Sejarah, Harga Tiket, dan Fasilitas Pantai Pandawa di Bali




Pantai Pandawa - anekatempatwisata.com
Pantai Pandawa - anekatempatwisata.com

Bali merupakan salah satu destinasi wisata populer, bahkan paling terkenal, yang dimiliki oleh Indonesia. Beragam objek wisata yang ditawarkan Pulau Dewata tersebut, tetapi yang paling banyak diburu wisatawan domestik maupun wisatawan asing adalah pantai. Namun, pada kesempatan kali ini, kita tidak membahas pantai-pantai populer seperti Pantai Kuta, Pantai Sanur, atau Pantai Nusa Dua, melainkan Pantai Pandawa.

Pantai Pandawa - anekatempatwisata.com
Pantai Pandawa – anekatempatwisata.com

Pantai Pandawa sendiri adalah salah satu kawasan wisata di area Kuta selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini terletak di balik perbukitan dan sering disebut juga sebagai Pantai Rahasia (Secret Beach). Pantai Pandawa dapat dicapai setelah menempuh perjalanan sekitar satu jam berkendara jika Anda datang dari Bandara Ngurah Rai, Denpasar.

Perjalanan dapat diarahkan dari Kuta menuju Garuda Wisnu Kencana kemudian belok kiri menuju Nusa Dua atau Bali Cliff. Anda hanya perlu memerhatikan penunjuk arah bertuliskan “Pantai Pandawa” untuk belok kiri hingga tiba di perempatan dan mengikuti jalurnya dan akhirnya tiba di kawasan Pantai Pandawa. Jalanan akan melewati tebing dan dinding bukit yang dilubangi kemudian diisi dengan lima tokoh Pandawa, sesuai namanya.

Pantai Pandawa - thetravellernews.com
Pantai Pandawa – thetravellernews.com

Kesan pertama yang didapatkan ketika Anda berkunjung ke pantai adalah spektakuler. Bukit kapur yang menjulang tertata rapi serta patung para Panca Pandawa akan menyambut Anda. Memang, di sudut dinding kapur Pantai Pandawa, terdapat lima patung para Pandawa yang memiliki tinggi masing-masing sekitar lima meter dengan lebar sekitar 2,5 meter sebagai simbol penguat tentang pantai ini. Selain patung Pandawa, di pantai ini juga terdapat patung Dewi Kunti.

Sebelum bernama Pantai Pandawa, pantai ini dulunya sempat memiliki nama Pantai Melasti. Dahulunya, di pantai ini memang sering dilakukan upacara Melasti, yang merupakan salah satu bagian dari upacara keagamaan Hindu, agama yang dianut mayoritas penduduk Bali. Pada upacara ini, umat Hindu akan bersembahyang di tepi pantai dengan tujuan untuk menyucikan diri dari segala perbuatan tidak baik di masa yang lalu.

Sekitar tahun 2010, wisatawan asing semakin penasaran dengan secret beach ini karena selain tempatnya yang masih alami dan memiliki pasir putih yang halus, pantai tersebut juga sangat cocok dijadikan tempat untuk berselancar atau surfing. Kemudian, pada tahun 2012, tepatnya tanggal 27 Desember, diadakan Pandawa Beach Festival pertama di Pantai Melasti. Sejak saat itu, pantai ini pun berganti nama menjadi Pantai Pandawa.

Ketika pertama kali tiba di pantai, Anda akan langsung disuguhi pemandangan pasir putih, lautan biru, dan embusan angin yang sejuk. Pantai Pandawa sendiri memiliki ombak yang cukup tenang dan karenanya bisa digunakan untuk berenang atau sekadar bermain air. Sementara, di sisi timur Pantai Pandawa, merupakan spot bagi para peselancar untuk menyalurkan kegemaran mereka.

Lihat Juga:   Update Harga dan Fasilitas Gracia Spa & Resort Lembang Terbaru

Selain berenang, bermain air, atau berselancar, aktivitas lainnya yang bisa dilakukan wisatawan di Pantai Pandawa adalah bersantai di bawah payung yang banyak disediakan sambil ditemani es kelapa muda atau minuman dingin untuk melawan teriknya sinar matahari. Harga sewa untuk payung dan kursi pantai sekitar Rp50 ribu untuk waktu tiga jam. Jika Anda membutuhkan sesuatu, Anda pun tinggal memanggil pelayan. Sementara, jika Anda ingin lebih berhemat, Anda bisa menikmati minuman dingin di warung-warung yang berdiri di sekitar pantai.

Di samping itu, jika nyali Anda cukup besar, Anda mungkin bisa merasakan untuk bermain kano ketika berkunjung ke Pantai Pandawa. Anda bisa melakukan olahraga kano ini dengan maksimal 3 orang untuk satu perahu. Bermain kano sendiri sebenarnya cukup aman meski Anda tidak atau kurang mahir berenang. Pasalnya, penyewa kano akan dibekali dengan pelampung dan di sepanjang pantai telah hadir beberapa lifeguard yang akan selalu  mengawasi keamanan pengunjung. Untuk menyewa kano sendiri, dibutuhkan biaya sekitar Rp50 ribu per jam, sudah termasuk jaket pelampung.

Lalu, jika ingin berkunjung ke pantai ini, berapa biaya yang dikeluarkan untuk tiket masuknya? Bumda Desa Adat Kutuh selaku pengelola kawasan wisata Pantai Pandawa mematok tiket masuk pantai dengan tarif mulai Rp4.000 per orang bagi wisatawan dalam negeri dan Rp10.000 per orang untuk wisatawan asing. Sementara, untuk biaya parkir kendaraan sepeda motor, dikenakan tarif Rp1.000, mobil atau kendaraan roda empat Rp5.000, dan bus pariwisata dikenakan tarif parkir Rp10.000.

Karena telah berkembang menjadi destinasi wisata yang populer, di sekitar Pantai Pandawa pun telah dibangun sejumlah akomodasi penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam. Berikut beberapa penginapan yang berlokasi di dekat Pantai Pandawa.

Pandawa Beach Homestay

Penginapan ini berlokasi di Jalan Alas Arum No. 37, Uluwatu, Bali. Pandawa Beach Homestay hanya berselang sekitar 5 menit berkendara dari Pantai Pandawa dan hanya berjarak sekitar 10 menit berkendara dari Garuda Wisnu Kencana. Jika wisatawan datang dari Bandara Internasional Ngurah Rai, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit berkendara untuk bisa tiba di penginapan ini.

Sebagai sebuah penginapan, Pandawa Beach Homestay menawarkan akomodasi terjangkau dan telah dilengkapi dengan fasilitas seperti akses Wi-Fi di seluruh area penginapan, tempat parkir gratis, persewaan mobil, hingga layanan antar-jemput bandara dengan biaya tambahan. Sementara, fasilitas yang tersedia di dalam termasuk teras dengan pemandangan , AC, TV layar datar, lemari es, serta kamar mandi pribadi plus shower.

Jika Anda menyewa kamar Standard Double, Anda akan dikenakan tarif mulai Rp225.000 per malam, sedangkan kamar Deluxe Double disewakan mulai Rp325.000 per malam, dan kamar Deluxe Family dipatok Rp550.000 per malam. Untuk bisa mendapatkan kamar di penginapan ini, Anda bisa melakukan melalui nomor ponsel 081236257737.

Lihat Juga:   Wisata Air Terjun di Blora, Pas untuk Refreshing

Puri Pandawa Resort

Akomodasi ini terletak di Jalan Pantai Pandawa, Banjar Jabar Pura, Kutuh, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Puri Pandawa Resort hanya berjarak 2 menit berkendara dari Pantai Pandawa. Jika Anda berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai, harus menempuh jarak sekitar 11 km untuk tiba di penginapan ini.

Merupakan salah satu akomodasi yang dinilai terbaik dan menjadi favorit di Ungasan, Puri Pandawa Resort menyediakan fasilitas olahraga air dan penyewaan sepeda dan mobil. Di samping itu, para tamu juga akan menemukan fasilitas seperti outdoor dan fasilitas barbeque. Sementara, akses Wi-Fi dan area parkir kendaraan disediakan secara gratis di penginapan ini.

Untuk kamarnya, setiap kamar telah dilengkapi dengan TV layar datar. Beberapa kamar memiliki area tempat duduk untuk bersantai. Anda dapat menikmati secangkir teh sambil mengagumi pemandangan kolam renang atau . Semua kamar juga menawarkan kamar mandi pribadi. Sementara, sandal, perlengkapan mandi gratis, dan pengering rambut disediakan untuk menambah kenyamanan Anda.

Jika Anda menyewa kamar tipe Deluxe Room, Anda harus membayar biaya sewa sebesar Rp660.000 hingga Rp720.000 per malam. Sementara, jika Anda memilih untuk menyewa kamar Suite, tarif yang dikenakan mulai Rp840.000 hingga Rp900.000 per malam. Untuk reservasi atau kamar, Anda bisa menghubungi nomor telepon (0361) 4725721.

Pandawa Beach Villa & Spa

Akomodasi ini terletak di Jalan Pantai Gumicik, Banjar Gumicik, Ketewel. Pandawa Beach Villa & Spa hanya berselang 2 menit berkendara dari Pantai Pandawa. Sementara, jika Anda datang dari Ubud, dibutuhkan waktu sekitar 15 menit berkendara untuk tiba di penginapan ini dan 30 menit berkendara jika Anda datang dari Kuta dan Seminyak.

Sebagai sebuah penginapan, Pandawa Beach Villa & Spa menawarkan fasilitas modern dan kelas atas untuk kenyamanan para tamu. Penginapan ini menyediakan layanan antar-jemput bandara dengan biaya tambahan, layanan pijat (termasuk hot tub dan ruang mandi uap) di Drupadi Spa, kelas yoga, menunggang kuda, hingga layanan tata graha dan fasilitas dapur bersama.

Untuk kamarnya, semua unit suite telah dilengkapi dengan AC, area tempat duduk, TV layar datar, pemutar DVD atau CD, dan brankas pribadi. Sementara, kamar mandi pribadinya menyediakan bathtub dan perlengkapan mandi gratis. Dengan tarif mulai Rp1,4 juta hingga Rp1,9 juta per malam, tamu sudah mendapatkan fasilitas 1 ranjang double dan 1 ranjang queen serta pemandangan kebun dan laut. Jika berencana melakukan kunjungan ke Pantai Pandawa dan berminat bermalam di penginapan ini, Anda bisa melakukan reservasi melalui telepon di nomor (0361) 294310.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan