Fasilitas & Harga Tiket Wisata Batu Katak, Spot Alami di Binjai




Kawasan wisata alam Batu Katak (instagram: @coraliegthr)
Kawasan wisata alam Batu Katak (instagram: @coraliegthr)

Berbicara mengenai Binjai, mungkin yang langsung terbersit di pikiran adalah buah rambutan yang memang sangat terkenal. Namun selain buah rambutan, kawasan yang terletak di Provinsi Sumatera Utara tersebut juga memiliki beragam tempat wisata seru yang pas dijadikan spot , salah satunya Batu Katak.

Lokasi Wisata Batu Katak

Sebenarnya wisata Batu Katak tidak terletak persis di Binjai. Destinasi ini tepatnya berada di Desa Batu Jonjong, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Meski begitu, lokasi wisata Batu Katak memang tidak begitu jauh dari Binjai. Bahkan Binjai menjadi rute alternatif yang bisa dilalui untuk menuju Batu Katak.

Jika Anda liburan menggunakan kendaraan pribadi, tempat wisata ini bisa Anda tempuh sekitar dua sampai tiga jam dari Medan, dengan rute Medan-Pinang Baris-Binjai-Bahorok. Dari simpang empat Pasar Bahorok, ke wisata Batu Katak berselang sekitar 8 km atau 30 menit berkendara dengan kecepatan kendaraan rata-rata 30 km per jam.

Apabila Anda bertolak dari Kota Medan memakai angkutan umum, seperti angkot dan bus , Anda harus turun terlebih dahulu di simpang empat Pasar Bahorok. Di lokasi ini, terdapat papan nama atau plang di sebelah kiri jalan yang bertuliskan ‘Welcome to Batu Katak’. Nah, Anda bisa melanjutkan perjalanan memakai jasa ojek maupun becak dengan ongkos atau tarif sekitar Rp35.000 sekali perjalanan (tarif bisa dinegosiasikan).

Rute ke Wisata Batu Katak

Armada angkutan umum KPUM (sumber: sindonews.com)
Armada angkutan umum KPUM (sumber: sindonews.com)

Jika Anda berangkat dari Medan, bisa berhenti di Terminal Pembangunan Semesta, atau yang sering disingkat Bus PS, yang berada di Jalan TB Simatupang, Pinang Baris. Bila Anda berangkat dari Tembung, Lapangan Merdeka, atau dari Jalan Gatot Subroto, angkutan yang melewati Jalan TB Simatupang adalah Koperasi Pengangkutan Umum Medan (KPUM) 65 dengan tarif sekitar Rp5.000.

Setibanya di terminal bus ini, Anda bisa menumpang bus, tetapi jangan lupa katakan pada sopir bahwa Anda akan turun di simpang empat Pasar Bahorok. Lalu, bayar ongkos sekitar Rp18.000 per orang. Untuk sampai ke lokasi tersebut, membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit hingga 2 jam. Setibanya di Pasar Bahorok, seperti disampaikan di atas, perjalanan ke Batu Katak dapat dilanjutkan dengan menumpang ojek.

Lihat Juga:   Fasilitas dan Biaya Tiket Wisata Green Canyon

Pesona dan Wisata Batu Katak

Nama Batu Katak sendiri konon memiliki sejarah atau kisah yang unik. Awalnya, Dusun Batu Katak adalah lahan pertanian dan perladangan yang didiami oleh beberapa keluarga. Suatu hari, ada dua orang nenek yang dari Dusun Batu Katak yang berangkat ke sungai untuk mencari udang dan ikan. Setelah sampai di sungai, mereka pun langsung berburu, tetapi salah seorang nenek tidak mendapatkan udang maupun ikan, namun batu yang mirip katak, yang akhirnya dibawa pulang.

Setibanya di rumah, si nenek pun membuat wadah (altar) untuk tempat batu katak tersebut, yang menyerupai sebuah mangkok. Pada malam harinya, si nenek bermimpi bertemu dengan seseorang berpakaian putih. Orang di dalam mimpi menyuruh si nenek untuk memberikan nama desa tersebut Dusun Batu Katak hingga sekarang.

Penghuni kawasan wisata Batu Katak (sumber: thelocalpackage.nl)
Penghuni kawasan wisata Batu Katak (sumber: thelocalpackage.nl)

Lalu, apa saja yang ditawarkan wisata Batu Katak kepada ? Masih berada di kawasan Leuser, udara di kawasan ini terbilang sangat sejuk. Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan keindahan pemandangan alam yang menakjubkan, termasuk pohon-pohon rindang dan bukit-bukit yang tinggi menjulang.

Di tempat wisata Batu Katak ini, Anda akan dimanjakan oleh panorama alam yang masih sangat alami dan belum terjamah oleh para perusak alam. Di tempat ini, pelancong dapat berkeliling memasuki gua-gua yang berupa lorong-lorong untuk melanjutkan perjalanan. Konon, di dalam gua tersebut sangatlah indah dan terang, membuat orang yang melihatnya tak berhenti menatap dan tak bosan untuk mengunjunginya.

Selain gua, wisata Batu Katak juga menawarkan aliran sungai yang cukup jernih. Di sungai ini, tidak sedikit pengunjung yang menyempatkan diri bermain air atau berenang. Air sungai yang sangat segar tentunya dapat menjadi media yang tepat untuk menghilangkan penat atau stres akibat rutinitas atau kesibukan sehari-hari.

Lihat Juga:   Objek Wisata Menarik dan Info Penginapan di Pulau Peucang Ujung Kulon

Untuk traveler yang doyan memacu adrenalin, pengelola pun menyediakan beragam wahana permainan yang menantang. Salah satu yang cukup digemari adalah flying fox. Wahana ini akan membuat wisatawan bergantung di tali dengan ketinggian 5 meter sampai 8 meter, lalu melintas di atas sungai pemandian wisata Batu Katak, dengan panjang lintasan mencapai 100 meter.

Harga Tiket Wisata Batu Katak

Untuk wisatawan yang ingin berwisata di tempat ini, akan dikenakan tiket masuk dengan harga mulai Rp3.000 per orang. Jika pengunjung membawa kendaraan pribadi, akan dikenai tarif parkir sebesar Rp10.000 untuk kendaraan roda empat atau Rp5.000 untuk kendaraan roda dua. Nah, apabila ingin mengunjungi lokasi tertentu, seperti gua, akan dikenakan biaya tambahan.

Harga Tiket Wahana di Wisata Batu Katak

Salah satu wahana di Batuk Katak (sumber: thelocalpackage.nl)
Salah satu wahana di Batu Katak (sumber: thelocalpackage.nl)
WahanaHarga Tiket
Gua JodohRp30.000 per orang
Gua Pupuk Mentar & Gua MbelinRp48.000 per orang
Gua AirRp63.000 per orang
Gua Air & RaftingRp152.000 per orang
Gua Batu Rijal & Gua Pintu AnginRp63.000 per orang
Gua Batu Rijal & Gua Pintu Angin & RaftingRp142.000 per orang
Rafting Simbelang ke Batu KatakRp61.000 per orang
Rafting Batu Katak ke Lau DamakRp103.000 per orang
Melihat Bunga BangkaiRp34.000 – Rp35.000 per orang
Bunga Raflesia Pancur Molah OlahRp40.000 per orang
Trekking Gunung KapurRp98.000 per orang
Sewa BanRp15.000 per orang
Flying FoxRp25.000 per orang

Harga di Wisata Batu Katak

Nah, untuk wisatawan yang ingin bermalam di kawasan wisata Batu Katak, tidak perlu khawatir. Pasalnya, pengelola juga telah menyediakan penginapan dengan tarif mulai Rp100.000 hingga Rp150.000 per malam, fasilitas kamar mandi, kipas angin, dan extra bed. Di samping itu, disediakan juga penyewaan tenda dengan biaya Rp20.000.




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*