Deretan Tempat Wisata Menarik & Instagramable di Sekitar Kintamani Bali

Danau Batur - www.pegipegi.com

Kintamani adalah sebuah wilayah kecamatan yang termasuk dalam Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Tak kalah dengan wilayah lainnya, Kintamani juga memiliki daya tarik yang memukau. Kintamani dikenal akan panorama khas pegunungan yang begitu sejuk dan memanjakan mata. Ketika berada di Kintamani, Anda dijamin tak akan bosan dan benar-benar takjub menyaksikan langsung seperti keunikan wilayah yang terkenal dengan Gunung dan Danau Batur-nya yang instagramable tersebut.

Bukan hanya ditunjang alam yang rupawan dan bersahabat, Kintamani pun dilengkapi sarana akomodasi lengkap mulai dari penginapan hingga yang membuat aktivitas Anda terasa semakin menyenangkan. Nah, bila Anda berencana ke dalam waktu dekat, pastikan untuk tak lupa mampir ke Kintamani. Berikut ini sejumlah tempat wisata menarik di sekitar Kintamani yang layak untuk dikunjungi.

Danau Batur

Saat berada di Kintamani, belum lengkap jika Anda tidak mengunjungi Danau Batur. Danau ini disebut-sebut sebagai danau paling luas di Pulau Bali. Danau Batur ada di lereng Gunung Batur, tepatnya di Desa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Danau Batur begitu populer di kalangan para wisatawan karena legenda dan sejarahnya yang menarik. Harga tiket masuk Danau Batur pun cukup murah, hanya Rp 15 ribuan saja per orang.

Danau Batur - www.pegipegi.com

Danau Batur – www.pegipegi.com

Gunung Batur

Nah, jika sudah ke Danau Batur, pastikan Anda juga menyempatkan diri mampir ke Gunung Batur. Gunung Batur merupakan salah satu gunung berapi di Bali yang statusnya masih aktif dan menjadi gunung tertinggi kedua di Bali setelah Gunung Agung.

Gunung Batur kerap dijadikan tempat pendakian wisatawan dalam dan luar negeri karena menawarkan sensasi pendakian yang berbeda serta memiliki keindahan alam yang begitu eksotis dengan hamparan bebatuan warna hitam bekas letusannya yang sepanjang sejarah sudah terjadi sebanyak beberapa kali. Di Gunung Batur terdapat 3 kawah vulkanik, yaitu kawah Batur I, II, dan III. Kaldera yang luas di Gunung Batur bahkan disebut-sebut sebagai salah satu kaldera paling besar dan terindah di dunia.

Gunung Batur - www.westcoastpeaks.com

Gunung Batur – www.westcoastpeaks.com

Pura Ulun Danu Batur

Pura satu ini terletak di Jalan Kintamani, Batur Selatan. Meskipun menjadi salah satu tempat beribadah umat Hindu di Bali, Pura Ulun Danu juga menjelma sebagai yang menarik lantaran pura ini berdiri di tengah Danau Batur yang menawarkan pemandangan begitu elok ketika menjelang matahari terbenam.

Pura Ulun Danu Batur - www.kintamani.id

Pura Ulun Danu Batur – www.kintamani.id

Desa Penelokan

Desa Penelokan juga termasuk destinasi wisata yang tak boleh Anda lewatkan. Letak desa ini yang berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl) menjadikan Desa Penelokan salah satu spot terbaik untuk melihat pemandangan alam Gunung Batur serta Danau Batur sembari menikmati sajian kuliner khas di sana.

Lihat Juga:   Pantai Ekas, Surga Alami dan Asri di Lombok Timur

Bukan hanya banyak restoran yang menawarkan menu makanan menggugah selera, pasangan yang baru saja menikah pun kerap mencari penginapan di wilayah Desa Penelokan yang dikenal romantis dan cocok dijadikan tempat bulan madu alias honeymoon.

Pemandian Toya Bungkah

Toya Bungkah Hot Spring merupakan pemandian air panas yang sumber mata airnya berasal dari Gunung Batur. Pemandian Air Panas Toya Bungkah berlokasi di Desa Pekraman Batur, Toya Bungkah, Kabupaten Bangli, Bali. Suhu air di Pemandian Air Panas Toya Bungkah mencapai 50 derajat celsius di pinggir danau. Setidaknya ada 4 jenis kolam yang disediakan di Pemandian Air Panas Toya Bungkah, antara lain kolam untuk anak-anak, kolam natural therapy, kolam floating sunburn, dan kolam renang Toya Bungkah.

Kolam air panas di Toya Bungkah bukan sekadar nyaman untuk dijadikan berendam, tetapi airnya juga dipercaya berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, menyegarkan tubuh, hingga meremajakan kulit. Harga tiket masuk Pemandian Air Panas Toya Bungkah untuk warga dengan KTP Bali dibanderol Rp 30 ribu (anak-anak) atau Rp 60 ribu (dewasa). Sedangkan pengunjung dari luar Bali dikenai tarif tiket Rp 100 ribu per orang atau Rp 150 ribu untuk turis asing.

Lihat Juga:   Bromo View Hotel Probolinggo, Penginapan di tengah Kota Berlatarkan Keindahan Gunung Bromo

Dari segi fasilitas yang ada di Pemandian Air Panas Toya Bungkah pun cukup lengkap. Anda bisa menemukan restoran untuk mengisi perut, pool bar, loker untuk menyimpan barang-barang bawaan Anda, ruang ganti, toilet untuk membilas diri, dan area parkir kendaraan yang cukup luas bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi.

Desa Kuno Trunyan

Sebagian dari Anda mungkin sudah pernah mendengar seperti apa keunikan tradisi yang ada di Desa Trunyan. Desa tradisional ini sangat menjunjung tinggi tradisi para leluhur, di mana orang-orang yang mati di sana bukan dikubur atau dibakar (ngaben), melainkan dibaringkan di bawah sebuah pohon keramat berusia ribuan tahun.

Uniknya, walaupun mayatnya hanya dibiarkan begitu saja di bawah pohon, area pekuburan di Desa Terunyan sama sekali tidak mengeluarkan bau busuk layaknya mayat pada umumnya. Hal ini dipercaya karena efek dari Pohon Taru Menyan yang mengeluarkan aroma wangi dan mencegah jenazah-jenazah di sana mengeluarkan bau busuk.

Museum Vulkanologi Kintamani

Apabila Anda termasuk orang yang memiliki hasrat belajar tinggi dan menyukai wisata edukasi, bisa mencoba berkunjung ke Museum Vulkanologi Kintamani. Di museum seluas 1,09 hektare ini Anda bisa berwisata sekaligus mempelajari segala hal tentang pegunungan, khususnya gunung berapi.

Selain tempat-tempat yang telah disebutkan di atas, masih banyak objek wisata menarik lainnya di sekitar Kintamani seperti Lembah Bukit Kedisan, Penangkaran Kopi Luwak, Tur Pertanian Organik, Pura Puncak Penulisan, Air Terjun Dusun Kuning, dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>