Lokasi, Fasilitas, dan Harga Tiket Pantai Pulo Manuk




Tebing karang Pantai Pulo Manuk (sumber: sawarna.net)
Tebing karang Pantai Pulo Manuk (sumber: sawarna.net)

Bagi Anda yang sedang bosan melihat pemandangan kota dengan gedung-gedung menjulang tinggi serta kemacetan, bisa mencoba berlibur dan berwisata alam ke pantai. Nah, salah satu pantai dengan pemandangan indah dan sedang populer saat ini, yaitu Pantai Pulo Manuk. Pantai ini terbilang cukup unik karena masih memiliki pemandangan sangat asri dengan banyak hewan liar. Walaupun terbilang liar, tetapi hewan-hewan di sekitar pulau tidak mengganggu manusia.

Pantai Pulo Manuk

Pantai Pulo Manuk sendiri merupakan sebuah pantai yang berlokasi di Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, . Banyak juga dijumpai lokal yang mampir ke Banten untuk menuju Pantai Pulo Manuk. Untuk menuju lokasi, Anda bisa mencoba melewati 3 jalur yang ada, yaitu jalur timur dari Jakarta, jalur barat dari Jakarta, dan jalur dari arah Bandung.

Lokasi Pantai Pulo Manuk (via Google map)
Lokasi Pantai Pulo Manuk (via Google map)

Jika Anda menuju lokasi dari arah timur, dari Jakarta tepatnya Cibadak, Cikidang, dan Cijeruk, bisa menggunakan kapal dari Pelabuhan Ratu. Setelah dari Pelabuhan Ratu, Anda bisa melanjutkan ke daerah Cisolok untuk tiba di Pantai Pulo Manuk. Apabila Anda mencoba melewati jalur barat, Anda bisa mengikuti jalur dari Kota Cilegon, kemudian menuju . Dari , Anda bisa langsung menuju Pantai Pulo Manuk melewati Labuan dan menyusuri jalur Desa Sawarna, Banten.

Bagi Anda yang merupakan warga Bandung atau ingin menempuh perjalanan melalui kota kembang tersebut, perlu menuju Cianjur terlebih dahulu. Dari Cianjur, Anda harus pergi ke Kota Sukabumi dan menuju Pelabuhan Ratu hingga akhirnya tiba di Pantai Pulo Manuk. Akan lebih mudah jika Anda menuju pantai melalui jalur timur dan barat karena lebih dekat dengan waktu tempuh sekitar 3 hingga 4 jam berkendara, sedangkan jika Anda melewati jalur Bandung waktu tempuhnya bisa mencapai 5 jam perjalanan.

Lamanya perjalanan juga tergantung dari kemacetan dan kecepatan kendaraan yang Anda gunakan. Akan lebih baik jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dan pergi di pagi hari untuk menghindari kemacetan, apalagi kemacetan sudah menjadi makanan tiap hari di daerah Bandung dan Jakarta.

Lihat Juga:   Fasilitas dan Harga Sewa Kamar Marbella Hotel Convention & Spa di Anyer

Keindahan Pantai Pulo Manuk dan Fasilitasnya

Pantai Pulo Manuk (sumber: panoramabeachresort.com)
Pantai Pulo Manuk (sumber: panoramabeachresort.com)

Banyak orang bertanya-tanya mengenai arti dari nama Pantai Pulo Manuk. Pantai ini diberi nama demikian karena banyak jenis burung cantik yang singgah di pantai tersebut. Burung-burung yang singgah tidak hanya dari jenis burung kecil yang sering kita temui, seperti burung gereja saja, tetapi juga jenis burung besar yang langka, seperti elang, pelikan, dan masih banyak lagi.

Kebanyakan burung yang singgah tidak hanya bertengger di dahan-dahan pohon saja, tetapi juga mencari makan. Selain burung, di Pantai Pulo Manuk juga sering dijumpai ikan kecil, udang, kepiting, dan umang-umang yang menjadi santapan lezat bagi para burung tersebut. Burung-burung liar yang ada di Pantai Pulo Manuk tidak boleh ditangkap, karena beberapa jenis burung merupakan jenis burung yang dilindungi.

Pantai Pulo Manuk tidak hanya menjadi tempat singgahnya para burung saja, tetapi juga kera liar. Anda juga bisa melihat banyak kera liar berekor hitam bertengger di dahan-dahan pohon. Kebanyakan kera akan lebih senang berada di atas pohon, walaupun beberapa di antaranya juga sering menampakkan diri di bibir pantai. Kera-kera ini selain liar, juga dilindungi dan tidak boleh disentuh secara sembarangan, apalagi ditangkap.

Pemandangan pantai yang dihiasi oleh beragam spesies hewan akan tampak lebih indah ketika menjelang malam atau saat senja. Banyak wisatawan berbondong-bondong menuju bibir pantai untuk mengabadikan momen senja yang indah di pantai. Ketika menjelang malam, biasanya semakin banyak jenis burung besar yang hinggap di dahan pohon untuk beristirahat. Beberapa jenis burung, seperti camar, pelikan, dan jenis burung pemakan ikan lainnya juga sering menampakkan diri dan pulang menuju sarangnya.

Lihat Juga:   Kampong Tourist, Akomodasi Ramah Backpacker di Pusat Kota Malang
Pantai Pulo Manuk (sumber: mapio.net)
Pantai Pulo Manuk (sumber: mapio.net)

Di Pantai Pulo Manuk, sudah terdapat beberapa fasilitas publik yang bisa Anda gunakan, seperti toilet umum, tempat bilas, bangku-bangku di pinggir pantai, dan tempat parkir yang luas. Anda juga bisa menikmati berbagai macam hidangan seafood di warung-warung atau restoran pinggir pantai. Menu seafood yang dihidangkan beraneka ragam dengan bahan-bahan yang masih segar dan memiliki citarasa yang khas.

Anda pun bisa membeli oleh-oleh untuk di toko oleh-oleh yang ada di pinggir pantai. Setelah Anda lelah menikmati keindahan Pantai Pulo Manuk dan menikmati hidangan seafood, Anda bisa mencari tempat penginapan yang ada di sekitar dengan mulai Rp3 jutaan per malamnya dengan melakukan reservasi melalui e-mail di roemahpulomanuk@gmail.com. Jika Anda ingin lebih hemat, Anda juga bisa camping di camp area yang ada di dekat bibir Pantai Pulo Manuk. Jika Anda berkemah, Anda hanya perlu membawa tenda sendiri dari rumah dan tidak perlu membayar alias gratis.

Tiket Masuk di Pantai Pulo Manuk

Untuk menikmati semua fasilitas dan keindahan di Pantai Pulo Manuk, Anda perlu membayar tiket parkir saja, karena pihak Pantai Pulo Manuk tidak mengadakan tiket masuk. Harga parkir kendaraan bermotor roda 2 yaitu Rp5 ribu, sedangkan untuk mobil harganya Rp20 ribu. Harga tersebut sudah termasuk biaya pajak dan penjagaan motor serta biaya perawatan pantai.

Jika Anda berkunjung ke Pantai Pulo Manuk, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait dengan perawatan pantai. Buanglah sampah pada tempatnya agar pantai tetap bersih dan jangan merusak fasilitas yang sudah disediakan di sana.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan