Dimana Gili Labak? Apa Saja Fasilitasnya?




Gili Labak (sumber: piknikasik.com)
Gili Labak (sumber: piknikasik.com)

Banyak orang bertanya, di mana Gili Labak? Gili Labak merupakan pulau kecil di yang kebanyakan penduduknya berprofesi sebagai nelayan.[1] Tak heran, banyak kapal berlalu lalang di sekitar pulau. Pemandangan ini membuat kawasan tersebut menjadi indah dan disukai banyak turis lokal maupun asing. Selain itu, pulau ini memiliki pasir putih yang indah dengan masuk gratis.

Terletak di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Gili Labak merupakan pulau yang dulunya disebut Pulau Tikus, karena terdapat banyak sarang tikus di sana. Seiring berjalannya waktu dengan bertambahnya penduduk, hampir tidak ada tikus hutan yang muncul dan yang tersisa hanyalah keindahan panorama pulau dengan pantai berpasir putih yang lembut.

Meskipun termasuk bagian dari Pulau Madura, Gili Labak letaknya cukup jauh dari pusat Pulau Garan dan harus menyeberang laut. Dari Madura menuju pulau ini, Anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 jam menggunakan perahu super cepat atau speedboat. Supaya lebih mudah, Anda harus pergi ke Sumenep dulu.

Dari Surabaya, Anda bisa menumpang pesawat yang melayani Surabaya-Sumenep dalam waktu sekitar 35 menit. Jika Anda merasa terlalu mahal, Anda bisa menggunakan darat dari Terminal Purabaya ke Sumenep menggunakan bus. Setelah tiba di Sumenep, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan beberapa rute berikut.

Rute Menuju Gili Labak dari Sumenep

Berlayar menuju Gili Labak (sumber: republika.co.id)
Berlayar menuju Gili Labak (sumber: republika.co.id)
  • Pelabuhan Kalianget. Kebanyakan awam biasanya menggunakan kapal dari Pelabuhan Kalianget menuju Gili Labak, karena di sini bisa langsung mencari perahu untuk berlayar ke pulau. Anda bisa memilih perahu sendiri dengan kapasitas rombongan atau individu.
  • Desa Lobuk. Bagi Anda yang ingin sekalian berwisata desa atau ingin mengetahui keasrian desa di daerah Sumenep, bisa melewati Desa Lobuk. Pergilah ke dermaga Desa Lobuk untuk mencari kapal kosong yang bisa Anda tumpangi ke Pulau Gili Labak. Biasanya Anda harus memesan terlebih dahulu untuk mendapatkan nomor antrian.
  • Tanjung Saronggi. Dari Sumenep, Anda bisa ke arah timur dan akan menemukan pertigaan Saronggi. Tak jauh dari pertigaan ini, ada sebuah dermaga dengan banyak perahu yang siap membawa Anda ke Gili Labak.
  • Desa Kombang. Salah satu rute menuju Pulau Gili Labak yang agak rumit, tetapi disukai oleh banyak wisatawan backpacker, adalah melalui Desa Kombang. Desa yang terletak di Kecamatan Talango ini bisa membawa Anda ke pulau dalam waktu yang lebih singkat tanpa menyeberang. Meskipun begitu, Anda perlu menyiapkan nyali untuk perjalanan yang sedikit berkelok-kelok dan berbatu.
Lihat Juga:   Tarif Relique Spa Cabang Pekalongan dan Cilacap

Sebelum Anda sampai di Gili Labak, pastikan Anda berkunjung di waktu yang tepat. Meskipun pulau tersebut buka selama 24 jam, sebaiknya Anda datang saat laut sedang surut, karena ombaknya tidak terlalu besar dan tidak berisiko mabuk laut saat Anda melakukan penyeberangan.

Pantai di Gili Labak (sumber: yukpigi.com)
Pantai di Gili Labak (sumber: yukpigi.com)

Tiba di pulau tersebut, Anda bisa langsung menikmati view pantai yang indah tanpa harus membayar tiket masuknya. Bisa dibilang, tiket masuk ke pulau atau pantai Gili Labak gratis. Di tempat ini, tidak ada yang namanya loket tiket masuk, hanya ada pondokan yang menyewakan alat-alat renang dan snorkeling. Memang, keindahan bawah laut di pulau ini sayang untuk dilewatkan. Bagi Anda yang masih awam dalam hal snorkeling atau berenang, Anda tidak perlu khawatir, karena ombak di sekitar pantai tidak terlalu kencang, sehingga aman.

Lihat Juga:   Info Terbaru Harga Tiket Masuk Hauwke’s Auto Gallery Jakarta, Tempat Koleksi Mobil Antik

Selain bisa snorkeling atau berenang, Anda juga bisa menikmati berbagai wahana lain yang ada di pulau. Anda bisa menyewa ATV untuk berkeliling pulau, menyewa kapal untuk menjelajahi pinggir pantai, hingga naik banana boat yang seru. Semua wahana ini aman dan bisa Anda kapan pun selama di Gili Labak.

Wahana dan Sewa Kapal ke Gili Labak

Menurut pelancong yang pernah ke Gili Labak, tarif sewa kapal dari Sumenep ke pulau itu sekitar Rp250 ribuan. Sementara itu, untuk menikmati semua wahana di Pantai Gili Labak berkisar Rp200 ribuan hingga Rp300 ribuan per orang. sewa kapal dan wahana di Gili Labak tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Romadhon, Agus. 2014. Strategi Konservasi Pulau Kecil Melalui Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan (Studi Kasus Pulau Gili Labak, Sumenep). Jurnal Kelautan Universitas Trunojoyo Madura, Vol. 7(2): 86-93.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan