Tarif Murah, Ini Fasilitas di Dalam Pesawat Citilink




Fasilitas di Dalam Pesawat Citilink - suzannita.com
Fasilitas di Dalam Pesawat Citilink - suzannita.com

Citilink (PT Citilink Indonesia) merupakan sebuah maskapai penerbangan anak usaha Garuda Indonesia yang menyasar konsumen kelas menengah ke bawah. Meski tergolong sebagai maskapai bertarif rendah, namun fasilitas yang disediakan di dalam pesawat Citilink bisa dikatakan lumayan, selain menawarkan rute penerbangan ke berbagai tujuan domestik hingga luar negeri (charter musiman).

Fasilitas di Dalam Pesawat Citilink - suzannita.com
Fasilitas di Dalam Pesawat Citilink – suzannita.com

Maskapai, atau perusahaan ini, didirikan berdasarkan Akta Notaris Natakusumah No. 01, tanggal 6 Januari 2009, yang kemudian disahkan oleh surat Menkumham No. AHU-14555.AH.01.01 tahun 2009. Per tanggal 22 April 2009, kepemilikan saham Citilink adalah 67 persen milik PT Garuda Indonesia dan 33 persen sisanya dimiliki PT Aerowisata.

Awalnya, penerbangan Citilink merupakan penerbangan yang dikelola oleh SBU Citilink milik Garuda Indonesia, yang beroperasi dengan AOC (Air Operator Certificate) Garuda dan menggunakan nomor penerbangan Garuda sejak bulan Mei 2011. Kemudian, per tanggal 30 Juli 2012, maskapai ini resmi beroperasi sebagai entitas bisnis yang terpisah dari Garuda Indonesia setelah mendapatkan AOC.

Pada bulan Juli 2012 itu, Citilink melayani sembilan tujuan domestik yang menghubungkan ke Surabaya, Denpasar, Medan, Banjarmasin, Balikpapan, dan Batam. Maskapai ini juga mengoperasikan penerbangan dari Surabaya ke Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar, dan Makassar, selain menjalankan penerbangan dari Medan ke Batam. Kemudian, pada tanggal 15 September 2012, rute diperluas dengan pembukaan penerbangan ke dari Surabaya. Lalu, terhitung tanggal 10 Januari 2014, Citilink melayani rute , Palembang, Semarang, dan Yogyakarta dari Bandara Halim Perdanakusuma.

Lihat Juga:   Daftar Alamat & Tarif Hotel di Mangga Besar, Jakarta Barat

Armada Citilink

Hingga akhir tahun 2017, Citilink Indonesia mengoperasikan 50 pesawat seri Airbus A320 yang memiliki kapasitas 180 penumpang, dan termasuk di dalamnya adalah pesawat Airbus A320NEO yang datang melengkapi armada maskapai sejak Januari 2017. Hingga Agustus 2017, maskapai tersebut telah melayani penerbangan ke 31 kota, 62 rute, dan lebih dari 244 frekuensi penerbangan setiap hari.

Fasilitas di Dalam Pesawat Citilink

Sebagai penerbangan bertarif rendah, Citilink hanya menawarkan (economy class) kepada konsumen. Di dalam pesawat kelas ekonomi ini, tersedia fasilitas dua tipe kursi, yaitu Green Seat dan Regular Seat. Green Seat merupakan kursi yang terletak di baris 1-5 dan ciri-cirinya memakai pembungkus sandaran kepala berwarna hijau, dengan kenyamanan yang lebih dibandingkan Regular Seat dan ruang kaki yang lebih lapang bagi penumpang.

Lihat Juga:   Losmen Simpang Tiga, Akomodasi Murah Meriah Kelas Melati di Malang

Sayangnya, konfigurasi kursi yang dimiliki maskapai ini dirasa kurang nyaman, karena menerapkan sistem 3-3 dengan jarak antar-kursi hanya 29 inci. Di samping itu, kelemahan lain maskapai Citilink adalah tidak menyediakan fasilitas makanan gratis selama perjalanan. Jika penumpang ingin bersantap, perlu mengeluarkan tambahan untuk memilih menu makanan yang sebenarnya cukup variatif, seperti ayam saus b├ęchamel dan kentang atau mie goreng ayang panggang dan sayuran.

Pesawat Citilink

Karena hanya menyediakan kelas ekonomi, harga atau tarif tiket pesawat Citilink memang relatif murah. Untuk rute Jakarta-Tanjung Pandan misalnya, harga tiket mulai Rp299.000, sedangkan rute Jakarta ke Banjarmasin mulai Rp529.000. Sementara, penerbangan dari Surabaya ke Palangkaraya dipatok mulai Rp439.000 dan dari Surabaya ke Pekanbaru mulai Rp609.000.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan