Lokasi dan Tiket Air Terjun Kembar Banyuwangi, Spot Menyegarkan Dekat Gunung Ijen




Air Terjun Kembar Banyuwangi - m.merdeka.com
Air Terjun Kembar Banyuwangi - m.merdeka.com

Berwisata ke Banyuwangi, belum lengkap rasanya jika Anda tidak melihat betapa indahnya alam yang disuguhkan. Dari sekian banyak spot alam di Bumi Blambangan, keindahan Kembar telah mampu menarik banyak pelancong untuk mampir. Selain itu, harga tiket masuk menuju destinasi ini terbilang cukup terjangkau, sehingga cocok untuk Anda yang sedang backpackeran ke Banyuwangi.

Kabupaten Banyuwangi sendiri merupakan daerah dengan wilayah terbesar di Provinsi , dan terletak di ujung Pulau Jawa. Wilayah Banyuwangi membentang dari dataran tinggi ke dataran rendah dengan kekayaan dan potensi sumber daya alam melimpah. Kekayaan alam yang melimpah menjadi daya tarik di sektor pariwisata yang sangat beragam. Terdapat pemandangan alam , , taman nasional, hingga air terjun di daerah ini.[1]

Memang, di Lumbung Padi tersebut, sudah terdapat banyak sekali air terjun yang indah, namun pesona Air Terjun Kembar bisa dikatakan lain daripada yang lain. Bahkan, banyak turis dari luar yang rela menghabiskan waktu berjam-jam di perjalanan demi melihat keindahan Air Terjun Kembar.

Lokasi Air Terjun Kembar

Berlokasi di Dusun Krajan, Kampung Anyar, Glagah, Banyuwangi, Air Terjun Kembar atau yang biasa disebut dengan Air Terjun Jagir, kerap kali menjadi buah bibir para pelancong yang pulang ke kampung halaman. Memang, keindahan air terjun ini tidak bisa dipungkiri lagi, karena Anda bahkan bisa melihat tiga air terjun sekaligus.

Air Terjun Kembar Banyuwangi - www.inews.id
Air Terjun Kembar Banyuwangi – www.inews.id

Letak yang tidak jauh dari Kantor Desa Kampung Anyar membuat air terjun tersebut dapat dijangkau dengan mudah. Seringkali turis yang bingung arah, akan mampir ke balai desa untuk menanyakan rute perjalanan. Dari Kantor Desa Kampung Anyar, sebenarnya Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 6 menit ke arah utara Jl. Perkebunan Kalibendo. Patokan yang paling mudah, Air Terjun Kembar berada tepat sebelum Masjid Al-Hadi dan sesudah Ijen Osing Homestay.

Lihat Juga:   The Singhasari Villa, Punya Service Butler dan Fasilitas Kelas Premium di Batu

Sementara itu, bagi Anda yang datang dari arah Bondowoso, Anda harus mengikuti jalan menuju arah Jl. Kawah Ijen di Pondok Jeruk. Melewati Jl. Kawah Ijen, Anda akan sampai di Jl. Perkebunan Kalibendo di Dusun Krajan. Lurus saja hingga Anda menemukan Air Terjun Kembar. Dari Bondowoso menuju Air Terjun Jagir ini, waktu tempuhnya sekitar 2,5 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Masih ada beberapa rute lain yang bisa Anda jadikan sebagai jalan alternatif menuju Air Terjun Kembar, seperti lewat Jember dengan waktu tempuh sekitar 3 jam, atau lewat Situbondo dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 44 menit menggunakan kendaraan bermotor. Anda bisa memilih jalur atau rute yang menurut Anda paling dekat dari kota asal Anda. Jika Anda kebingungan dengan rute di atas, Anda bisa bertanya pada penduduk lokal atau menggunakan GPS pada kendaraan Anda.

dan Keindahan Air Terjun Kembar

Bagi Anda yang membawa kendaraan bermotor, sebelum memasuki area wisata air terjun, Anda perlu memarkirkan kendaraan terlebih dahulu di area sekitar. Tempat parkir yang telah disediakan terbilang cukup luas dengan tanah lapang berumput dan tanah yang agak gembur. Di beberapa titik area parkir, terdapat pemisah antara area khusus untuk kendaraan beroda dua dan beroda empat.

Lihat Juga:   Fasilitas dan Harga Tiket Wahana Wisata Ocean Ecopark Ancol

Setelah memarkir kendaraan, Anda bisa langsung berjalan kaki menuju spot air terjun. Air terjun pertama terletak di bawah badan jalan dengan ketinggian sekitar 10 m, dan inilah air terjun kembar. Anda bisa melihat dua air terjun yang airnya saling mengisi sumber mata air di bawahnya.

Air Terjun Kembar Banyuwangi - travel.detik.com
Air Terjun Kembar Banyuwangi – travel.detik.com

Setelah itu, Anda bisa jalan lagi ke belakang rumah warga. Air terjun kedua yang Anda lihat disebut dengan Air Terjun Bersaudara. Sementara itu, ada lagi air terjun ketiga yang lokasinya sedikit masuk ke dalam dan Anda harus menyusuri jalan berbatu, melewati aliran sumber, sebelum sampai di lokasi.

Ketiga air terjun memiliki suasana yang asri dengan area sekitar yang ditumbuhi dengan pepohonan atau tumbuhan perdu. Di bagian sisi setiap air terjun, terdapat bebatuan yang biasanya dijadikan sebagai spot untuk duduk bersantai dan selfie. Selain foto-foto dan bersantai, Anda juga bisa piknik di area air terjun.

Masuk Air Terjun Kembar

Bagi Anda yang ingin menikmati tiga air terjun tersebut, Anda tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Sementara itu, menurut orang yang pernah berkunjung ke Air Terjun Kembar, Anda harus membayar parkir mulai Rp2 ribuan untuk kendaraan beroda dua dan Rp5 ribuan untuk kendaraan beroda empat. parkir tersebut tentunya tidak terikat dan dapat berubah sesuai dengan kebijakan petugas parkir Air Terjun Kembar.

[1] Kusuma, Bayu Mitra Adhyatma. 2014. Pembangunan Terintegrasi dalam Mewujudkan Kota Pariwisata Bertaraf Internasional: Studi Kasus di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. JKMP, Vol. 2(2): 117-130.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan