Update Perkiraan Biaya untuk Liburan ke Maldives




Keindahan salah satu pantai di Kepulauan Maldives (sumber: coupleescapes.com)
Keindahan salah satu pantai di Kepulauan Maldives (sumber: coupleescapes.com)

Siapa yang tak ingin liburan ke Maldives? Sepertinya setiap orang tentu mendambakan dapat menikmati indahnya pemandangan laut yang biru, jernih, dan tenang seperti di Pulau Maladewa. Selain dijadikan destinasi utama untuk wisata, Maldives juga kerap dijadikan destinasi bulan madu alias honeymoon bagi pasangan pengantin baru. Maladewa sendiri adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di sebelah selatan-barat daya negara India, sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka.

Jika Anda berencana untuk berlibur ke Maldives, Anda bisa menyusun anggaran liburan sejak jauh-jauh hari atau menyerahkan seluruhnya ke agen . Berikut ini rincian untuk liburan ke Maldives:

Visa Masuk Maldives

Kabar gembiranya, untuk sekadar masuk ke Maldives ternyata tak perlu visa. Hal ini berlaku bagi Anda yang warga negara Indonesia (WNI) maupun warga negara lain. Seluruh warga negara bisa masuk dengan bebas ke Maldives sebagai turis selama jangkau waktu 30 hari saja. Asyik kan?

Biaya Penerbangan Menuju Maldives

Untuk dapat terbang ke Maladewa, Anda bisa naik dari dengan menggunakan maskapai Tiger Air. Jika Anda sedang beruntung, dari ke Maldives Anda bisa mendapatkan tiket seharga USD200 atau sekitar Rp2,7 jutaan per orang untuk sekali jalan (one way). Biasanya untuk PP (pergi pulang) justru bisa lebih , sekitar R 3,5 jutaan yang berlaku tahun lalu. Saat ini, harga tiket pesawat lebih murah lagi yakni Rp2,2 jutaan dengan maskapai yang sama. Agar dapat memperoleh tiket pesawat murah, sebaiknya Anda lebih giat lebih berburu promo tiket pesawat Singapore-Maldives.

Salah satu resort di Maldives (sumber: kuoni.co.uk)
Salah satu resort wisata di Maldives (sumber: kuoni.co.uk)

Transaksi dengan Mata Uang Lokal

Karena Maldives tergolong pulau yang cukup eksotis, transaksi uang di sana memang tergolong rumit. Pasalnya di pulau-pulau lokal biasanya tak ada mesin ATM dan tak semua hotel atau menerima pembayaran dengan kartu kredit. Sebagian besar transaksi di sana menggunakan mata uang lokal Maldives, yakni Rufiyaa atau dolar AS (USD) dengan nilai tukar yang berbeda-beda. Jadi sebaiknya bawalah uang tunai dalam satuan rufiyaa secukupnya ketika memutuskan bepergian ke Male. Perlu diketahui, saat ini kurs 1 rufiyaa = Rp905,92.

Transportasi Selama di Maldives

Transportasi utama di Maldives masih menggunakan kapal ferry. Untuk transportasi darat sudah tersedia taksi dan bus. Taksi di Maladewa biasanya dikenai tarif sekitar 25 rufiyaa (Rp23 ribuan) dan biaya bagasi 5 rufiyaa (Rp5 ribuan) sekali jalan.

Sedangkan biaya naik kapal ferry antar pulau cukup murah. Sebagai gambaran, naik ferry dari Male ke Villingili Island yang berada di seberangnya hanya 3,25 rufiyaa (Rp3 ribuan) sekali jalan. Sedangkan untuk pelesir ke pulau-pulau lokal seperti Maafushi dan Gulhi biayanya 22 rufiyaa (Rp20 ribuan). Perlu diingat bahwa setiap hari Jumat tidak ada jadwal ferry yang beroperasi.

Jika Anda ingin berhemat dan berbudget terbatas, sebaiknya hindari menginap di resort-resort mewah. Di Maldives ada beberapa referensi hotel kecil yang terkadang hanya memiliki kapasitas sekitar 4-20 , biasanya berlokasi di Maafushi. Meskipun harganya terjangkau, -fasilitas yang ditawarkan biasanya sudah cukup layak untuk Anda jadikan tempat bermalam selama beberapa hari. Berikut rekomendasi beberapa penginapan murah di Maldives.

Alat transportasi antar pulau di Maldives (sumber: quora.com)
Alat transportasi antar pulau di Maldives (sumber: quora.com)

Penginapan Murah di Maldives

Nama PenginapanFasilitasKisaran Tarif per Malam
Ocean VistaWifi, AC, TV kabel, air panas, sarapanRp1,7 jutaan 
Fazaa InnBerjarak 2 menit dari pantai, Wifi gratis, tempat fitness, BBQ, dapur, coffee shop, kamar 24 jam, restoran halal, AC, hair dryer, showerRp1,4 jutaan  
Zest CabanaSpa, bar, olahraga outdoorRp1,5 jutaan  
Arora InnWiFi gratis, layanan kamar, restoran, BBQ, teras, jasa laundryRp1 jutaan 
Ameera Guest HouseRestoran, AC, TV layar datar, kamar mandi dalam, berjarak 1 menit dari pantai, wifi gratis, bar, layanan kebersihan harian, laundryRp3,7 jutaan 

Tarif penginapan di atas mengalami perubahan harga dibandingkan tahun lalu yang rata-rata dibanderol mulai Rp600 ribuan – Rp850 ribuan per malam. Saat ini, Anda harus siap sedia kocek cukup banyak mulai Rp1 juta – Rp3,7 juta per malam. Rate akomodasi termahal hingga kini yakni Ameera Guest House. 

Salah satu penginapan murah di Maldives (sumber: ameeramaldives.com)
Salah satu penginapan murah di Maldives (sumber: ameeramaldives.com)

Aktivitas Liburan di Maldives

Sebagian besar yang berkunjung ke Maldives tentu tak ingin ketinggalan melakukan beberapa kegiatan dalam air seperti berenang, snorkeling, atau menyelam. Jika Anda ingin snorkeling di pantai, Anda bisa membawa peralatan sendiri atau kadang ada juga hotel yang bersedia meminjamkan peralatan snorkeling secara gratis. Kemudian untuk diving biayanya berkisar mulai dari USD40 (Rp561 ribuan) untuk sekali selam, sewa kayak USD10 (Rp140 ribuan) per jam, paddle boarding, hingga piknik ke pulau resort dengan biaya USD150 (Rp2,1 jutaan).

Setiap hotel memiliki paket wisata yang berbeda. Ada yang menawarkan paket dolphin watching alias menonton lumba-lumba, memancing malam hari, berenang bersama manta, melihat whale shark jika sedang musimnya, dan masih banyak lagi. Apabila Anda malas mengeluarkan biaya terlalu besar, cukup duduk-duduk santai di tepi pantai sambil berenang dan menikmati sunrise atau sunset saja sebenarnya sudah cukup menyenangkan kok!

Biaya Makanan di Maldives

Maldives memiliki beberapa menu makanan lokal seperti chapati, curry, atau mas huni (berupa tuna, bawang bombay mentah, cabai, dan kelapa parut) yang sepintas mirip urap-urap di Jawa. Tenang saja, di Maldives ada banyak restoran atau cafe yang menyajikan menu-menu murah meriah. Beberapa wisatawan yang sudah pernah ke sana kabarnya hanya menghabiskan sekitar Rp100 ribuan saja per orang untuk sekali makan. Bahkan di kafe tertentu akan menyajikan makanan dalam porsi besar meski hanya untuk berdua saja.

Jika ditotal, perkiraan biaya untuk berlibur di pulau lokal Maldives untuk 2 orang per hari biasanya sekitar Rp1 jutaan hingga Rp1,5 jutaan, belum termasuk dengan tiket pesawat. Bagi Anda yang ogah repot, ada juga beberapa travel agent yang menyediakan paket tour ke Maldives dengan harga berkisar antara Rp7-40 jutaan per orang dengan pilihan hari 3 hari, 4 hari, hingga 5 hari.

[Update: Ditta]

Lihat Juga:   Objek Wisata di Jember yang Wajib Dikunjungi




Tentang Dian Kartika1102 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan