Rekomendasi Tempat Nongkrong di Jogja Buka 24 Jam




Loko Cafe & Express - www.traveloka.com
Loko Cafe & Express - www.traveloka.com

Apakah Anda mulai merasa suntuk saat berlibur ke Jogja? Jika iya, cobalah lakukan beberapa hal yang menyenangkan, seperti nongkrong. Di Kota Gudeg, saat ini sudah ada banyak tempat nongkrong yang buka selama 24 jam. Sehingga, Anda bisa melepas penat kapan pun di tempat tersebut bersama dengan orang-orang terdekat.

Saat ini, Bumi Mataram sudah dipenuhi dengan beraneka macam tempat nongkrong. Memang, nongkrong sendiri saat ini sudah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat Jogja. Timbulnya budaya kumpul-kumpul tersebut bermula dari banyaknya angkringan pinggir jalan yang berkembang menjadi kafe.[1] Banyaknya orang yang ingin menghabiskan waktu berlama-lama di tempat tongkrongan, akhirnya membuat sejumlah tempat buka hingga 24 jam, dan ini beberapa rekomendasi untuk Anda.

Loko Cafe & Express

Bagi Anda yang baru saja datang ke Jogja dan sampai di kota tersebut pada malam hari, selagi menunggu jadwal check-in hotel, Anda bisa mencoba singgah ke Loko Cafe & Express. Lokasinya yang tidak jauh dari Stasiun Tugu, membuat tempat tersebut selalu ramai pengunjung, tepatnya berada di Jl. Ps. Kembang No. 3 A, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota , Anda bisa jalan kaki dari stasiun tugu ke kafe tersebut. Dari Stasiun Tugu, jalan saja lurus menuju Jl. Ps. Kembang di arah timur. Sekitar 2 menit, Anda akan menemukan kafe dengan unik dan berlatar belakang lampu LED yang menarik.

Selain terkenal karena lokasinya yang strategis, Loko Cafe & Express menawarkan sajian dan minuman yang nikmat dan lengkap. Anda bisa memesan aneka jajanan atau nasi lengkap dengan minum dengan mulai Rp20 ribuan hingga Rp50 ribuan per orang.

Lihat Juga:   Dekat Danau Toba, Ini Referensi Penginapan Murah di Tuktuk Samosir
Loko Cafe & Express - www.traveloka.com
Loko Cafe & Express – www.traveloka.com

Silol Kopi & Eatery

Bagi Anda yang berada di daerah Stasiun Lempuyangan, Anda bisa mencari tempat nongkrong yang asyik dan cozy, salah satunya Silol Kopi & Eatery. Terletak di Jl. Suroto, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, tempat ini hampir tak pernah sepi pengunjung. Dari stasiun menuju Silol Kopi & Eatery, Anda cukup berjalan kaki sekitar 2 menit ke arah barat.

Tempat nongkrong yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin nongkrong dan ngobrol bersama teman dalam waktu yang lama. Anda bahkan bisa menghabiskan waktu berjam-jam di kafe tersebut untuk sekadar ngopi atau jajan. Selain itu, tempat tersebut juga menyediakan aneka spot yang Instagramable untuk foto bersama.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Silol Kopi & Eatery, setidaknya Anda harus menyiapkan uang mulai Rp20 ribuan per orang. Tentunya untuk anggaran masing-masing orang dapat berbeda, tergantung dari yang dipesan.

Silol Kopi & Eatery - www.tripadvisor.com
Silol Kopi & Eatery – www.tripadvisor.com

Jogja 0 KM

Salah satu cara nongkrong yang terbilang ekonomis adalah nongkrong di tempat ramai dan ramah pengunjung, seperti Jogja 0 KM. Di sepanjang jalan menuju Tugu 0 KM Jogja tersebut, Anda akan menjumpai aneka jenis tempat tongkrongan murah, bahkan gratis.

Jika Anda hanya ingin sekadar ngobrol atau melihat keremangan Jogja, maka Anda tidak perlu bayar alias gratis. Ada banyak bangku taman yang nyaman dilengkapi dengan ornamen lampu jalan antik yang bisa Anda manfaatkan sebagai tempat nongkrong.

Lihat Juga:   Green 28 Homestay, Penginapan Keluarga dengan Suasana Homey di Dekat BNS

Sementara itu, jika Anda tidak betah atau merasa kurang nyaman dan butuh teman ngobrol, Anda bisa membeli kopi di angkringan pinggir jalan dekat tempat tersebut. Paling tidak, dengan uang Rp10.000, Anda sudah bisa mendapatkan jajanan seperti cilok dan secangkir kopi cor atau kopi joss khas Yogyakarta.

Jogja 0 KM - www.alodiatour.com
Jogja 0 KM – www.alodiatour.com

Alun-Alun Kidul Jogja

Selain nongkrong di 0 KM Jogja, bagi Anda yang sedang menghemat bujet, bisa mencoba nongkrong di Alun-Alun Kidul Jogja. Tempat yang asri dan sejuk saat malam, tentunya membuat malam Anda semakin seru. Selain itu, di malam-malam tertentu biasanya ada pasar malam yang bisa Anda nikmati di area tersebut.

Di sekitar Alun-Alun Kidul Jogja, juga terdapat banyak pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya. Kebanyakan dari mereka menjual aneka makanan ringan, seperti serabi, cilok, sate tahu, dan masih banyak. Jika Anda beruntung, Anda juga bisa menikmati hangatnya kopi joss yang dicampur dengan air kelapa. Untuk menikmati jajanan atau minuman di Alun-Alun Kidul Jogja, Anda hanya perlu membawa uang mulai dari Rp10 ribu.

Alun-Alun Kidul Jogja - tripjogja.co.id
Alun-Alun Kidul Jogja – tripjogja.co.id

Itulah rekomendasi beberapa tempat nongkrong 24 jam di Yogyakarta, yang bisa Anda kunjungi sewaktu-waktu. Untuk harga atau yang harus Anda keluarkan pada setiap tempat, tentunya tidak terikat dan dapat berubah sesuai kebijakan pengelola atau pedagang yang bersangkutan.

[1] Dimyati, Nur Suffi. 2009. Komunitas Kafe sebagai Gaya Hidup (Studi tentang Motif Mahasiswa dan Konstruksi Kafe di Yogyakarta) (Skripsi). Program Studi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan