Angkringan Terkenal dan Terlaris di Yogyakarta




Angkringan Lek Man - sintacarolina.blogspot.com

Jika Anda gemar nongkrong bareng teman-teman di malam hari, Anda pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar istilah angkringan. Angkringan merupakan sebuah gerobak dorong yang menjual berbagai macam dan yang biasa terdapat di setiap pinggir ruas jalan di Jawa Tengah dan . Di Solo, angkringan ini lebih dikenal dengan sebutan HIK (hidangan istimewa ala kampung).

Makanan yang dijual di angkringan biasanya meliputi nasi kucing, gorengan, sate usus ayam, sate telur puyuh, keripik, dan lain-lain. Sementara, menu minuman yang dijajakan biasanya terdiri dari kopi, teh, jeruk, wedang jahe, dan susu. Semua menu tersebut dijual dengan yang sangat terjangkau sehingga ini menjadi favorit nongkrong anak-anak muda, khususnya pelajar dan mahasiswa.

Meski sudah tersebar ke berbagai daerah lain, namun angkringan selama ini memang masih identik dengan Yogyakarta. Karena itu, tidak berlebihan jika ada yang berkunjung ke salah satu daerah istimewa di Indonesia tersebut, angkringan menjadi salah satu yang paling dicari. Nah, jika Anda berencana melakukan perjalanan ke Yogyakarta, berikut beberapa angkringan terkenal di Kota Gudeg tersebut.

Angkringan Lek Man

Ini adalah salah satu angkringan yang cukup legendaris di Yogyakarta. Pasalnya, angkringan ini konon merupakan angkringan pertama di Yogyakarta dan telah berdiri sejak tahun 1950-an silam. Angkringan Lek Man sendiri berada di sebelah utara Stasiun Tugu, Jalan Wongsodirjan, Yogyakarta. Dan, salah satu menu andalan yang disajikan angkringan ini adalah kopi joss, yaitu kopi yang disajikan panas dengan arang yang masih menyala.

Angkringan Lek Man - sintacarolina.blogspot.com
Angkringan Lek Man – sintacarolina.blogspot.com

 

Lihat Juga:   Info Penginapan untuk Tempat Bermalam di Pulau Labengki

Angkringan KR (Pak Jabrik)

Angkringan ini sebenarnya terletak tidak jauh dari Angkringan Lek Man. Angkringan ini sering juga disebut dengan Angkringan KR karena berada di teras kantor surat kabar harian Kedaulatan Rakyat, yaitu di Jalan Pangeran Mangkubumi.

Layaknya Angkringan Lek Man, Angkringan Pak Jabrik juga tidak pernah sepi pengunjung. Pasalnya, menu yang ditawarkan di tempat ini lebih beragam dibandingkan tempat sejenis. Menu nasi kucing misalnya, tersedia dalam beberapa macam lauk, seperti sambal teri, oseng tempe, oseng ati, oseng jamur, mercon jamur, sambal tomat, dan lain-lain.

Angkringan KR (Pak Jabrik) - makanjogja.com
Angkringan KR (Pak Jabrik) – makanjogja.com

 

Angkringan Klebengan

Angkringan ini terletak di pelataran GOR Klebengan yang berada di dekat kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan UGM. Tidak mengherankan jika kemudian pengunjung di angkringan ini didominasi oleh mahasiswa.

Salah satu hal yang membuat angkringan ini menjadi favorit mahasiswa adalah karena menyediakan tempat yang cukup luas dengan hamparan tikar yang cukup nyaman. Sementara, menu yang disajikan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan angkringan lainnya, seperti nasi kucing, aneka lauk, serta minuman. Bedanya, menu lauk bisa dihangatkan kembali atau dibakar dengan bumbu kecap manis.

Angkringan Klebengan - yogyakarta.panduanwisata.id
Angkringan Klebengan – yogyakarta.panduanwisata.id

 

Lihat Juga:   Pantai Florida Binjai, Pemandian Air Alam Unik yang Memiliki Air Terjun di Binjai Sumatera Utara

Angkringan Wijilan

Sebenarnya, angkringan ini bernama Angkringan Kang Harjo. Namun, karena kawasan Wijilan lebih terkenal sebagai sentra gudeg, maka tempat ini kemudian dijuluki Angkringan Wijilan.

Sebagai sebuah tempat angkringan, Angkringan Wijilan memiliki tempat yang cukup luas, dengan beberapa deret bangku dan meja yang memenuhi tempat tersebut. Angkringan yang sudah dikembangkan menjadi dua lantai ini menyediakan menu seperti aneka gorengan, aneka sate, dan aneka gorengan ala supermarket seperti tempura dan nugget.

Angkringan Wijilan - cari-toko.com
Angkringan Wijilan – cari-toko.com

 

Angkringan Ndalem

Bagi Anda yang ingin menikmati menu angkringan dengan suasana yang lebih modern, wajib berkunjung ke tempat ini. Angkringan Ndalem terletak di pendapa rumah bangsawan Jawa yang berada di Jalan Sompilan No. 12, Ngasem, dan telah didukung fasilitas Wi-Fi. Meski bernuansa modern, angkringan yang buka dari jam 6 sore hingga jam 12 malam ini tetap dilengkapi dengan gerobak kayu layaknya angkringan pada umumnya.

Angkringan Ndalem - www.tripadvisor.co.id
Angkringan Ndalem – www.tripadvisor.co.id

 




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*