Hotel Xinlu, Akomodasi Harga Hemat di Pusat Pangkalpinang




Hotel Xinlu Pangkalpinang - @Sumiati Rasyid
Hotel Xinlu Pangkalpinang - @Sumiati Rasyid

Jika Anda suka dengan wisata pantai, Pulau Bangka di Kepulauan wajib masuk Anda. Pasalnya, pesona bahari pulau ini memang tiada duanya. Urusan pun tidak perlu khawatir karena sudah banyak hotel yang dapat Anda jadikan tempat bermalam. Jika kebetulan Anda memilih Pangkalpinang sebagai tempat menginap, salah satu hotel yang sering direkomendasikan karena punya harga hemat adalah Hotel Xinlu.

Sebelum membahas mengenai Hotel Xinlu, tidak ada salahnya jika kita mengulik sedikit tentang Bangka, khususnya Pangkalpinang. Ini adalah ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang ditetapkan pada tanggal 9 Februari 2001. Sebelumnya, Pulau Bangka dan Pulau Belitung masih menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Selatan hingga tahun 2000.

Berbicara mengenai destinasi wisata, hingga saat ini, pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dikenal wisatawan karena laut dan pantainya.[1] Wisata pantai sendiri adalah kegiatan wisata yang mengutamakan sumber daya pantai dan budaya masyakat pantai seperti rekreasi, olahraga, serta menikmati pemandangan dan iklim.[2] Wisata pantai sering dilakukan untuk tujuan menyegarkan mental setelah jenuh dari kesibukan sehari-hari.[3]

Ada banyak wisata pantai yang dapat Anda sambangi ketika berlibur ke Pulau Bangka. Beberapa nama yang sudah tersohor di kalangan traveler antara lain Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Pasir Padi, Pantai Kebang Kemilau, dan Pantai Gunung Namak. Pantai Tanjung Kelayang dapat Anda capai dalam jarak sekitar 9,5 km dari Kota Sungailiat atau 40 km apabila bertolak dari Pangkalpinang.

dan Fasilitas Hotel Xinlu

Karena jumlah kunjungan wisatawan ke Kepulauan Bangka Belitung semakin tinggi, fasilitas penginapan pun semakin menjamur. Anda bisa menemukan beragam tempat bermalam, termasuk saat memilih Pangkalpinang sebagai lokasi beristirahat. Nah, dari sekian banyak akomodasi di ibukota provinsi ini, salah satu yang dikatakan punya ramah di kantong adalah Hotel Xinlu.

Lihat Juga:   Info Penginapan Dekat Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto
Hotel Xinlu Pangkalpinang - @Bang Dije Djmn
Hotel Xinlu Pangkalpinang – @Bang Dije Djmn

Anda bisa menemukan tempat inap ini di Kompleks Ruko No. 2, Jalan Ahmad Yani, Rawa Bangun, Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung. Hotel Xinlu terletak tidak jauh dari Masjid Kemas Adil dan BAZNAS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain itu, akomodasi ini juga berdiri dekat dengan sejumlah tempat kuliner, seperti Roti Bakar dan Kukus Premium Bangka serta Pecel Lele Barokah.

Sayangnya, tidak banyak ulasan yang bisa diperoleh mengenai tempat bermalam ini. Namun, berdasarkan penelusuran penulis, Hotel Xinlu hadir dengan bangunan tiga lantai, yang didominasi warna merah muda, hijau, dan putih di dinding luar. Hal tersebut membuat penginapan ini tampak mencolok dibandingkan bangunan-bangunan sekitarnya.

Terletak di persis di pinggir jalan utama, lokasi Hotel Xinlu pun sangat mudah ditemukan. Sayangnya, jika Anda membawa kendaraan pribadi, area parkir mobil dan sepeda motor bisa dikatakan tidak terlalu lapang, tidak bisa menampung puluhan kendaraan roda empat. Di sisi kiri halaman depan, sudah tersedia ATM, sedangkan samping kanan pintu masuk terdapat kedai mini.

Meski tampilan luarnya tidak terlalu meyakinkan, namun interior Hotel Xinlu cukup bersih, nyaman, dan memadai. Saat masuk ke dalam hotel, Anda akan menemukan lobby dan meja resepsionis yang akan melayani selama 24 jam. Tersedia pula area tempat duduk yang dapat digunakan untuk beristirahat sambil menunggu pegawai hotel menyelesaikan proses check-in. Bahkan, hotel ini pun sudah menyediakan fasilitas ruang rapat dan karaoke.[4]

Lihat Juga:   Little Pond Sanur Homestay, Tawarkan Fasilitas Kolam Renang & Tarif Terjangkau

Untuk bagian kamarnya, pengelola sudah menyiapkan unit yang cukup lapang, dengan suasana monokrom. Di tiap , telah tersedia fasilitas seperti ranjang tipe single bed yang nyaman, televisi layar datar, Wi-Fi, air mineral gratis, pendingin ruangan berupa AC, kaca rias, lemari es mini, tempat menjemur handuk, serta mandi pribadi plus perlengkapan mandi gratis.

Hotel Xinlu Pangkalpinang - @Putri Tanjung
Hotel Xinlu Pangkalpinang – @Putri Tanjung

Tarif Hotel Xinlu

Tipe KamarTarif per Malam
Silver RoomRp175.000
Golden RoomRp200.000
Platinum RoomRp250.000
Extra BedRp50.000

Harga sewa kamar Hotel Xinlu di atas kami rangkum dari brosur resmi pihak penginapan. Perlu diketahui bahwa sewa Hotel Xinlu tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola. Jika berminat mampir, kamar dapat dilakukan langsung di lokasi atau melalui nomor telepon (0717) 421008 dan faksimile di nomor (0717) 421687.

[1]Wardhani, Rulyanti Sri. 2016. Green Tourism dalam Pengembangan Pariwisata Bangka Belitung. Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC tanggal 2-3 Mei 2016: 275-286.

[2]Yulianda, F. 2007. Ekowisata Bahari Sebagai Alternatif Pemanfaatan Sumberdaya Pesisir Berbasis Konservasi. Seminar Sains Departemen Manajemen Sumberdaya Pertanian FPIK IPB tanggal 21 Februari 2007.

[3]Irayati. 2000. Perencanaan Lanskap Rekreasi Pantai Lampu’uk Kabupaten Aceh Besar (Skripsi). Jurusan Budi Daya Pertanian Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

[4]Ghozali, Muammar. 2016. Pengaruh Harga, Fasilitas dan Lokasi terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Xinlu Pangkalpinang (Skripsi). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan