Liburan Hemat di Alun-Alun Kota Batu, Salah Satu Alun-Alun Terindah di Indonesia




Ikon wahana di Alun-alun Kota Batu
Ikon wahana di Alun-alun Kota Batu

Alun-alun merupakan destinasi yang paling lumrah untuk didatangi saat berkunjung ke sebuah kota. Pasalnya, alun-alun biasanya merupakan ikon yang menjadi ciri dari kota yang sedang dikunjungi. Bahkan, ada beberapa kota yang menjadikan alun-alun sebagai salah satu destinasi wisata andalan mereka.

Nah, pada 2018 lalu, GNFI membuat daftar sepuluh alun-alun terindah di Indonesia. Di antara daftar tersebut, salah satu yang dianggap paling indah adalah Alun-Alun Kota Batu. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, namun penataannya yang baik dan fasilitasnya yang lengkap, membuat salah satu situs berita tersebut memasukkan alun-alun yang masyhur dengan tugu apelnya ini ke dalam daftar.

Alun-Alun Kota Batu sendiri dapat Anda temukan di Jalan Diponegoro, Sisir, Kota Batu, Jawa Timur. Mirip dengan layout alun-alun di Indonesia pada umumnya, di dekat pusat kegiatan masyarakat Batu tersebut juga terdapat Masjid Agung.

Alun-Alun Kota Batu

Alun-alun Kota Wisata Batu
Alun-alun Kota Wisata Batu

Meski Batu baru resmi menjadi kota yang otonom pada tahun 2001, namun Alun-Alun Kota Batu memiliki sejarah yang cukup panjang, karena sudah dibangun sejak abad ke-17 oleh pemerintah kolonial Hindia . Awalnya, alun-alun tersebut hanyalah sebuah untuk mempercantik area perkantoran pemerintah kolonial. Lalu, pada tahun 1942, tersebut akhirnya difungsikan sebagai pusat kegiatan masyarakat (alun-alun) Batu. Namun, oleh masyarakat, alun-alun tersebut lebih dikenal dengan sebutan Tari Banyu, karena di tengahnya terdapat air mancur yang airnya dianggap bergerak seperti menari.

Lihat Juga:   Fasilitas dan Biaya Tiket Wisata Green Canyon

Setelah diresmikan sebagai alun-alun pada 1942, alun-alun tersebut baru direnovasi kembali saat masuk zaman Orde Baru, yakni tahun 1970. Saat renovasi, ditambahkan tugu apel sebagai simbol bahwa Kota Batu (dulu Kecamatan Batu) merupakan produsen apel terbesar di Indonesia.

Setelah resmi menjadi kota otonom, Alun-Alun Kota Batu mengalami dua kali renovasi besar, yakni pada tahun 2002 dan 2007. Saat renovasi pertama, lingkungan alun-alun dipercantik dengan ditanami aneka bunga warna-warni. Sementara, pada renovasi yang kedua, berbagai macam dibangun seperti pusat , air mancur, ferris wheel, dan arena bermain anak.

Kegiatan di Alun-Alun Kota Batu

Ketika traveling ke Kota Apel, Alun-Alun Kota Batu memang menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Pasalnya, tempat tersebut mudah dijangkau dan Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya ketika mengunjunginya.

Loket dan pintu masuk wahana Ferris Wheel
Loket dan pintu masuk Ferris Wheel

Tak hanya itu, di Alun-Alun Kota Batu juga terdapat banyak spot foto yang menarik dan juga beragam wahana yang sayang jika tidak dicoba. Nah, bila Anda belum pernah ke Alun-Alun Kota Batu sebelumnya, kami berikan beberapa tips kegiatan yang bisa Anda coba.

  • Naik Ferris Wheel, merupakan suguhan utama yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di Alun-Alun Kota Batu, apalagi untuk Anda yang sedang bepergian bersama orang terkasih. Ketika menaiki bianglala, Anda bisa menikmati pemandangan Kota Batu dan pegunungan yang mengelilinginya. Waktu terbaik untuk menaikinya adalah saat senja atau di malam hari. Nah, untuk bisa menaiki ferris wheel, harga tiket yang dipatok tidak terlalu mahal. Anda cukup membayar Rp5.000 dan Anda bisa menikmati sekali putaran bianglala dengan durasi sekitar 2-3 menit.
  • Taman Bermain Anak, Alun-Alun Kota Batu juga merupakan tempat rekreasi yang tepat jika Anda datang bersama dengan buah hati. Pasalnya, di komplek alun-alun tersedia banyak permainan yang sengaja dibuat untuk anak-anak. Namun, patut untuk diketahui, tempat bermain tersebut hanya bisa digunakan oleh anak-anak usia di bawah 12 tahun.
  • Kulineran, Anda bisa menikmati beragam kuliner yang menggugah selera, mulai dari jajanan ringan hingga makanan berat. Akan tetapi, ketika berada di sana, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi legitnya ketan yang dilengkapi dengan berbagai macam toping di Ketan Legenda 1967.
Lihat Juga:   Wisata Murah di Sekitar Pantai Anyer - Banten




Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*