Pantai Firdaus, Surga Tersembunyi dengan Fasilitas Olahraga Air Lengkap di Minahasa Utara




Pantai Firdaus - jadituris.com
Pantai Firdaus - jadituris.com

Sebagai negara kepulauan yang terbentang dari Sabang hingga Merauke, rupanya kekayaan alam dan wisata yang dimiliki negara Indonesia sangat beragam. Tak melulu terpusat di Jawa, di Pulau ternyata juga memiliki pesona dan keunikan tersendiri yang membuatnya layak untuk dijadikan salah satu destinasi untuk berlibur, salah satunya saja seperti di wilayah Utara. Jika kebetulan sedang berada di kawasan Minahasa Utara, Anda mungkin bisa mampir berjemur atau bermain air laut di Firdaus.

Pantai Firdaus - jadituris.com
Pantai Firdaus – jadituris.com

Keberadaan Pantai Firdaus sebenarnya sudah sejak lama dikenal sebagai objek wisata andalan di Sulawesi Utara. Pantai Firdaus berlokasi di pesisir pantai Desa Kema Dua, Kecamatan Kema, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Lebih tepatnya berjarak sekitar 30 km dari Kota Manado atau sekitar 15 km dari Airmadidi. Jika ingin menuju ke Pantai Firdaus, Anda bisa menempuh perjalanan darat dengan mengendarai mobil dari Manado sekitar 40 menit perjalanan dengan kecepatan normal.

Pantai yang satu ini cukup menarik karena memiliki hamparan pasir berwarna hitam, ombak laut yang tak terlalu tinggi, air laut yang jernih, serta langit yang berwarna biru ketika cuaca sedang cerah. Keberadaan Pantai Firdaus mulai dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sejak tahun 2016 lalu. Pasalnya tahun 2016 lalu sempat terjadi fenomena gerhana matahari total di Indonesia dan rupanya Pantai Firdaus menjadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan gerhana matahari total yang merupakan fenomena cukup langka di Indonesia.

Pantai Firdaus - eddiedandel.blogspot.co.id
Pantai Firdaus – eddiedandel.blogspot.co.id

Sejak saat itu jumlah kunjungan ke Pantai Firdaus terus meningkat. Karena termasuk pantai yang dikelola cukup baik, Pantai Firdaus pun juga menjelma sebagai surga rekreasi air di Minahasa Utara (Minut). Anda bisa mencoba beragam olahraga air yang disediakan di Pantai Firdaus, mulai dari Banana Boat, Flying Fish, Mega Mambo, hingga water sport jet ski. Semua olahraga seru yang memacu adrenaline tersebut bisa Anda coba satu per satu di Pantai Firdaus.

Lihat Juga:   Liburan ke Salatiga? Ini Daftar Guest House Murah & Recommended

Jika ingin bermain-main ke Pantai Firdaus, Anda akan dikenai tiket masuk Rp 10 ribuan untuk sepeda motor atau Rp 30 ribuan untuk mobil. Sedangkan saat hari Minggu atau Hari Libur Nasional, harga tiket masuknya akan lebih mahal dibanding hari biasa. Khusus sepeda motor dikenai tambahan Rp 30 ribuan, mobil Rp 7.000, dan bus dikenai tambahan Rp 10 ribuan.

Sementara itu untuk mencoba berbagai permainan air di Pantai Firdaus, Anda juga akan dikenai biaya tambahan dengan nominal yang bervariasi. Untuk naik Banana Boat biayanya Rp 25 ribuan per orang, tarif mencoba Mega Mambo Rp 30 ribuan per orang, Flying Fish harganya Rp 300 ribuan per 1 pasang, dan naik Jet Ski dibanderol Rp 150 ribuan untuk durasi setiap 15 menit. Masih cukup terjangkau bukan?

Jangan khawatir soal faktor keselamatan, sebab di Pantai Firdaus setidaknya terdapat 6 penjaga pantai alias lifeguard yang sengaja disiagakan untuk antisipasi menolong para pengunjung jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Di samping itu ada pula speed boat yang bisa digunakan kapan saja bila dibutuhkan. Pihak manajemen juga melibatkan polisi untuk menjaga keamanan di sekitar Pantai Firdaus.

Tak hanya faktor keselamatan dan keamanan saja yang terjamin, Pantai Firdaus juga dilengkapi sederet fasilitas pendukung lainnya yang dapat menunjang kenyamanan para yang kebetulan tengah berkunjung ke Pantai Firdaus. Misalnya saja tempat berteduh, pelampung, tampa ba spul alias tempat untuk membilas diri, dan lain sebagainya. Jika ingin sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan ombak atau sunset, Anda bisa duduk-duduk di sejumlah gazebo besar yang ada di sepanjang pesisir pantai. Namun jika perut Anda mulai terasa lapar, Anda tak perlu bingung mencari makan sebab Anda juga bisa menikmati yang dijajakan oleh kantin dan warung di sekitar pantai mulai dari pisang goreng, tahu isi, dan masih banyak lagi.

Lihat Juga:   Ingin Wisata ke Xian? Ini Info Penginapan & Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi

Apabila ingin menyewa pendopo untuk berteduh, di Pantai Firdaus tersedia 4 tipe pendopo mulai dari yang sewanya paling Rp 50 ribuan, Rp 80 ribuan, Rp 350 ribuan, hingga Rp 400 ribuan. Anda bisa memilih sendiri pendopo yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda bersama keluarga. Untuk urusan akomodasi pun juga tidak perlu repot-repot mencari, sebab di sekitar lokasi Pantai Firdaus juga terdapat penginapan berwujud cottage yang disewakan dengan rate mulai dari Rp 450 ribuan per malam.

Bangunan cottage di Pantai Firdaus cukup menarik karena mengusung desain rumah panggung khas adat Sulawesi Utara, namun tetap dihiasi dengan nuansa yang modern. Di dalam cottage tersebut sudah tersedia fasilitas yang cukup memadai seperti penyejuk ruangan atau air conditioner (AC), TV, tempat tidur yang nyaman, lemari pakaian, meja rias, dan mandi yang ukurannya cukup luas.

Satu cottage di Pantai Firdaus mampu menampung hingga 4 orang dan sudah termasuk fasilitas makan pagi (sarapan) dan minuman teh manis gratis. Yang lebih menarik, posisi cottage berada di tepi pantai. Sehingga Anda bisa menikmati indahnya bintang-bintang saat malam hari di Pantai Firdaus. Asyik kan?

Selain berkutat di Pantai Firdaus, Anda juga bisa melirik objek wisata lain yang letaknya berada di seberang Pantai Firdaus, yakni wisata Batu Nona. Di Batu Nona terdapat patung yang bentuknya menyerupai wanita cantik dan baru bisa dilihat ketika kondisi air laut sedang surut.




Tentang Dian Kartika1077 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*