Coban Kaca, Pesona Wisata Anyar di Kota Batu




Kota batu, jawa timur, alamat, lokasi, coban rais, coban kaca, batu flower garden, tike, tarif, harga, biaya, alamat, fasilitas, souvenir, musala, toilet
Pengunjung berfoto dengan latar belakang guyuran air

Sebagian orang mungkin beranggapan julukan ‘Kota Seribu Coban’ cukup berlebihan untuk Kota . Yup, tidak salah memang, karena jumlah air terjun sesungguhnya yang ada di Kota hanya belasan. Namun jika melihat besarnya potensi pariwisata yang ditawarkan coban-coban tersebut, rasanya tidak ada salahnya menjadikan ‘Kota Seribu Coban’ sebagai branding Kota .

Salah satu coban terbaru yang bisa Anda nikmati keindahannya selama berada di Kota Apel adalah Coban Kaca. Nama tersebut mungkin terdengar asing bagi Anda. Pasalnya, coban tersebut baru dibuka untuk publik pada pertengahan 2018. Coban Kaca sendiri terletak satu kompleks dengan Kompleks Coban Rais (Batu Flower Garden), tepatnya beralamat di Jalur Lingkar Barat, Desa Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Jawa Timur.

Untuk menjelajah coban setinggi 25 meter tersebut, Anda harus rela berjalan kaki, karena akses menuju ke sana hanya berupa jalan setapak. Dari pintu masuk Coban Rais, Anda bisa jalan kaki atau naik ojek dengan Rp10.000 menuju arah Batu Flower Garden. Sesampainya di depan Batu Flower Garden, lanjutkan perjalanan dengan ojek trail dengan Rp50.000 (PP). Namun, Anda harus turun sekitar 500 meter sebelum coban, karena setelah itu jalannya tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan.

Lihat Juga:   Memacu Adrenaline Arungi Jeram di Ndayung Rafting Poncokusumo
Kota batu, jawa timur, alamat, lokasi, coban rais, coban kaca, batu flower garden, tike, tarif, harga, biaya, alamat, fasilitas, souvenir, musala, toilet
Coban kaca tampak begitu tinggi dari kejauhan

Jika tarif kendaraan menuju coban tersebut dirasa terlalu mahal, Anda bisa berjalan kaki dari pintu masuk Coban Rais selama sekitar 1,5 jam. Saat berjalan kaki, Anda harus melewati jalan setapak dan menyeberangi beberapa anak sungai. Selain itu, jalan yang naik turun serta beberapa bagian jalan yang masih ditutupi belukar, menjadikan perjalanan menuju Coban Kaca cukup menantang.

Meski perjalanan menuju Coban Kaca bisa dibilang cukup berat, namun hal tersebut terbayar lunas jika Anda sudah sampai di air terjun. Vegetasi hijau dan suara burung yang merdu akan menyambut Anda saat sampai di sana. Lalu, percikan air coban yang terbawa oleh angin menggantikan peluh dengan kesegaran.

Tidak seperti air terjun Coban Rais yang debitnya besar dan tidak disarankan untuk mandi di bawahnya, di Coban Kaca, Anda bisa bermain air dengan sepuasnya. Pasalnya, meski air terjunnya memang cukup lebar, namun debit airnya tidak terlalu besar.

Lihat Juga:   Terbaru, Penginapan Bagus Bertarif Murah di Ciater Subang

di Coban Kaca

Kota batu, jawa timur, alamat, lokasi, coban rais, coban kaca, batu flower garden, tike, tarif, harga, biaya, alamat, fasilitas, souvenir, musala, toilet
Kegembiraan pengunjung Coban Kaca

Saat ingin menjelajah Coban Kaca, Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk membayar tiket masuk alias gratis. Namun, karena coban tersebut berada di kawasan wisata Coban Rais, Anda perlu membayar masuk Coban Rais sebesar Rp10.000 per orang. Sementara, jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda perlu membayar tarif parkir sebesar Rp5.000 untuk motor atau Rp10.000 untuk mobil.

Sementara, untuk fasilitas yang ditawarkan di Coban Kaca, sebenarnya sama dengan yang ditawarkan oleh Coban Rais. Saat berada di kompleks wisata tersebut, Anda bisa menemukan musala, toko souvenir, tempat makan, mandi, dan peta penunjuk arah. Selain itu, ada pula layanan ojek dan guide dengan tarif mulai Rp70.000 hingga Rp100.000 per orang.




Tentang M. Nur Fahmi876 Articles
Pegiat jaringan wisata dan kontributor aktif Local Guides

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*