Belum Punya KTP? Anda Bisa Naik Pesawat Pakai KK (Kartu Keluarga)




Naik Pesawat Pakai KK (Kartu Keluarga) - www.gobankingrates.com
Naik Pesawat Pakai KK (Kartu Keluarga) - www.gobankingrates.com

Dibandingkan transportasi darat atau laut, pesawat terbang memang sering dipilih banyak orang untuk bepergian jauh, salah satunya karena lebih dapat menghemat waktu. Nah, untuk bisa bepergian melalui udara, ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi calon penumpang, salah satunya memiliki ( elektronik). Sementara, untuk mereka yang belum berusia 17 tahun dan belum punya , diperbolehkan menyertakan KK atau Kartu untuk bisa naik pesawat.

Pertumbuhan penumpang angkutan udara di Indonesia dari hari ke hari memang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Menurut data INACA pada tahun 2015 misalnya, pertumbuhan rata-rata pengguna jasa angkutan udara pada rute internasional dan domestik masing-masing 5,07 persen dan 1,95 persen.[1] Peningkatan jumlah penumpang ini antara lain karena transportasi udara dinilai efektif, cepat, aman, dan nyaman.[2]

Selain itu, keberadaan maskapai dengan konsep low cost carrier (LCC) juga membuat layanan transportasi udara semakin digemari. LCC sendiri dapat dikatakan sebagai model penerbangan dengan menerapkan strategi penurunan operasional (operating cost) dan efisiensi di semua lini. Karakteristik maskapai ini adalah penerbangan berbiaya murah, menghilangkan tipe kelas bisnis dalam layanan, mengurangi atau menghilangkan beberapa layanan dalam pesawat, menyederhanakan proses ticketing, serta beroperasi pada penerbangan jarak pendek.[3]

Terlepas dari apakah Anda menumpang pesawat premium atau LCC, ada sejumlah persyaratan yang wajib Anda penuhi jika ingin terbang ke suatu daerah. Anda tidak hanya perlu menyiapkan paspor atau visa (terutama untuk tujuan ke luar negeri), tetapi juga harus mempersiapkan sejumlah kebutuhan lain, termasuk serta kartu identitas yang masih berlaku.

Lihat Juga:   Update Fasilitas Menginap Gratis dan Berbayar di Bandara Changi Singapura
Naik Pesawat - www.smartertravel.com
Naik Pesawat – www.smartertravel.com

Panduan Naik Pesawat Terbang

  • Hal pertama, dan utama, yang perlu diperhatikan tentu saja Anda harus memiliki tiket pesawat. Sekarang, cara mendapatkan tiket penerbangan semakin mudah. Anda tidak harus datang ke , tetapi juga bisa memesan secara online melalui situs resmi maskapai atau sejumlah situs e-commerce dan perjalanan. Karena harga tiket pesawat fluktuatif, Anda disarankan untuk memesan jauh-jauh hari sebelum hari H.
  • Sebelum Anda menyiapkan barang bawaan, perhatikan juga ketentuan bagasi yang diterapkan maskapai penerbangan. Masing-masing maskapai punya kebijakan tersendiri mengenai barang bawaan yang diperbolehkan dibawa ke kabin, termasuk beratnya. Jika Anda membawa barang melebihi jumlah bagasi yang ditetapkan, Anda akan diminta untuk membayar kelebihannya.
  • Usahakan untuk datang ke bandara dua atau tiga jam lebih awal dari jam keberangkatan. Pasalnya, Anda tidak akan mengetahui hambatan apa saja yang akan menghadang ketika dalam perjalanan. Selain itu, setibanya di bandara, Anda masih harus mengurus keperluan di imigrasi, mencari tempat check-in, waiting room, atau gerbang keberangkatan.
  • Setelah tiba di bandara, Anda harus memastikan bahwa Anda berada di yang tepat. Pasalnya, sejumlah bandara berkelas internasional, seperti Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau Bandara Internasional Juanda, punya ukuran yang sangat luas. Jarak antara satu terminal dengan terminal lainnya pun lumayan jauh. Sehingga, akan sangat merepotkan jika Anda salah terminal.
Lihat Juga:   Daftar Lengkap Penginapan Terjangkau di Dekat Stasiun Madiun

Tunjukkan KTP atau KK Sebelum Naik Pesawat

Persyaratan lainnya yang juga wajib Anda lakukan sebelum melakukan penerbangan adalah menunjukkan tiket dan juga kartu identitas. Umumnya, petugas akan meminta Anda untuk menunjukkan KTP (atau paspor jika hendak ke luar negeri). Nah, untuk mereka yang belum genap 17 tahun atau belum memiliki KTP, dokumen ini dapat diganti dengan kartu pelajar atau kartu mahasiswa.

Suasana di dalam Pesawat - djaunter.com
Suasana di dalam Pesawat – djaunter.com

Sebagai dokumen pelengkap, berdasarkan keterangan resmi Angkasa Pura Airports, calon penumpang yang belum cukup umur juga diwajibkan membawa fotokopi Kartu Keluarga atau KK atau bisa juga meminta surat keterangan dari RT setempat yang menyatakan bahwa Anda belum memiliki KTP. Selain itu, sebagai pengganti KTP, calon penumpang bisa menunjukkan kartu identitas lain yang masih berlaku, seperti SIM dan buku nikah, namun harus yang asli, bukan fotokopi.

[1] Rachmansyah, M. Iqbal dan Nahdalina. 2017. Pengaruh Penyeimbangan Pergerakan Pesawat terhadap Peningkatan Kinerja Bandara (Studi Kasus: Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Warta Ardhia Jurnal Perhubungan Udara, Vol. 43(1): 13-26.

[2] Syukriawati, Rani, dkk. 2016. Pengaruh Jumlah Penumpang dan Jumlah Kendaraan terhadap Pendapatan Jasa Parkir di Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufri Palu. e-Jurnal Katalogis, Vol. 4(9): 95-106.

[3] Yowanda, Hawa Bunga dan M. Kholid Mawardi. 2017. Strategi Pemasaran Penerbangan Berkonsep Low Cost Carrier (LCC) dan Daya Saing Perusahaan (Studi pada Maskapai Penerbangan PT Garuda Indonesia Citilink). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Universitas Brawijaya, Vol. 51(2): 168-178.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan