Rekomendasi Tempat Makan Siang Enak di Malang




Ilustrasi: suasana lalu lintas di jalur masuk utara Kota Malang (Ichsan Wicaksono via unsplash)
Ilustrasi: suasana lalu lintas di jalur masuk utara Kota Malang (Ichsan Wicaksono via unsplash)

Selain terkenal dengan potensi wisata dan wahananya, juga dengan kekayaan kulinernya.[1] Spot wisata kuliner di Apel tidak hanya ramai di sore dan malam hari, tetapi juga di siang hari. Anda bisa menemukan makan siang enak di Malang dengan mudah. Namun, bagi Anda yang masih bingung memilih warung di untuk makan siang, Anda bisa melihat ulasan berikut.

Rawon Nguling

Siang-siang memang paling nikmat makan nasi rawon. Salah satu depot terkenal yang menyajikan rawon di Malang adalah Rawon Nguling. Kedai ini terletak di Jl. Zainul Arifin No. 62, Kidul Dalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Letaknya yang ada di pinggir jalan dan tak jauh dari Pasar Besar Malang, membuat Rawon Nguling mudah ditemukan dan hampir tak pernah sepi pelanggan.

Rawon Nguling (sumber: qraved.com)
Rawon Nguling (sumber: qraved.com)

Seperti nama kedainya, menu andalan warung ini adalah rawon dengan kuah berwarna hitam kental dan berasa lezat. Selain itu, rasa rempah-rempah dan kaldu daging sapi pada rawonnya sangat terasa dengan aroma yang khas. Potongan daging sapi yang disajikan dalam semangkuk rawon terbilang besar-besar, dengan tekstur yang empuk dan jumlah yang banyak.

Selain rawon, warung ini menyediakan sup sayur, nasi campur, nasi lodeh, dan nasi pecel lodeh. Anda juga bisa memilih lauk tambahan, di antaranya tempe goreng, perkedel, empal, dan kerupuk. Untuk menikmati kelezatan hidangan di Rawon Nguling, setidaknya Anda harus merogoh kocek mulai Rp50 ribuan hingga Rp100 ribuan per orang. Biaya ini sudah termasuk parkir dan minum.

Lihat Juga:   The Comhouse Batu, Akomodasi Modern di Lingkungan Asri

President Malang

Belum lengkap rasanya jika pergi ke Malang tanpa makan bakso. Bakso Malang memang cukup populer, karena rasanya yang lezat dengan isi yang beragam. Salah satu restoran bakso yang cukup terkenal adalah Bakso President. Warung ini terletak di Jl. Batanghari No. 5, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Buka dari pagi hingga malam, Anda bisa mengunjunginya saat waktunya makan siang.

Bakso President Malang (sumber: artikelwisata.com)
Bakso President Malang (sumber: artikelwisata.com)

Untuk menunya, Anda bisa memilih bakso halus, bakso urat, gorengan, siomay, rempelo ati, tahu, mie kuning, bakso super besar, dan bakso telur puyuh. Sebagai pendamping supaya lebih kenyang, biasanya konsumen memesan lontong atau nasi putih.Sementara, untuk bumbu kuah, kedai ini menyiapkan saus tomat, sambal, irisan jeruk nipis, garam, kecap dan cuka, yang gratis. Selain itu, kedai ini menawarkan aneka minuman, di antaranya es jeruk, teh manis hangat, kopi, dan jus.

Bakso President juga menawarkan menu paket jika Anda kebingungan memilih isian bakso. Anda bisa memesan bakso paket campur, campur spesial, campur biasa, campur hemat, dan bakso bakar urat. Bagi Anda yang tertarik makan siang di kedai ini, setidaknya Anda harus menyiapkan anggaran mulai Rp20 ribuan hingga Rp50 ribuan per orang, sudah termasuk minum dan biaya parkir.

Lihat Juga:   Tempat Wisata di Wonoayu Sidoarjo, Sempatkan Mampir

Nasi Pecel Kawi Asli 1975

Selain Madiun dan Blitar, pecel juga eksis di Malang, dan salah satu kedai pecel yang populer di kota ini adalah Nasi Pecel Kawi Asli 1975. Seperti namanya, restoran keluarga ini terletak di Jl. Kawi Atas No. 43B, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Buka mulai jam 6.00 WIB hingga jam 19.00 WIB, Anda bisa mengunjunginya saat ingin makan siang.

Nasi Pecel Kawi Asli 1975 (sumber: tribunnews)
Nasi Pecel Kawi Asli 1975 (sumber: tribunnews)

Menu unggulan warung ini adalah nasi pecel yang bumbunya berlimpah dengan pilihan rasa pedas dan tidak pedas. Untuk lauknya, Anda bisa memilih tempe goreng, telur dadar, dadar jagung, perkedel, sate komoh, lodeh, oseng kentang, dan oseng pare. Sementara, minumannya tersedia es teh, es jeruk, jeruk hangat, air mineral, dan soft drink.

Nasi Pecel Kawi Asli 1975 juga menyediakan menu selain pecel, di antaranya, nasi jagung lengkap dengan ikan asin dan dadar jagung, nasi rawon, nasi soto, lontong cap gomeh, nasi ayam goreng, dan lontong sayur. Apabila Anda berminat makan siang di kedai ini, setidaknya Anda harus menyiapkan uang mulai Rp20 ribuan hingga Rp50 ribuan. Tarif tersebut sudah termasuk minuman dan lauk tambahan.

[1] Prayogi, Dian. 2017. Pengembangan Potensi Wisata Kuliner Kota Malang Berbasis Sumber Daya Lokal. Pesona Jurnal Universitas Merdeka Malang, Vol. 2(1): 1-13.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan