Menengok Keindahan Laut di Pantai Vio Vio Batam




Pantai Vio Vio Batam - akutwibowo.com
Pantai Vio Vio Batam - akutwibowo.com

Selain Gili Trawangan, ternyata ada pantai lain yang tak indah, yakni Pantai Vio Vio. Pantai Vio Vio atau yang kerap dijuluki ‘Pantai Cantik’ merupakan sebuah pantai yang berlokasi di Pulau Galang, Barelang, tepatnya berjarak sekitar 50-60 km dari Pulau dan dapat ditempuh dari pusat dengan durasi kurang lebih 1 jam naik mobil. Jika Anda membutuhkan ketenangan dan mencari sebuah tempat asyik yang jauh dari keramaian kota, maka berwisata ke Pantai Vio Vio bisa menjadi solusinya.

Pantai Vio Vio Batam - akutwibowo.com
Pantai Vio Vio Batam – akutwibowo.com

Meski lokasinya berada di Pulau Galang, Pantai Vio Vio selalu ramai dikunjungi . Namun jangan khawatir, keramaian di Pantai Vio Vio tidak sepadat di Batam Kota. Letak Pantai Vio Vio masih bersebelahan dengan Pantai Mirota dan Pantai Melur 2 yang sudah lebih dulu di kalangan para traveler.

Untuk menemukan Pantai Vio Vio tidaklah sulit, sebab lokasinya tidak jauh dari Jembatan Tuanku Tambusai atau yang lebih dikenal dengan nama Jembatan 5 Barelang, yang menghubungkan Pulau Rempang dengan Pulau Galang. Jarak pantai dari Jembatan 5 sekitar 3 km saja. Jika Anda telah melewati Pantai Mirota, Anda cukup mencari spanduk di sebelah kiri yang berisi petunjuk arah untuk menuju ke Pantai Vio Vio. Jika sudah menemukan spanduk tersebut, Anda tinggal menyeberang karena pantai ada di sebelah kanan jalan.

Anda wajib berhati-hati ketika melalui perjalanan menuju ke Pantai Vio Vio. Pasalnya menurut pengakuan beberapa wisatawan yang tahun lalu pernah ke sana, akses jalan menuju Pantai Vio Vio masih berupa tanah yang berkelok-kelok dan naik turun. Jika sedang hujan maka jalanan akan sangat licin. Oleh sebab itu Anda harus benar-benar konsentrasi ketika mengemudikan kendaraan Anda saat hendak bepergian ke Pantai Vio Vio.

Pantai Vio Vio Batam - jalankemanagitu.com
Pantai Vio Vio Batam – jalankemanagitu.com

Saat masuk ke Pantai Vio Vio, Anda akan dikenai tiket masuk seharga Rp 10 ribuan per orang. Khusus untuk anak-anak tidak dipungut , alias gratis. Biasanya para wisatawan akan menyempatkan diri untuk berfoto-foto dulu dari atas bukit sebelum memutuskan turun ke pantai. Pasalnya, dari atas bukit tersebut Anda akan langsung disuguhkan pemandangan indah Pantai Vio Vio dari kejauhan.

Lihat Juga:   Jiva Java Bed & Breakfast, Hotel Bujet Modern Dekat Destinasi Wisata Instagenic di Batu

Dari atas bukit Anda akan menyaksikan seperti apa mempesonanya laut di Pantai Vio Vio yang berwarna biru dan dihiasi gradasi warna tosca. Anda bahkan bisa melihat pulau-pulau kecil yang ada di sekitar pantai dan kapal-kapal yang kebetulan sedang berlayar. Setelah melewati bukit tersebut, Anda baru sampai di lokasi Pantai Vio Vio. Anda akan langsung disambut oleh hamparan pasir putih yang luas dan di sana tersedia banyak gazebo yang bisa Anda sewa untuk sekadar duduk bersantai sembari beristirahat.

Di Pantai Vio Vio tersedia gazebo dalam 2 ukuran, yakni ukuran sedang dan besar. Gazebo ukuran sedang mampu menampung kapasitas sekitar 15 orang pengunjung dan disewakan dengan Rp 150 ribuan, sementara itu untuk gazebo berukuran besar biaya sewanya Rp 200 ribuan per gazebo. Cukup terjangkau bukan? Gazebo-gazebo yang sengaja dibangun di pinggir pantai tersebut akan memudahkan Anda saat hendak menyaksikan pemandangan ombak maupun sunset di Pantai Vio Vio.

Namun bila Anda enggan menyewa gazebo, Anda bisa menggunakan paranet yang disediakan gratis di sekitar Pantai Vio Vio. Anda pun dapat menyewa tikar untuk alas duduk sekaligus piknik bersama rombongan. Jangan khawatir, biaya sewa tikar ukuran 2 x 3 meter di Pantai Vio Vio hanya sekitar Rp 50 ribuan saja.

Salah satu hal yang cukup menyedot perhatian dari Pantai Vio Vio adalah adanya ayunan di tengah lautan, mirip dengan ayunan Ombak Sunset yang ada di Gili Trawangan. Tak heran jika banyak orang yang menjuluki Pantai Vio Vio sebagai Gili Trawangan-nya Batam. Sebab tak lain karena pemandangan yang ditawarkan ternyata memang tidak kalah indah. Dari atas ayunan tersebut Anda bisa puas berfoto selfie dengan latar belakang laut yang indah sambil memandangi sunset. Di sekitar pantai juga ada semacam panggung yang kerap dijadikan spot para turis untuk berfoto-ria.

Lihat Juga:   Rekomendasi Terbaru Penginapan Nyaman Dekat Masjid Jogokariyan Yogyakarta

Selain terkenal akan ayunan dan kebersihannya, Pantai Vio Vio juga terkenal akan ketersediaan fasilitas yang cukup memadai. Saat berada di pantai tentunya tak akan asyik jika belum diisi dengan agenda bakar-bakar ikan. Nah, rupanya di Pantai Vio Vio sudah menyediakan BBQ pit sederhana bagi para pengunjung yang ingin membakar ikan atau ber-barbeque bersama keluarga.

Jika malas BBQ-an, Anda tak perlu khawatir akan kelaparan. Pasalnya di Pantai Vio Vio ternyata sudah disediakan fasilitas kantin yang menyediakan beragam menu mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Selain BBQ pit dan kantin, Pantai Vio Vio juga dilengkapi area parkir yang cukup luas dan dilengkapi penjaga parkir, kamar mandi, dan masih banyak lagi. Semua fasilitas di Pantai Vio Vio benar-benar tertata dengan rapi.

Saat berada di Pantai Vio Vio Anda bisa melakukan banyak kegiatan seru, mulai dari main sepak bola, voli pantai, hingga naik banana boat. Untuk menyewa banana boat, Anda cukup membayar biaya Rp 25 ribuan saja per orang. Benar-benar terjangkau ya! Menurut sebagian traveler, waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah saat sore hari. Sebab cuaca sudah cukup teduh dan air laut sudah cukup pasang. Apalagi Anda juga bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam saat sore menjelang malam hari di Pantai Vio Vio.




Tentang Dian Kartika1094 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan