Rekomendasi Kolam Renang Air Hangat di Bandung, Harga Tiket Worth It




Ilustrasi: berendam di kolam renang air hangat
Ilustrasi: berendam di kolam renang air hangat

Berendam atau air hangat dikatakan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi edema, serta meningkatkan relaksasi otot.[1] Merendam kaki dengan air hangat yang dicampur garam juga diklaim dapat meningkatkan kualitas tidur.[2] Nah, apabila Anda berdomisili di Bandung atau sedang liburan ke daerah tersebut, sudah ada banyak kolam renang air hangat yang dapat dijadikan sarana relaksasi, refreshing, sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Kolam Renang Eldorado

Tempat ini dapat Anda temukan di Jalan Dr. Setiabudi No. 438, Isola, Sukasari, Bandung. Seperti diketahui, Jalan Setiabudi merupakan salah satu kawasan strategis dan terkenal di ibu kota Jawa Barat. Daerah ini merupakan lokasi berdirinya beragam spot populer, termasuk Rumah Mode (factory outlet paling populer di Bandung), berbagai toko tradisional hingga modern, hingga Amazing Art World, museum, hingga berbagai institusi pendidikan.

Kolam Renang Eldorado (sumber: eldorado.co.id)
Kolam Renang Eldorado (sumber: eldorado.co.id)

Bernama lengkap Eldorado Sport, Café & Convention Hall, sebenarnya fasilitas yang disediakan di tempat ini tidak hanya kolam renang. Namun, yang paling populer di kalangan wisatawan memang kolam renangnya, yang diklaim sudah memenuhi kualifikasi internasional serta menawarkan kesegaran yang maksimal. Ada pula kolam renang air hangat dengan bentuk seperti huruf ‘L’ dengan kedalaman mulai 80 cm dan punya suhu 30 derajat Celcius.

Harga Tiket Kolam Renang Eldorado

PengunjungHarga Tiket
DewasaRp65.000
Anak-Anak (1-10 tahun)Rp45.000
Pengantar (tidak berenang)Rp35.000

Informasi harga tiket masuk Eldorado di atas kami rangkum dari situs resmi kolam renang yang bersangkutan dan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola. Eldorado Sport, Café & Convention Hall sendiri beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih detail, bisa menghubungi nomor telepon (022) 2011666/2012211 dan email di alamat info@eldorado.co.id atau eldoradobandung@gmail.com.

Kolam Renang AW Strawberry

Kolam Renang AW Strawberry (sumber: serbabandung.com)
Kolam Renang AW Strawberry (sumber: serbabandung.com)

Spot wisata ini beralamat di Jalan Raya Pacet No. KM 15, Sukapura, Kertasari, Bandung, Jawa Barat. Jika Anda berangkat dari pusat Bandung, lokasi Kolam Renang AW Strawberry lumayan mudah dijangkau. Anda cukup mengarahkan kendaraan ke arah Ciparay. Setibanya di Terminal Ciparay, naik terus hingga Jalan Raya Pacet. Meski memang menanjak, tetapi kondisi jalan sudah mulus.

Lihat Juga:   Tarif Terbaru Graha Spa Surabaya, Tempat Relaksasi Favorit Eksekutif Muda & Profesional

Biasa juga dikenal dengan nama Taman AW Strawberry, tempat ini merupakan spot wisata yang cocok berlibur rombongan keluarga. Pasalnya, pihak pengelola sudah menyiapkan kolam renang yang segar, sejumlah wahana permainan anak-anak, kolam renang air hangat untuk berendam, hingga wahana perahu bebek. Untuk yang hobi memancing, disediakan pula kolam khusus pancing.

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk bisa rekreasi ke tempat ini? Menurut bocoran sejumlah wisatawan, harga tiket masuk Kolam Renang AW Strawberry hanya Rp30 ribu per orang. Namun, untuk bisa berendam di kolam air hangat, kabarnya akan dikenakan biaya tambahan. Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail, silakan menghubungi nomor ponsel 0823 2146 8889.

Pemandian Walini

Pemandian Air Panas Walini (sumber: pariwisataku.com)
Pemandian Walini (sumber: pariwisataku.com)

Juga sering disebut Pemandian Ciwalini, lokasinya berada Jalan Raya Ciwidey-Patengan, Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung. Seperti namanya, sajian utama yang disuguhkan tempat wisata ini memang kolam pemandian air panas. Untuk bisa ke sini, Anda dapat berangkat dari Jalan Kopo menuju Soreang, lalu naik ke arah Ciwidey. Sekadar info, jalanan ke Ciwidey ini penuh dengan tanjakan sehingga disarankan berhati-hati.

Menurut ulasan sejumlah turis yang pernah datang, kondisi Pemandian Walini ini lebih bersih dan terawat, serta tentu saja tetap asri dan sejuk karena berada di tengah perkebunan teh. Terdapat beberapa kolam untuk anak-anak dan orang dewasa, serta sejumlah saung yang bisa disewa dengan harga Rp30 ribuan, tempat parkir, hingga banyak warung makan.

Cocok untuk berlibur bersama keluarga atau kerabat, harga tiket masuk Pemandian Walini saat ini Rp30 ribu per orang. Apabila ingin berendam, ada tempat khusus berendam dan dikenakan biaya tambahan Rp20 ribu per orang dengan suhu air lebih panas. Harga tiket masuk tersebut belum termasuk tarif parkir Rp5 ribu untuk sepeda motor atau Rp10 ribu untuk mobil.

Lihat Juga:   Nanda Sehat Aromatherapy Reflexology, Tempat Pijat Nyaman & Terjangkau di Bogor

Cipaku Swimming Pool

Cipaku Swimming Pool (sumber: tripadvisor)
Cipaku Swimming Pool (sumber: tripadvisor)

Seperti namanya, spot rekreasi ini terletak di Jalan Cipaku Indah XI No. 4, Ledeng, Kecamatan Cidadap, Bandung. Berada di kompleks Perumahan Cipaku Indah, Anda dapat berangkat dari Tol Pasteur menuju arah ke Jalan Setiabudi, lalu menuju UPI (Universitas Pendidikan Indonesia). Ketika sampai di belokan tajam UPI, ambil arah ke kanan menuju Perumahan Cipaku Indah dan menuju Cipaku Garden Hotel.

Sebagai sebuah spot kolam renang, fasilitas yang ditawarkan Cipaku Swimming Pool cukup lengkap. Ketika berwisata ke tempat ini, Anda akan menemukan kolam renang anak, kolam renang dewasa, dan kolam renang air hangat. Tidak hanya itu, terdapat pula playground, kantin dan kafe, toilet, musala, kamar bilas, kamar ganti, area parkir kendaraan, dan loker atau tempat penitipan barang.

Menurut bocoran sejumlah pengunjung, harga tiket masuk sebesar Rp40 ribu pada weekday dan Rp45 ribu pada weekend. Pengelola pun menyediakan tiket terusan seharga Rp525 ribu yang dapat dipakai 15 kali masuk pada hari biasa, atau Anda bisa berhemat Rp5 ribu dari harga normal. Jam operasional tempat berenang ini pun cukup panjang, mulai pukul 08.00 pagi hingga 08.00 malam.

[1] Wulandari, Priharyanti, Arifianto, Dian Sekarningrum. 2016. Pengaruh Rendam Kaki Menggunakan Air Hangat dengan Campuran Garam dan Serai terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di Wilayah Podorejo RW 8 Ngaliyan. Jurnal Keperawatan  E-journal Keperawatan UMM, Vol. 7(1): 43-47.

[2] Harefa, Irfan, dkk. 2021. Pengaruh Rendam Kaki dengan Air Garam Hangat terhadap Peningkatan Kualitas Tidur pada Lansia di Panti Jompo. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, Vol. 3(2).




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan