Ingin Coba Solo Traveler? Ini Kisaran Biaya, Tips, & Panduan Wisata ke Eropa Sendiri

Lucerne Swiss - www.switzerland-tours.ch

sendiri atau solo traveling belakangan ini memang cukup populer. Tidak hanya didominasi kalangan pria saja, banyak juga backpacker wanita yang nekat liburan sendiri ke luar kota, luar pulau, bahkan hingga ke luar negeri. Jika Anda memang backpacker sejati dan mempunyai tekat kuat untuk berpetualang, tak ada salahnya untuk memberanikan diri ke Eropa sendiri. Tak perlu takut, sebab sudah banyak orang yang membuktikan bahwa wisata ke Eropa sendiri ternyata tidak seburuk yang dibayangkan.

Praha Republik Ceko - travel.tribunnews.com

Praha Republik Ceko – travel.tribunnews.com

Bahkan beberapa solo traveler mengaku mendapat banyak kenalan dan juga pengalaman dari perjalanan ‘nekat’-nya ke benua lain tersebut. Berbeda dengan liburan bersama teman atau keluarga, ada lebih banyak persiapan yang perlu Anda pikirkan sejak jauh-jauh hari jika memutuskan untuk wisata ke Eropa sendiri. Maklum saja, semua itinerary mulai dari tiket pesawat, penginapan, transportasi, hingga masuk objek wisata harus Anda tanggung sendiri selama berada di Eropa.

Nah, sebelum memulai perjalanan Anda, setidaknya terdapat beberapa kota di Eropa yang dikenal cukup ‘bersahabat’ untuk para solo traveler. Di mana saja? Berikut ulasannya.

  1. Praha, Republik Ceko. Ibu Kota Republik Ceko ini relatif aman bagi para solo traveler. Pasalnya Praha memiliki banyak objek wisata yang cukup mudah dijangkau hanya dengan berjalan kaki. Anda bisa berjalan menyusuri Old Town lalu ke Prague Castle.
  2. Lucerne, Swiss. Sebagian besar wisatawan asal Indonesia biasanya lebih suka bepergian ke Zurich, padahal Lucerne juga tidak kalah menarik. Kota kecil di sebelah utara Danau Lucerne ini memiliki spot Chapel Bridge dan Water Tower yang mempesona layaknya negeri dalam dongeng.
  3. Reykjavik, Islandia. Di Islandia Anda tak hanya dapat menyaksikan fenomena alam aurora saja, tetapi juga bisa merapat ke Reykjavik untuk mengikuti Free City Walking Tour hingga mencoba Baejarins Beztu Pysur yang menjadi hotdog favorit Bill Clinton hingga seleb seksi Kim Kardashian.
  4. Berlin, Jerman. Saat berada di kota bernuansa tradisional dan modern ini, sempatkan untuk mampir ke Berlin Wall’s East Side Gallery dan Brandenburg Gate, serta mencoba lezatnya Currywurst.
  5. Helsinki, Finlandia. Berdasarkan survei Prosperity Index, Helsinki merupakan peringkat pertama kota teraman di Eropa. Tak perlu khawatir, desa-desa di sepanjang yang ada di Helsinki menawarkan pemandangan yang luar biasa indah. Di Helsinki juga terdapat banyak untuk sekadar duduk bersantai sembari menghirup udara segar.
  6. Bergen, Norwegia. Kota yang terletak di tepi pantai ini mempunyai situs bersejarah yang terdaftar di UNESCO, yaitu Wooden Houses of Bryggen. Di Bergen juga terdapat spot menarik berupa pasar ikan tradisional dan Mount Ulriken Cable Car yang memungkinkan Anda menyaksikan pemandangan kota dari ketinggian.
  7. Wina, Austria. Kota yang dijuluki City of Music ini menawarkan jalanan yang indah bagi para wisatawan. Selain itu Anda bisa nongkrong di kafe sembari mengunyah sacher torte atau berkenalan dengan penduduk setempat yang dikenal ramah.
  8. Edinburgh, Skotlandia. Saat berada di Skotlandia, sempatkan menyaksikan sejumlah festival yang digelar seperti International Film Festival hingga Jazz and Blues Festival, maupun Royal Edinburg Military Tattoo hingga Edinburgh Festival Fringe.
Lihat Juga:   Taman Rekreasi Kaliurang, Taman Wisata Ala Dongeng 1001 Malam

Selain kota-kota di atas, Anda juga bisa mengunjungi kota lainnya yang tak kalah menarik seperti London, Dublin, Bruges, Stockholm, Paris, hingga Kopenhagen. Nah, bagaimana? Sudah mulai bersemangat untuk berangkat ke Eropa? Sebelumnya, simak dulu kisaran biaya wisata ke Eropa bagi solo traveler berikut ini!

  • Tiket pesawat pergi-pulang (PP) berkisar mulai Rp 11 jutaan dari ke Amsterdam. Anda bisa berangkat dari manapun dan menuju kota manapun di Eropa.
  • Visa Schengen biayanya mulai dari 60 euro.
  • Penginapan per malam rate-nya berkisar mulai dari 21 euro atau sekitar Rp 357 ribuan jika dirupiahkan.
  • Transportasi dengan biayanya berkisar antara 2,5 euro hingga 39 euro, tergantung dari jarak perjalanan yang Anda tempuh.
  • Total biaya perjalanan wisata ke Eropa sendirian ala backpacker berkisar mulai dari Rp 10 jutaan hingga Rp 17 jutaan. Jumlah biaya tersebut bisa sangat bervariasi, tergantung bagaimana gaya hidup Anda selama berlibur di Eropa dan seberapa lama Anda liburan.
Lihat Juga:   Joy Guest House Malang, Tawarkan Sewa Fleksibel di Dekat Kolam Renang Lembah Dieng

Tips Wisata ke Eropa Sendirian:

Karena Anda berwisata sendirian, pastikan membawa barang bawaan seperlunya. Jika perlu, pakailah gembok pada dompet, tas, atau sebagainya. Akomodasi sebaiknya pilih menginap di hostel saja yang relatif lebih murah dibanding menginap di .

Lucerne Swiss - www.switzerland-tours.ch

Lucerne Swiss – www.switzerland-tours.ch

Perhatikan pula musim dan suhu kota yang hendak Anda kunjungi, pastikan membawa pakaian sesuai musimnya, apakah musim salju atau sedang musim panas. Untuk urusan makanan memang cukup sulit, pasalnya hampir sebagian besar makanan di Eropa kurang sesuai dengan lidah orang Indonesia dan harganya pun mahal. Oleh sebab itu, bawalah makanan instan dari Indonesia seperti minuman sereal, mi instan, atau sebagainya.

Sedangkan untuk minuman, sebaiknya bawalah botol kosong untuk kemudian diisi ulang dengan air keran minum yang ada di destinasi Anda. Unduhlah peta offline atau pastikan Anda memiliki peta yang bisa memandu perjalanan Anda agar tidak tersesat. Bagi Anda yang tidak ingin melewatkan momen seru di Eropa, sebaiknya bawalah tripod atau tongsis supaya bisa mengabadikan perjalanan Anda tanpa harus merepotkan orang lain untuk meminta mengambil gambar Anda. Dan terakhir, jangan ragu bertanya pada host atau pemilik penginapan seputar spot yang menarik untuk dikunjungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>