Pantai Mandeh, Kawasan Wisata Eksotis di Sumatra Barat Mirip Raja Ampat




Pantai Mandeh - travelingyuk.com
Pantai Mandeh - travelingyuk.com

Raja Ampat disebut-sebut sebagai salah satu kekayaan alam Indonesia yang telah diakui keindahannya di mata dunia. Walaupun setiap daerah di Indonesia memiliki potensi alam masing-masing, hingga kini Raja Ampat masih dianggap menjadi salah satu terindah di dunia. Meski demikian, belum lama ini muncul potensi wisata di daerah lain yang disebut-sebut menyaingi Raja Ampat.

Pantai Mandeh - travelmato.com
Pantai Mandeh – travelmato.com

Kawasan wisata Mandeh di Ranah Minang ternyata juga dianggap memiliki keindahan alam eksotis yang hampir menyerupai Raja Ampat. Sebagian besar dari Anda mungkin masih asing dengan kawasan wisata Mandeh. Padahal Mandeh sudah mulai menyedot perhatian turis dari dalam negeri maupun mancanegara. Pantai Mandeh terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, yang berbatasan langsung dengan Kota , Provinsi Sumatra Barat.

Kawasan wisata Mandeh hanya berjarak sekitar 56 km dari Kota Padang serta memiliki luas area kurang lebih 18.000 ha dan waktu tempuhnya sekitar 1 jam dari Padang. Area wisata satu ini mencakup 7 kampung di 3 nagari yang dihuni oleh sekitar 9.931 penduduk dengan mata pencaharian sebagian besar sebagai petani, peternak, dan nelayan.

Kawasan wisata terpadu Mandeh baru tahun 2014 lalu mulai dikembangkan oleh pemerintah. Bahkan nantinya Mandeh akan dijadikan salah satu daerah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Untuk menuju ke gerbang masuk kawasan wisata Mandeh, Anda dapat mencapainya lewat jalur laut dan darat. Jika ingin naik kapal atau boat, Anda bisa berangkat dari Pelabuhan Bungus, Gaung, Teluk Bayur, atau dari Pelabuhan Muara Padang dan Teluk Tarusan.

Pantai Mandeh - travelingyuk.com
Pantai Mandeh – travelingyuk.com

Sementara itu, bila ingin lewat jalur darat, Anda bisa memilih salah satu dari 3 alternatif yang tersedia di 3 ruas jalan yang berbeda. Pilihan pertama adalah dari Pasar Tarusan melalui Simpang Carocok, pilihan kedua dari Bungus terus ke Sungai Pinang dan Sungai Nyalo, serta ruas jalan terbaru melalui Carocok terus menyusuri bibir pantai dan perbukitan yang landai sejauh 12,5 km.

Lihat Juga:   4 Tempat Wisata yang Menarik untuk Dikunjungi di Lawang

Supaya lebih praktis, Anda bisa memilih sewa mobil dengan sekitar Rp 300 ribuan per hari di Kota Padang. Namun bila Anda ingin menjajal kemampuan Anda sebagai seorang backpacker, Anda bisa menumpang transportasi umum menuju Pelabuhan Carocok Terusan dan mencari yang menuju ke Pantai Mandeh.

Akses jalan ke Pantai Mandeh sendiri cukup baik karena telah beraspal walaupun agak sempit. Sementara itu jalan menuju pantai juga tengah diperlebar dengan memotong , sehingga jalannya berkelok-kelok serta naik-turun. Di sekitar kawasan Mandeh ada banyak rumah penduduk, , warung yang menjual makanan, serta toko yang menjual berbagai kebutuhan pribadi.

Pantai Mandeh - m.covesia.com
Pantai Mandeh – m.covesia.com

Secara geografis, Mandeh sendiri adalah sebuah teluk yang dikelilingi oleh pulau karang yang hijau serta pantai mirip layaknya di Raja Ampat, Papua Barat. Misalnya saja seperti Pulau Cubadak, Pulau Setan, Pulau Pagang, Pulau Marak, dan sebagainya.

Air laut di Pantai Mandeh pun memiliki tingkat visibilitas yang cukup baik dengan hamparan air yang luas dan jernih, sehingga sangat mendukung untuk dijadikan tempat melakukan berbagai kegiatan olahraga air seperti snorkeling atau menyelam (diving). Jika ingin menguji adrenaline, Anda juga dapat mencoba sensasi High Cliff Jumping atau terjun dari tebing yang cukup tinggi di Pulau Sironjong Ketek.

Anda dapat menyaksikan pemandangan gradasi warna laut dari biru ke hijau yang benar-benar menawan. Apabila Anda berdiri dari Puncak Mandeh, Anda dapat menyaksikan gugusan Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Sironjong besar dan kecil, serta Pulau Cubadak. Dari tempat itu pula Anda bisa merasakan sensasi memandangi gugusan pulau kecil layaknya di Raja Ampat.

Salah satu hal yang menarik dari Pantai Mandeh tentu saja adalah pemandangan saat sore menjelang malam hari. Di sana Anda bisa menyaksikan langsung seperti apa pemandangan sunset alias matahari terbenam yang menakjubkan di Pantai Mandeh, tepatnya dari balik Samudra Hindia dan pantulan rona merah dari sinar matahari yang ada di permukaan air laut benar-benar akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Lihat Juga:   Panorama dan Rute/Jalan Menuju Air Terjun Tumpak Sewu, Lumajang

Uniknya, walaupun letaknya berhadapan dengan Samudra Hindia, ombak di Pantai Mandeh cukup tenang karena terhalang oleh pulau-pulau yang berjajar di tengah lautan. Selain menjajal berbagai olahraga air seru yang ada di Pantai Mandeh, Anda juga dapat menyewa perahu yang siap mengantarkan Anda berkeliling pulau untuk memancing atau kegiatan seru lainnya. Jika tak suka berbasah-basahan, Anda bisa trekking ke sekitar bukit atau menyusuri sepanjang Pantai Mandeh.

Bagi Anda yang berencana menginap di sekitar kawasan wisata Mandeh, juga tak perlu bingung. Pasalnya ada banyak homestay yang dikelola penduduk setempat berupa homestay hingga yang lokasinya ada di Mandeh. Misalnya seperti Cubadak Paradiso Village yang mematok per malam mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 2,2 jutaan. Kemudian ada pula Guest House Viony yang terletak di pemukiman warga daerah Carocok Terusan. sewa kamarnya sekitar Rp 100 ribuan per malam.

Apabila Anda tak ingin kerepotan mengurus akomodasi, transportasi, dan makan selama berada di Pantai Mandeh, Anda bisa mempertimbangkan tawaran paket wisata yang disediakan oleh warga sekitar dengan berbagai paket dengan harga yang cukup terjangkau. Misalnya saja Paket One Day Trip hingga wisata sailing untuk Anda yang ingin mengunjungi beberapa pulau sembari merasakan bermalam di atas perahu. Anda bisa menyesuaikan sendiri seperti apa yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.




Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*