Info Lengkap Panduan Cara Beli Bagasi Pesawat di Traveloka




Ilustrasi: penumpang pesawat membawa bagasi
Ilustrasi: penumpang pesawat membawa bagasi

Saat hendak bepergian jauh dengan naik , Anda sebagai calon penumpang tentunya sudah menyiapkan barang bawaan. Barang bawaan itu ada yang bisa dibawa ke dalam atau dalam bagasi kabin dan ada yang dicatat sebagai bagasi terdaftar. Setiap maskapai penerbangan biasanya menerapkan aturan yang berbeda-beda terkait bagasi. Namun umumnya untuk bagasi kabin (barang bawaan yang boleh dibawa ke dalam ) berat maksimumnya adalah 7 kg.

Ada beberapa maskapai yang masih memberlakukan bagasi gratis hingga berat tertentu, yakni antara 15-35 kg penumpang dan ada pula maskapai yang menerapkan sistem bagasi berbayar, misalnya saja seperti Lion Air. Beberapa maskapai juga menyediakan bagasi tambahan (extra baggage) berbayar. Menariknya, bagasi tambahan atau bagasi berbayar ini bisa dibeli bersamaan dengan pembelian tiket pesawat atau sebelum penerbangan berlangsung.

Dengan pembelian bagasi ekstra sebelum penerbangan (pra-), calon penumpang akan terhindar dari biaya tak terduga dan juga tak perlu panik ketika hendak check-in di karena semuanya sudah terurus sejak jauh-jauh hari.

Calon penumpang umumnya dapat membeli layanan Ekstra Bagasi dari situs atau aplikasi maskapai, atau melalui layanan pemesanan online seperti . Layanan Ekstra Bagasi ini bisa dibeli hingga 24 jam menjelang keberangkatan atau bersamaan ketika membeli , tergantung kebijakan masing-masing maskapai. Namun di , calon penumpang dapat membeli jatah bagasi sesuai kebutuhan langsung bersamaan saat membeli tiket pesawat.

Ilustrasi: tampilan website Traveloka (sumber: cnnindonesia.com)
Ilustrasi: tampilan website Traveloka (sumber: cnnindonesia.com)

Fitur yang diberikan oleh Traveloka ini dianggap sangat bermanfaat oleh para traveler, khususnya untuk calon penumpang yang berencana membawa barang bawaan banyak atau membawa oleh-oleh untuk dibawa pulang setelah berlibur. Pembelian bagasi tambahan ini pun dianggap lebih murah dibanding saat Anda dikenai biaya excess baggage ketika hari-H penerbangan.

Tapi perlu diingat bahwa atau biaya untuk bagasi tambahan per kilogram tergantung pada kelas dan rute penerbangan, serta bandara keberangkatan. Anda dapat membeli bagasi tambahan pada halaman pemesanan sebelum lanjut ke pembayaran.

Lihat Juga:   Ingin Naik Busway ke Ancol? Ini Rute Lengkap Bus Transjakarta Menuju Ancol

“Dengan hadirnya fitur baru ini, Traveloka semakin melengkapi kenyamanan pelanggan dengan menyediakan layanan pengaturan pemesanan langsung di aplikasi Traveloka, mulai penambahan bagasi ekstra, check-in, perubahan jadwal, hingga permintaan refund,” kata Caesar Indra, Senior Vice President Business Development Traveloka ketika peluncuran fitur pembelian bagasi ekstra, seperti dilansir Kompas.

Nah, bagi Anda yang berencana untuk bepergian dengan pesawat dalam waktu dekat dan berencana membawa banyak barang bawaan, Anda bisa mencoba fitur terbaru pembelian bagasi di Traveloka. Berikut ini panduan cara beli bagasi di Traveloka.

Cara Beli Bagasi di Traveloka

Ilustrasi: penumpang pesawat membawa bagasi
Ilustrasi: penumpang pesawat membawa bagasi
  1. Cari penerbangan Anda. Mulai pencarian dengan mengisi detail penerbangan seperti rute, tanggal keberangkatan, nama maskapai, jumlah penumpang, dan juga tanggal kepulangan apabila diperlukan. Klik Cari Tiket dan temukan penerbangan terbaik untuk Anda.
  2. Isilah data penumpang. Setelah memilih penerbangan, isi data penumpang dengan benar supaya tidak ada masalah di kemudian hari. Kemudian lanjutkan pemesanan.
  3. Pilih kapasitas bagasi sesuai kebutuhan Anda. Lihat Bagasi untuk mengetahui kapasitas bagasi yang tersedia. Lanjutkan dengan memilih kapasitas bagasi sesuai kebutuhan Anda. Layanan pemesanan bagasi ini biasanya ada di bawah tulisan Flight Facility. Klik Baggage atau Bagasi, dan Anda akan memperoleh bagasi tambahan. Jika memilih menu ini, Anda bisa menemukan beragam pilihan bagasi yang disediakan oleh pihak maskapai. Anda dapat menambah kapasitas bagasi misalnya antara 25-50 kilogram (kg).
  4. Lanjutkan ke pembayaran. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan dan selesaikan pembayaran dalam batas waktu yang ditentukan hingga Anda memperoleh konfirmasi bahwa transaksi telah selesai.
  5. Lihat detail bagasi Anda di e-tiket. Setelah pembayaran dikonfirmasi, e-tiket Anda akan diterbitkan. Buka e-tiket dan Anda bisa melihat detail bagasi Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap maskapai memiliki kebijakan yang berbeda mengenai berat maksimum bagasi, tergantung pada rute penerbangan. lengkap mengenai kebijakan bagasi terdapat pada e-tiket Anda, dan dapat dilihat pula pada halaman hasil pencarian saat pemesanan.

Lihat Juga:   Pilihan Travel Yogyakarta-Purworejo yang Nyaman & Murah untuk Mudik atau Pelesir
Ilustrasi: check in di bandara
Ilustrasi: check in di bandara

Selain itu, ada kondisi tertentu di mana informasi berat maksimum bagasi saat check-in di bandara berbeda dengan yang ada pada e-tiket/halaman hasil pencarian. Jika hal ini terjadi, silakan informasikan kepada pihak call center Traveloka agar mereka bisa membantu Anda. Anda juga dapat membeli bagasi tambahan secara online saat memesan tiket pesawat pada Traveloka App atau website. Anda pun dapat membeli bagasi tambahan saat melakukan web check-in, atau dengan menghubungi pihak maskapai. Anda juga dapat melakukannya ketika check-in di konter maskapai di bandara.

Mohon diingat bahwa web check-in hanya tersedia untuk maskapai dan rute penerbangan tertentu. Silakan kunjungi situs maskapai terkait untuk mengetahui apakah Anda bisa melakukan web check-in untuk penerbangan Anda. Tiap maskapai menerapkan batas waktu pembelian bagasi tambahan yang berbeda. Untuk melihat batas waktu yang diterapkan maskapai Anda, buka e-tiket Anda dan klik tautan di bawah bagian Syarat dan Ketentuan Maskapai.

Beberapa maskapai tidak menawarkan fasilitas pembelian bagasi tambahan melalui Traveloka. Silakan langsung hubungi maskapai-maskapai tersebut untuk membeli bagasi tambahan. Apabila Anda sudah check-in, maka Anda tak bisa lagi membeli bagasi tambahan.

Nah, bagi Anda yang ingin layanan lebih terkait asuransi bagasi, Anda bisa menjajal layanan Perlindungan Bagasi dari Traveloka. Pihak Traveloka bekerja sama dengan PT Chubb Insurance Indonesia menawarkan perlindungan koper Anda beserta isinya. Akan tetapi, layanan ini tak mencakup perlindungan barang-barang elektronik, perhiasan, jam tangan, lensa, tiket, dokumen, dan beberapa barang lainnya. Adapun plan domestik atau internasional untuk asuransi keterlambatan bagasi hingga Rp3 juta (Rp500 ribu per 4 jam).




Tentang Dian Kartika1108 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan