Info Jadwal Buka dan Harga Tiket Museum TB Silalahi Center

Museum TB Silalahi Center - www.tripadvisor.com

Utara saat ini telah menjelma jadi salah satu destinasi menarik yang dimiliki Indonesia. Di kawasan Sumatera Utara terdapat beragam yang layak untuk dikunjungi, mulai dari Danau Toba hingga sejarah layaknya TB Silalahi Center. Apabila Anda ingin mengetahui seperti apa uniknya hidup masyarakat suku Batak dan hal-hal bersejarah lainnya, maka berkunjung ke TB Silalahi Center bisa menjadi pilihan.

Museum TB Silalahi Center merupakan salah satu warisan sejarah sekaligus destinasi wisata populer di Sumatera Utara. Museum TB Silalahi Center terletak di Jalan DR. Term. Silalahi No. 8, Silalahi Pagar Batu, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, 22312. Jika dari Medan, Balige berjarak sekitar 250 km atau 6-7 jam perjalanan, atau 1,5 jam jika dari Parapat.

Museum TB Silalahi Center - www.tripadvisor.com

Museum TB Silalahi Center – www.tripadvisor.com

Untuk menuju Museum TB Silalahi Center, Anda bisa menggunakan penerbangan ke Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara, kemudian menempuh jalur darat selama 2 jam ke Kompleks TB Silalahi Center di Desa Soposurung Balige. Tak perlu khawatir, pasalnya saat ini sudah banyak maskapai pesawat yang menyediakan rute penerbangan langsung ke Medan seperti dari Jakarta atau kota-kota lainnya.

Tersedia pula transportasi umum dari kawasan Simpang Pagar Batu bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi. Lokasi Museum TB Silalahi Center berada di dekat Makam Sisingamangaraja XII. Apabila dari Bandara Silangit menuju Museum TB Silalahi Center, maka lokasi museum ini ada di sebelah kiri dari Jalan Dr. Sutomo-Balige. Jika masih kebingungan mencari, Anda bisa bertanya pada penduduk setempat.

Masuk Museum TB Silalahi Center

Untuk masuk dan menjelajahi Museum TB Silalahi Center, Anda akan dikenai tiket dengan harga sebesar Rp 10 ribu per orang (pengunjung dewasa), sedangkan untuk anak-anak cukup membayar tiket seharga Rp 5.000 saja per anak. Harga tiket masuk di Museum TB Silalahi Center bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Lihat Juga:   Harga Tiket Masuk dan Tiket Wahana di De’Ranch, Lembang

Jam Buka Museum TB Silalahi Center

Senin – Jumat: 08.00 – 17.00
Sabtu – Minggu: 08.00 – 18.00
Hari Libur Nasional: 08.00 – 18.00

Jika sudah tiba di Museum TB Silalahi Center Anda pasti akan dibuat takjub dengan kemegahan museum bergaya modern ini. Museum TB Silalahi Center adalah museum Batak yang dibangun oleh salah seorang suku Batak yang sukses, yakni Letjen TNI (Purn) Dr. Tiopan Bernhard Silalahi. Pria yang dulunya merupakan anak penggembala kerbau ini berhasil mencapai kesuksesan berkat kegigihannya hingga mengantarkan dirinya menjadi seorang jenderal yang disegani pada masanya.

Selain menceritakan kisah hidup TB Silalahi, Museum TB Silalahi Center juga memuat sejumlah riwayat sejarah dan budaya Batak di Sumatera Utara. Museum TB Silalahi Center dibangun sejak tahun 2006 silam, kemudian baru diresmikan pada tahun 2008.

wisata edukasi sekaligus sejarah di kawasan Sumut ini memiliki beragam koleksi budaya Batak seperti budaya Batak Toba, Karo, Simalungun, Mandailing, dan Angkota, serta Pakpak. Ada pula koleksi benda-benda pribadi peninggalan TB Silalahi seperti seragam, pangkat-pangkat dalam karier kemiliterannya, ijazah, pakaian ketika menjabat sebagai menteri, bangku sekolah sewaktu masih SR, mobil dinas, dan masih banyak lagi.

Museum TB Silalahi Center - www.harianamanah.com

Museum TB Silalahi Center – www.harianamanah.com

Museum seluas 5 hektare ini terdiri dari gedung 3 lantai dengan interior bernuansa modern namun masih kental dengan ukiran gorga khas Batak. Tak hanya menyaksikan peninggalan sejarah, jika Anda naik ke lantai 2 dan 3 gedung Museum TB Silalahi Center, Anda bakal terpesona dengan pemandangan alam Balige dan Danau Toba.

Di bagian luar gedung Museum TB Silalahi Center, Anda dapat melihat tiruan bangunan perkampungan Batak di sebuah tempat tersendiri yang dinamakan Huta Batak. Terdapat 6 rumah adat Batak yang dirancang sedemikian rupa, lengkap dengan kuburan batu, hariara, pohon bambu, dan ulubalang. Ada pula tiruan patung Si Gale-Gale yang terpasang di depan salah satu rumah adat Batak.

Lihat Juga:   Info Villa yang Bisa Disewa di Area Malang Kota

Rumah adat Batak tersebut dalam bahasa tradisional memiliki sebutan Ruma dan Sopo yang sengaja dibangun saling berhadapan. Bangunan-bangunan tradisional tersebut kabarnya usianya telah mencapai ratusan tahun dan didapatkan dari sumbangan berbagai marga yang ada di kawasan Danau Toba.

Dinding-dinding rumah adat tersebut memiliki ukiran bercorak yang khas. Jika diperhatikan, Anda juga bisa melihat pola binatang berbentuk seperti cicak di rumah-rumah tersebut. Pola tersebut ternyata bukan sembarangan digambar begitu saja, tetapi mengandung filosofi bahwa hewan itu walau dilempar ke mana saja masih bisa hidup. Hal ini pula yang dianggap menggambarkan masyarakat Batak walaupun berada di mana saja masih dapat bertahan hidup. Cukup menarik bukan?

Selain bisa menambah wawasan seputar sepak terjang karier TB Silalahi, Anda juga bisa sekaligus memperoleh pelajaran penting terkait motivasi hidup di museum megah satu ini. Terlebih pemandangan area persawahan sekaligus birunya Danau Toba di dekat Museum TB Silalahi Center tentunya akan semakin memanjakan Anda sejauh mata memandang.

Untuk urusan , tak perlu khawatir sebab di Museum TB Silalahi Center sudah ditunjang dengan sejumlah memadai seperti cafeteria dan sky restaurant di kompleks Museum TB Silalahi Center yang menawarkan sejumlah kuliner modern dan tradisional yang bisa Anda cicipi. Apabila Anda tertarik untuk berkunjung ke Museum TB Silalahi Center atau ingin mengetahui informasi lainnya seputar museum, Anda bisa menghubungi:

Museum TB Silalahi Center

: Jl. DR. Term. Silalahi No. 8, Silalahi Pagar Batu, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, 22312
Nomor : (0632) 21588

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>