Info Lengkap Fasilitas & Jadwal Stasiun Pasar Senen Jakarta




Gerbang keberangkatan kereta di Stasiun Pasar Senen
Gerbang keberangkatan kereta di Stasiun Pasar Senen

Pasar Senen merupakan salah satu yang ada di Jakarta. Stasiun tersebut beralamat di Jalan Stasiun Senen No. 14, Senen, Pusat. Stasiun yang telah dibuka pada tahun 1925 tersebut tergolong stasiun tipe A, dan bersama Stasiun Gambir menjadi destinasi akhir tujuan kereta api di Jakarta.

Meskipun sama-sama stasiun tipe A, namun yang diberikan di Stasiun Pasar Senen agak berbeda dengan Stasiun Gambir. Pasalnya, jika di stasiun tersebut rata-rata melayani kelas ekonomi dan bisnis, maka Stasiun Gambir melayani kelas eksekutif dan sebagian kelas campuran. Selain melayani ke luar kota/provinsi, di Stasiun Pasar Senen juga terdapat peron yang menjadi tempat pemberhentian kereta commuter line (KRL).

Stasiun Pasar Senen

Pada tahun 1733, daerah Pasar Senen bertransformasi menjadi kawasan perdagangan yang ramai setelah banyak masyarakat Tionghoa yang membuka toko di daerah tersebut. Lalu, saat memasuki awal abad ke-20, kawasan tersebut telah menjadi salah satu penyangga utama perekonomian di Jakarta.

Fasilitas di Stasiun Pasar Senen
di Stasiun Pasar Senen

Dengan semakin berkembangnya perekonomian di kawasan Senen, pemerintah kolonial Belanda akhirnya memutuskan untuk membangun Stasiun Pasar Senen yang dahulu hanya merupakan stasiun pemberhentian kecil. Pada tahun 1916, akhirnya dimulai pembangunan Stasiun Senen yang lebih besar oleh Staatsspoorwegen, sebuah perusahaan milik pemerintah kolonial Belanda. Pembangunan itu sendiri baru selesai pada tahun 1925.

Bangunan Stasiun Pasar Senen sendiri dirancang oleh seorang berkebangsaan Belanda bernama J. van Gendt, dengan gaya arsitektur Neo-Indische. Karakter vernakularnya sangat menonjol, dapat dilihat dari atap limasan yang mendominasi dengan ditambahkan atap teritisan di atas pintu masuk hall untuk melindungi bangunan dari rembesan air hujan, dan jika dilihat dari luar terlihat seperti bangunan dengan dua lantai. Pintu-pintunya bergaya Romantik dengan balutan konsol atap yang diekspos.

Lihat Juga:   Omahku Asri, Guest House Murah di Sawojajar, Malang

Fasilitas Stasiun Pasar Senen

Sebaqai stasiun kelas A yang terletak di ibukota, Stasiun Pasar Senen memiliki fasilitas yang terbilang lengkap dan modern, seperti mesin cetak mandiri, ruang tunggu nyaman yang dilengkapi dengan multimedia, toilet gratis, lima loket, enam peron, tempat parkir yang cukup luas, mesin ATM, dan food court yang menyediakan aneka makanan. Selain itu, ada pula musala yang terdapat di dalam dan di luar stasiun.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui soal loket yang ada di stasiun ini. Pertama, loket 1 & 2 yang dikhususkan untuk pembelian tiket kereta jarak jauh hanya dibuka pukul 09.00 sampai 16.00 WIB. Selanjutnya, untuk loket 3 yang dikhususkan untuk membeli tiket go show jarak jauh, buka pukul 07.00 sampai 20.15 WIB, sedangkan loket untuk tiket go show jarak dekat, yakni loket 5, dibuka pukul 04.00 sampai 20.30 WIB. Terakhir, untuk tiket kereta jarak dekat, Anda bisa membelinya di loket 4 yang buka mulai pukul 09.00 sampai 16.00 WIB.

Jadwal Kereta Api di Stasiun Pasar Senen

Ruang tunggu penumpang Pasar Senen
Ruang tunggu penumpang Pasar Senen

Ada kurang lebih 25 perjalanan kereta api jarak jauh tiap harinya yang melayani penumpang kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif di Stasiun Pasar Senen. Berikut jadwal keberangkatan kereta api di Stasiun Pasar Senen beserta tujuannya.

Lihat Juga:   Rata-rata 40 Kasus Kecelakaan Kapal per Tahun
Nama KAJam Berangkat (WIB)Stasiun Tujuan
Kutojaya Utara05.30Kutoarjo (Ekonomi AC)
Fajar Utama 06.15Yogyakarta (Bisnis)
Gajahwong06.45Lempuyangan Yogyakarta (Eko AC)
Menoreh07.15 Tawang (Eko AC)
Tegal Ekspres07.45Tegal (Ekonomi AC)
Sawunggalih Pagi08.15Kutoarjo (Bisnis)
Serayu Pagi09.00Purwokerto via Bandung (Eko AC)
Gaya Baru Malam Selatan10.30Surabaya Gubeng (Ekonomi AC)
Bengawan11.30Purwosari Solo (Eko AC)
Jayabaya12.00Malang via Surabaya (Eko AC)
Jaka Tingkir12.30Purwosari Solo (Eko AC)
Krakatau13.00Kediri Via Yogya (Eko AC)
Kertajaya14.00Surabaya Pasar Turi (Eko AC)
Matarmaja15.15Malang Via Semarang Solo (Eko AC)
Gumarang15.45Surabaya Pasar Turi (Eks, Bis, Eko)
Brantas16.00Kediri Via Semarang Solo (Eko AC)
Sawunggalih Malam18.00Kutoarjo (Eksekutif, Bisnis)
Majapahit18.30Malang Via Semarang Solo (Eko AC)
Senja Utama Yogyakarta19.00Yogyakarta (Bisnis)
Menoreh19.45Semarang Tawang (Ekonomi AC)
Serayu Malam21.00Purwokerto Via Bandung (Eko AC)
Bogowonto21.45Lempuyangan Yogya (Eko AC)
Senja Utama Solo22.00Solobalapan (Bisnis)
Krakatau22.00Merak (Ekonomi AC)
Progo22.30Lempuyangan Yogya (Ekonomi AC)
Tawang Jaya23.00Semarang Poncol (Ekonomi AC)




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*