Pesona, Fasilitas, Tiket Masuk, dan Penginapan di Pantai Indrayanti




Pantai Indrayanti - lookjogja.blogspot.co.id
Pantai Indrayanti - lookjogja.blogspot.co.id

Kabupaten Gunung Kidul merupakan salah satu kawasan di yang menyimpan banyak objek wisata menarik, terutama pantai di Laut Selatan. Dan, salah satu objek wisata pantai menarik di daerah Gunung Kidul ini adalah Pantai Pulang Syawal atau biasa disingkat dengan Pantai Pulsa, atau masyarakat lebih mengenalnya sebagai Pantai Indrayanti.

Pantai Indrayanti - visitingjogja.com
Pantai Indrayanti – visitingjogja.com

Memiliki nama yang lebih mirip nama wanita Jawa, Pantai Indrayanti terletak di Dusun Ngasem, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, dan berdekatan dengan destinasi wisata populer lainnya di kawasan tersebut, seperti Pantai Baron dan Pantai Krakal. pantai ini terletak tepat di sebelah timur Pantai Sundak, dan kedua pantai dibatasi dengan perbukitan karang.

Untuk mencapai pantai ini, pengunjung bisa menempuh selama 2 jam berkendara dalam jarak 70 km dari pusat kota Yogyakarta. Jika berangkat dari Yogyakarta, maka rute yang ditempuh untuk menuju pantai ini adalah Kota Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Arah Hutan Bunder – Gading – Logandeng – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jl. Kyai Legi – Jl. Lingkar Selatan – Jl. KRT Djojodinigrat – Jln Girisubo – Wonosari – Jl. Saptosari – Tepus – (sebelum masuk Pantai Baron ambil ke timur) Pantai Sundak – Somandeng – Pantai Indrayanti.

Pantai Indrayanti - lookjogja.blogspot.co.id
Pantai Indrayanti – lookjogja.blogspot.co.id

Seperti diutarakan sebelumnya, Pantai Indrayanti ini sebenarnya memiliki nama resmi Pantai Pulang Syawal yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul. Sementara, pemberian Pantai Indrayanti ini diambil dari nama pemilik sebuah restoran yang ada di kawasan tersebut. Hal ini bermula dari papan nama “Indrayanti” yang terpampang di depan restoran sehingga kemudian masyarakat setempat dan wisatawan lebih mengenal pantai tersebut dengan nama Pantai Indrayanti.

Sebagai sebuah objek wisata, Pantai Indrayanti tergolong pantai yang sangat bersih dan memiliki pemandangan yang lebih indah dibandingkan pantai-pantai lain di kawasan Gunung Kidul. Kebersihan Pantai Indrayanti tidak lepas dari peran pihak swasta yang cukup membawa dampak positif. Pihak pengelola pantai bahkan tidak segan-segan menjatuhkan denda sekitar Rp10 ribu atau hukuman pada para pengunjung yang membuang sampah di sembarang tempat. Cara ini pun dianggap membuat Pantai Indrayanti tetap terjaga kebersihannya.

Selain lingkungan yang bersih, salah satu keunggulan lain yang ditawarkan Pantai Indrayanti adalah panorama alam yang memesona. Bukit karang, hamparan pasir putih, dan air laut yang jernih merupakan beberapa keindahan yang ditawarkan Pantai Indrayanti ini. Ketika senja, pengunjung pun dapat langsung melihat sunset (matahari terbenam) dengan spot yang sempurna.

Wisatawan dapat mencoba pengalaman seru dengan berjalan kaki menuju bukit di arah timur. Di sini, memang tidak ada jalan khusus, sehingga Anda harus sedikit ekstrem dengan menerobos semak dan perdu serta sesekali memanjat karang. Mungkin Anda akan sedikit kelelahan, namun hal tersebut akan terbayar lunas ketika Anda sudah sampai di puncak bukit tersebut.

Dari atas puncak bukit ini, Anda dapat menyaksikan bentangan Samudera Hindia yang begitu luas terhampar di sepanjang horizon yang terlihat. Burung camar juga sesekali terbang melintas dengan membawa paruh membawa ilalang untuk membuat sarang diselingi desau angin laut dan deru ombak, yang serupa orchestra alam yang sungguh menawan hati. Indah dan menenangkan. Saat senja tiba, di sinilah spot terbaik untuk mendapatkan sunset di Pantai Indrayanti yang paling menawan.

Ketika malam hari tiba, Pantai Indrayanti juga mampu menghadirkan suasana yang berbeda. Gazebo-gazebo yang berjajar di pinggir pantai terlihat sangat indah dengan diterangi kerlip redup sinar lampu. Jika Anda datang berkunjung bersama pasangan atau kekasih Anda, Anda dapat menemukan nuansa romantis yang kental di kawasan pantai tersebut. Pengalaman ini terasa lengkap ketika bersantap malam bersama orang tercinta dengan ditemani embusan angin laut dan suara ombak.

Selain keindahan pantai, di kawasan Pantai Indrayanti, wisatawan juga dapat menikmati aneka kuliner. Wisatawan dapat menemukan sajian nasi goreng, bakso, soto, gudeg, dan lain-lainnya. Tetapi, karena berada di pantai, menu yang ada di Pantai Indrayanti tentu saja lebih didominasi oleh hidangan seafood.

Lihat Juga:   Update Harga Tiket Masuk Taman Wisata Karang Resik Tasikmalaya

Harga Tiket Masuk dan

Harga tiket masuk Pantai Indrayanti atau Pulang Syawal sebesar Rp10 ribu per orang. Untuk parkir motor atau mobil, sekitar Rp4 ribu hingga Rp5 ribu. Dengan biaya tersebut, wisatawan juga dapat berkunjung ke pantai-pantai lainnya, semisal Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Sundak, dan Pantai Pok Tunggal.

Di samping itu, dengan biaya sebesar Rp10 ribu, wisatawan sudah menemukan fasilitas seperti kafe, restoran, permainan jet ski, musala, mandi, hingga panggung. Tetapi, untuk bermain permainan seperti jet ski atau menggunakan gazebo, wisatawan perlu merogoh kocek tambahan sebagai biaya sewa.

Jika ingin bermain jet ski, tarif yang dipatok mulai Rp250 ribuan per 15 menit. Sementara, jika wisatawan ingin menggunakan fasilitas gazebo, bisa menyewanya dengan biaya mulai Rp30 ribu. Untuk fasilitas payung pantai dan alasnya, dibutuhkan biaya sewa mulai Rp20 ribu dan menggunakan fasilitas toilet umum, diperlukan biaya mulai Rp2 ribu hingga Rp5 ribu. Adapun untuk musala dan permainan anak, tidak ada biaya sewa alias gratis.

Akomodasi

Lalu, bagaimana dengan akomodasi penginapan? Akomodasi penginapan memang diperlukan, terutama untuk memfasilitasi wisatawan yang datang dari luar daerah dan ingin bermalam. Sebenarnya, ada beberapa penginapan yang telah disediakan di kawasan Pantai Indrayanti dengan berbagai konsep dan dipatok dengan tarif kamar mulai Rp100 ribu hingga Rp750 ribuan per malam. Berikut kami sajikan penginapan di kawasan Pantai Indrayanti.

1. Penginapan Griya Pesisir

Penginapan Griya Pesisir merupakan akomodasi yang berlokasi paling dekat dengan bibir pantai dibandingkan penginapan lainnya. Berada persis di samping timur Restoran Indrayanti atau persis di depan tempat parkir kendaraan atau samping tikungan jalan, penginapan ini memiliki bangunan dengan dua lantai dan mayoritas menggunakan material kayu.

Di lantai pertama, wisatawan akan menemukan area parkir mobil tamu, dapur, serta tempat duduk. Sementara, di lantai dua, terdapat 3 buah kamar dan balkon yang luas dengan view langsung menghadap pantai. Ukuran kamar di penginapan ini sendiri cukup luas, yaitu sekitar 4 x 5 meter sehingga bisa digunakan untuk tamu rombongan berjumlah 5 atau 6 orang.

Fasilitas yang disediakan di Penginapan Griya Pesisir untuk tiap-tiap kamarnya mencakup double bed, kipas angin, wastafel, kamar mandi dengan toilet duduk, shower, sabun, dan handuk. Air panas dan dingin serta minuman kopi dan teh juga tersedia di pagi hari, selain sarapan nasi goreng. Dengan tarif kamar mulai Rp700 ribuan hingga Rp750 ribuan per malam, wisatawan bisa langsung melakukan reservasi melalui nomor ponsel 087738017351.

2. Walet Guest House

Alternatif penginapan lainnya di kawasan Pantai Indrayanti adalah Walet Guest House. Terletak tidak jauh dari Penginapan Griya Pesisir, akomodasi ini juga berada di lokasi yang strategis karena berada di pinggir jalan utama dan dekat dengan pantai, tepatnya di depan Restoran Indrayanti. Secara keseluruhan, bangunan penginapan ini tampak bagus dengan lingkungan yang tertata apik dan bersih.

Secara total, Walet Guest House menyediakan camping ground dan 13 kamar berukuran 3 x 3 meter atau 3 x 5 meter  yang telah dilengkapi dengan fasilitas seperti AC, double bed atau twin bed, kamar mandi pribadi plus shower, hinga teras dan common lobby. Dengan tarif kamar mulai Rp350 ribuan per malam, wisatawan bisa melakukan booking kamar melalui nomor ponsel 087838601129 atau 085200175454.

3. Bamboo Lengkung Cottages

Akomodasi ini berada di sebelah utara Pantai Indrayanti, atau lebih tepatnya di kompleks Penginapan Watu Kelir, Pantai Indrayanti, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk menuju Pantai Indrayanti, para tamu hanya perlu melakukan perjalanan sekitar 200 meter dari penginapan ini. Selain itu, penginapan ini juga berlokasi tidak jauh dari Pantai Sundak (0,64 km), Pantai Pok Tunggal (1,07 km), dan Pantai Sadranan (1,10 km).

Lihat Juga:   Fasilitas, Tiket Masuk, dan Penginapan di Pantai Sambolo 2 Banten

Sesuai namanya, Bamboo Lengkung Cottages hadir dengan bangunan bernuansa serba bambu dan telah dilengkapi dengan 19 kamar, yang 10 kamar di antaranya didesain dengan bambu dan 9 kamar lainnya merupakan bangunan permanen. Berikut tarif masing-masing kamar di Bamboo Lengkung Cottages beserta fasilitasnya.

Tipe KamarTarif per Malam (Rp)Fasilitas
Large Room AC450.000AC, double bed, TV, kamar mandi dalam plus shower dan toilet duduk, sarapan 2 orang, kapasitas 4-6 orang
Large Room Non-AC400.000Double bed, kipas angin, TV, kamar mandi dalam plus shower dan toilet duduk, sarapan 2 orang, kapasitas 4-6 orang
Small Room AC350.000AC, single bed, TV, kamar mandi dalam plus shower dan toilet duduk, sarapan 2 orang, kapasitas 2-3 orang
Small Room Non-AC300.000Single bed, kipas angin, TV, kamar mandi dalam plus shower dan toilet duduk, sarapan 2 orang, kapasitas 2-3 orang
Large Room Permanent AC450.000AC, double bed, TV, kamar mandi dalam plus shower dan toilet duduk, air panas, sarapan 2 orang, kapasitas 4-6 orang
Large Room Permanent Non-AC400.000Double bed, kipas angin, TV, kamar mandi dalam plus shower dan toilet duduk, air panas, sarapan 2 orang, kapasitas 4-6 orang

Jika Anda membutuhkan makanan berlebih, Anda bisa langsung menuju ke Kedai Sarwo Echo yang terletak di antara bangunan bambu dan permanen penginapan ini. Jika berminat, Anda bisa langsung melakukan reservasi melalui nomor ponsel 082322354540 atau melalui Instagram di akun @bamboo.lengkung_indrayanti.

4. Joglo Watu Kelir

Penginapan Joglo Watu Kelir, atau biasa disebut Joglo Watu Kelir saja, berada sekitar 200 meter dari Restoran Indrayanti. Akomodasi ini merupakan salah satu akomodasi murah yang terletak di dekat Pantai Pulang Indrayanti (hanya sekitar 80 meter dari bibir pantai), selain Walet Guest House atau Griya Bamboo Lengkung.

Ada sekitar 4 unit kamar yang disediakan pengelola Joglo Watu Kelir dengan ukuran masing-masing 4 x 4 meter. Fasilitas yang disediakan di tiap kamar meliputi ranjang spring bed berukuran 2 x 1,8 m, TV, kipas angin, kamar mandi dalam, peralatan mandi (termasuk sabun dan sampo), serta busa tambahan sesuai pesanan.

Dengan fasilitas yang tergolong memadai dan letak penginapan yang strategis, kamar di Joglo Watu Kelir ditawarkan dengan tarif mulai Rp400 ribuan per malam pada saat liburan. Jika hari-hari biasa, tarif kamar di penginapan ini bisa lebih murah. Untuk reservasi kamar dan informasi lebih lanjut, bisa menghubungi nomor telepon 081904044481, 082327377377, atau PIN BB 2B65C3FF.

5. Rock Garden Homestay

Sebenarnya, akomodasi ini berlokasi di kawasan Pantai Sundak, tepatnya di Jalan Raya Sundak, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Meski demikian, Rock Garden Homestay berada tidak jauh dari Pantai Indrayanti, atau hanya berjarak 0,60 km dari pantai tersebut. Penginapan ini juga terletak dekat dengan Pantai Sadranan (0,62 km) dan Pantai Krakal (1,19 km).

Secara umum, Rock Garden Homestay menyediakan dua tipe penginapan yang bisa disewa, yaitu berupa kamar-kamar dan rumah. Sementara, fasilitas yang disediakan di penginapan ini mencakup ranjang, TV, kipas angin, dan kamar mandi dalam untuk tiap kamarnya, atau kamar tidur, kamar mandi dalam, ruang , kursi santai, TV, dan kipas angin untuk model rumah. Berikut tarif yang dipatok Rock Garden Homestay.

Tipe PenginapanTarif per Malam (Rp)
Standard Room200.000
Standard Room with TV250.000
House (kapasitas 10 orang)650.000

Tarif di atas tersebut sudah termasuk pajak, namun tanpa sarapan. Jika Anda berminat, Anda bisa langsung melakukan reservasi melalui nomor ponsel 082225317339.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan