai, hingga kios dan yang menjajakan camilan dan makanan berat.

Pantai Pasir Padi - m.tribunnews.com
Pantai Pasir Padi – m.tribunnews.com

Bangka Botanical Garden

Objek wisata terkenal lainnya di Pangkalpinang yang dapat Anda datangi adalah Bangka Botanical Garden. Ini adalah destinasi wisata agrobisnis yang masih satu kawasan dengan Pantai Pasir Padi, tepatnya di Jalan Raya Pasir Padi, Temberan, Bukit Intan, Pangkalpinang. Jika Anda berangkat dari Bandara Depati Amir, cukup berkendara sekitar 20 menit untuk tiba di lokasi ini.

Punya suasana yang hijau plus sejuk, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di Bangka Botanical Garden. Anda bisa bersantai di rumah kayu atau gazebo sambil memandangi pepohonan rindang dan sebuah waduk bekas pertambangan timah, memetik beraneka buah, menuju peternakan sapi dan memberi makan hewan tersebut, hingga membeli produk olahan susu dengan harga mulai Rp5 ribuan saja.

Bangka Botanical Garden - www.tripadvisor.co.id
Bangka Botanical Garden – www.tripadvisor.co.id

Menara Air Minum

Jika Anda search di Google tentang wisata Pangkalpinang, maka tempat ini pasti masuk dalam rekomendasi. Yup, Menara Air Minum merupakan salah satu bangunan iconic di kota tersebut dan telah ditetapkan sebagai cagar oleh pemerintah. Menara ini konon dibangun pada masa penjajahan Belanda, sejak tahun 1925 dan selesai dua tahun kemudian.

Terletak di Bukit Mangkol, menara yang juga punya nama Watertoren ini memiliki bentuk bangunan yang unik, mirip dua tangki berukuran raksasa yang memiliki tinggi lima meter dan diameter sekitar 8,25 meter. Ada banyak pipa besar untuk menyalurkan air bersih ke masyarakat sekitar, yang dibatasi oleh tugu dari material batu granit sebanyak enam buah.

Lihat Juga:   Kampung Wisata Jodipan, Kampung Warna-Warni Pertama di Indonesia
Menara Air Minum - www.beepdo.com
Menara Air Minum – www.beepdo.com

Alun-Alun Taman Merdeka

Tidak lengkap rasanya berlibur ke suatu daerah tanpa mengunjungi alun-alun, demikian juga saat Anda rekreasi ke Pangkalpinang. Sebelumnya bernama Lapangan Merdeka, alun-alun ini punya sejarah yang cukup panjang. Tempat ini dikatakan menjadi salah satu saksi bisu kemerdekaan Indonesia di masa lalu, sehingga akhirnya menggunakan kata ‘Merdeka’ sebagai nama alun-alun.

Setelah sekitar 20 tahun sejak kemunculan Perda tahun 1989, pemerintah setempat melakukan revitalisasi alun-alun, mengembangkannya menjadi tapak wisata di atas lahan seluar 4,5 hektare. Saat ini, ketika Anda berkunjung ke alun-alun tersebut, Anda akan menemukan berbagai permainan yang seru, taman hijau, serta pedagang yang menjajakan kuliner nikmat.

Alun-Alun Taman Merdeka - www.tripadvisor.co.id
Alun-Alun Taman Merdeka – www.tripadvisor.co.id

Babel Bhay Park

Masih seputar taman yang rindang, ada Babel Bhay Park yang juga dapat Anda sambangi ketika mencari lokasi yang sejuk di Pangkalpinang. Destinasi ini berada Air Itam, Bukit Intan, Pangkalpinang, tepat di samping Mapolda Bangka Belitung. Babel Bhay Park merupakan salah satu wisatawan lokal untuk melepaskan penat atau menghibur diri bersama keluarga.

Digagas sekitar tahun 2018 lalu, Babel Bhay Park adalah spot wisata yang ramah anak. Di sini, Anda akan menemukan alur jogging track, taman tematik, area parkir, tempat bermain anak, kafe, restoran sea food, kandang rusa, hingga yang terbaru, Kampong Babel dan rumah ibadah. Jika berminat rekreasi ke tempat ini, tidak dikenakan tiket masuk alias gratis.

Babel Bhay Park - id.pinterest.com
Babel Bhay Park – id.pinterest.com

[1]Wardhani, Rulyanti Sri. 2016. Green Tourism dalam Pengembangan Pariwisata Bangka Belitung. Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC 2-3 Mei 2016: 275-286.

[2]Irayati. 2000. Perencanaan Lanskap Rekreasi Pantai Lampu’uk Kabupaten Aceh Besar (Skripsi). Jurusan Budi Daya Pertanian Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan