Potensi Wisata dan Penginapan di Desa Selopanggung, Kediri

Desa, Kediri, wisata, penginapan, akomodasi, kamar, tarif, fasilitas, air terjun, makam, wisatawan, pengunjung, telepon, reservasi, hotel

Sebagai salah satu destinasi di Provinsi Jawa Timur, pamor mungkin bisa dikatakan masih kalah dengan tetangganya, seperti Batu dan . Meski demikian, kota yang terkenal akan beragam situs sejarahnya ini ternyata punya potensi wisata yang tidak kalah menakjubkan dibandingkan daerah lainnya, salah satunya di Desa Selopanggung.

Menurut situs Wikipedia, Desa Selopanggung merupakan salah satu desa yang berlokasi di Kecamatan Semen, Kediri, Jawa Timur. Desa ini tersohor karena diklaim sebagai tempat makam Tan Malaka, salah satu tokoh perjuangan nasional. Berlokasi di lereng Wilis, Desa Selopanggung menawarkan suasana yang lebih sejuk dibandingkan daerah di kawasan Kediri lainnya.

Bagi mereka yang doyan akan keindahan , Desa Selopanggung merupakan spot yang tepat. Pasalnya, daerah ini menawarkan pemandangan khas sawah pertanian yang ada di pegunungan (terasering). Terasering yang tersusun rapi seolah menghias area pegunungan di Desa Selopanggung. Dengan akses jalan selebar tiga meter, membuat para pengunjung maupun masyarakat yang lewat merasa sangat dekat dengan view terasering.

Untuk menikmati keindahan terasering di Desa Selopanggung, Anda bisa bepergian 4 kilometer ke arah barat dari Pasar Jabang Sidomulyo, Kecamatan Semen. Jika datang dari arah Besuki, jaraknya hanya sekitar satu kilometer dari pertigaan Balai Desa Selopanggung. Biasanya, mulai jam empat sore, banyak masyarakat, terutama kaum remaja, yang datang ke tempat ini sekadar untuk berjalan-jalan atau mengambil foto.

Selain panorama terasering, Desa Selopanggung juga memiliki beberapa objek wisata alam yang tidak kalah mengagumkan, di antaranya Bidadari dan Situs Desa Watu Jagul Selopanggung. Berikut rincian potensi wisata di Desa Selopanggung.

Makam Tan Malaka

Desa, Kediri, wisata, penginapan, akomodasi, kamar, tarif, fasilitas, air terjun, makam, wisatawan, pengunjung, telepon, reservasi, hotel

Makam Tan Malaka (news.detik.com)

Desa Selopanggung menjadi terkenal, salah satunya berkat keberadaan makam yang diduga tempat bersemayamnya Ibrahim Datuk Tan Malaka. Sayangnya, meski telah dinobatkan sebagai pahlawan nasional, namun kondisi makam Tan Malaka tidak jauh berbeda dengan pemakaman umum warga pada umumnya, bahkan dengan kondisi jalan yang sulit dan sudah rusak.

Lihat Juga:   Pantai Balekambang Malang, Pesonanya Tak Lekang Dimakan Waktu

Untuk menuju makam ini, wisatawan harus melalui tanjakan dan turunan yang tajam. Kondisi jalan masih berlumpur karena baru sebagian yang berupa jalan makadam. Bagi mereka yang tidak bisa melalui jalan berlumpur, harus ekstra hati-hati karena bisa saja terpeleset. Sementara, bagi mereka yang datang dengan kendaraan roda empat, juga hanya bisa melalui satu jalur saja, tidak bisa simpangan.

Meski demikian, di pemakaman umum Desa Selopanggung, makam Tan Malaka memang terlihat paling mencolok. Pasalnya, batu nisan terbuat dari keramik dengan warna dasar hitam dan tulisan yang memahat namanya ‘Ibrahim Datuk Tan Malaka (Pahlawan Kemerdekaan Nasional Republik Indonesia Keppres No. 53 tahun 1963 tanggal 28 Maret 1963)’.

Menurut Kepala Desa Selopanggung, sejak ditemukan, makam Tan Malaka sering dikunjungi peziarah. Makam itu sendiri dikelilingi panorama alam yang indah, dengan areal persawahan yang subur. Ke depan, pihak desa berencana menganggarkan pembenahan akses jalan ke makam Tan Malaka sehingga bisa lebih mudah dilewati.

Situs Watu Jagul

Desa, Kediri, wisata, penginapan, akomodasi, kamar, tarif, fasilitas, air terjun, makam, wisatawan, pengunjung, telepon, reservasi, hotel

Situs Watu Jagul (instagram: @yogi_takul)

Situs Desa Watu Jagul masih berada di area yang sama dengan makam Tan Malaka. Ini adalah sebuah batu besar yang dipercaya sebagai asal muasal Desa Selopanggung. Keberadaan batu besar ini tergolong unik karena berada di sisi sungai dan juga di ketinggian, sehingga menjadi spot yang menarik bagi wisatawan yang ingin berfoto.

Umumnya, wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini adalah turis lokal atau warga sekitar. Menurut penuturan mereka, Watu Jagul menarik dikunjungi karena memiliki suasana yang hening, asri, dan hijau khas pedesaan. Banyak juga di antara pengunjung yang memanfaatkan panorama di Watu Jagul untuk berfoto bersama keluarga.

Air Terjun Bidadari

Desa, Kediri, wisata, penginapan, akomodasi, kamar, tarif, fasilitas, air terjun, makam, wisatawan, pengunjung, telepon, reservasi, hotel

Air Terjun Bidadari (ujaeybob.net)

Air terjun ini juga biasa disebut dengan Air Terjun Peri-Peri, dan masih satu lokasi dengan Watu Jagul dan makam Tan Malaka. Menurut ulasan para wisatawan yang pernah datang, Air Terjun Bidadari adalah tempat yang sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Nuansa pedesaan yang kental dan suasana yang sejuk khas pegunungan bakal membuat siapa saja betah berlama-lama di tempat ini.

Lihat Juga:   Fasilitas dan Tarif Villa Pinus 6, Penginapan Instragamable Dekat Museum Angkut

Sebenarnya, air terjun ini memiliki ketinggian yang tergolong rendah, dengan debit air yang tidak terlalu banyak. Karena itu, Air Terjun Bidadari cocok dikunjungi wisatawan dari segala usia, karena bisa digunakan untuk bermain air atau berenang. Malahan, ada beberapa wisatawan yang bersantai di bebatuan di bukit tempat air terjun melintas, meski tetap dibutuhkan kehati-hatian.

Selain air terjun yang cukup menyegarkan, kawasan ini juga menyuguhkan panorama yang sangat asri. Jika Anda berwisata ke tempat ini menggunakan sepeda, Anda bisa berolahraga sambil menikmati pemandangan pegunungan hijau. Di samping menyehatkan, bersepeda ke Air Terjun Bidadari juga diyakini menjadi sarana refreshing yang mujarab.

Penginapan di Selopanggung

Desa, Kediri, wisata, penginapan, akomodasi, kamar, tarif, fasilitas, air terjun, makam, wisatawan, pengunjung, telepon, reservasi, hotel

Selopanggung Hotel & (rentbyowner.com)

Untuk mengakomodasi kunjungan wisatawan, di Selopanggung telah didirikan penginapan, dan salah satu yang paling adalah Selopanggung Hotel and Resort. Akomodasi ini beralamat di Jalan Raya Selopanggung KM 1, Kecamatan Semen, Kediri. Jika wisatawan datang dari Terminal Tamanan, hanya membutuhkan waktu 10 menit berkendara untuk tiba di Selopanggung Hotel and Resort.

Hotel dengan dua lantai ini menawarkan total 30 unit kamar yang terbagi menjadi Standard Room hingga Bungalow Room. Tiap kamar dilengkapi seperti AC/kipas angin, TV, bathtub/shower, mineral water, serta sarapan, amenities, dan kolam renang untuk tipe tertentu. Selain itu, disediakan pula lima unit cottage dengan total 26 kamar.

Tarif kamar Economy mulai Rp215 ribuan per malam, kamar tipe Standard disewakan dengan tarif mulai Rp215 ribuan per kamar, Superior Plus disewakan dengan tarif Rp355 ribuan per malam, sedangkan tarif cottage mulai Rp255 ribuan per malam. Untuk reservasi, Anda bisa menghubungi nomor telepon 0851 0340 7555 atau email di alamat hotelselopanggungkediri@yahoo.com.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>