Cara Wisata Hemat ke Pangandaran Ala Backpacker




Wisata Pangandaran - www.dream.co.id
Wisata Pangandaran - www.dream.co.id

adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia dan beribu di Parigi. Kabupaten satu ini berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Banjar di sisi utara, Kabupaten Cilacap di sebelah timur, Samudera Hindia di sebelah selatan, dan Kabupaten Tasikmalaya di sisi barat. Hingga kini Pangandaran begitu terkenal dengan pantainya yang begitu elok dan menarik. Tak heran jika kemudian Pangandaran banyak dikunjungi oleh warga Jakarta, Bandung, dan sekitarnya untuk berlibur.

Berkembang sebagai sebuah kota wisata pun membuat pembangunan Pangandaran pun cukup pesat. Banyak objek wisata di Pangandaran yang sudah dikelola secara profesional. Tak hanya itu, sarana transportasi, tempat kuliner, hingga sarana akomodasi di Pangandaran pun juga sudah memadai, sehingga bisa menampung banyak yang datang dari berbagai daerah maupun dari luar negeri. Tak melulu harus menghabiskan mahal, wisata ke Pangandaran pun bisa Anda lakukan ala backpacker. Berikut informasi lengkap berwisata ala backpacker ke Pangandaran.

Transportasi ke Pangandaran

Cara menuju Pangandaran bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik lewat jalur udara (naik pesawat) atau naik kereta maupun bus. Apabila Anda memiliki kendaraan pribadi pun juga tak ada salahnya untuk naik kendaraan pribadi menuju Pangandaran. Tetapi, menyetir sendiri tentunya akan terasa lebih melelahkan dibandingkan naik kendaraan umum.

Bagi backpacker yang ingin menghemat budget bisa mempertimbangkan naik bus umum. Jika Anda berangkat dari Jakarta, Anda dapat naik bus dari Kampung Rambutan jurusan Kp. Rambutan-Pangandaran. Dengan naik bus tersebut, Anda bakal diantar hingga sampai di Pangandaran. Setibanya di , Anda bisa jalan kaki atau naik becak menuju pantai yang hanya berjarak sekitar 300 meter saja.

Tetapi bila berangkat dari Bandung, Anda bisa naik bus jurusan Bandung-Tasikmalaya-Banjar-Pangandaran dari Terminal Cicaheum. Salah satu bus jurusan tersebut adalah Bus Budiman. Sama seperti saat berangkat dari Jakarta, nantinya Anda akan diturunkan di Terminal Pangandaran yang sudah cukup dekat dengan pantai.

Selain bus, Anda juga bisa menjajal moda transportasi kereta api dengan naik KA Pangandaran. Adapun harga tiket KA Pangandaran rute Gambir-Banjar kelas eksekutif dibanderol Rp250 ribu dan kelas premium tarifnya Rp160 ribu per orang. Jika berangkat dari Gambir butuh waktu sekitar 8 jam perjalanan untuk tiba di Banjar.

Wisata Pangandaran - www.janganlupabahagia.com
Wisata Pangandaran – www.janganlupabahagia.com

Wisata di Pangandaran

Menurut Hidayat (2011), atraksi Pantai Pangandaran terdiri dari 2 pantai panjang, yakni Pantai Barat dan Pantai Timur dengan keistimewaan utama seperti dapat melihat terbit dan terbenamnya matahari dari tempat yang sama, pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan orang untuk berenang dengan aman, mempunyai garis pantai yang luas, dan suasana desa nelayan yang sangat kental.

Tak hanya pantai, Pangandaran juga memiliki banyak objek wisata lain yang tak kalah menarik. Misalnya saja wisata Citumang yang memacu adrenaline, Curug Jambe Anom, Cukang Taneuh, wisata alam kekinian Pepedan Hills, Green Canyon Pangandaran, Jebulan, Curug Luhur, Gua Sinjang Lawang, Batu Lumpang Garden, Curug Grigis Bunton, Jojogan Hill dengan pemandangan perbukitan yang menakjubkan, dan masih banyak lagi.

di Pangandaran

Liburan ke Pangandaran tentu tak cukup sehari untuk menikmati berbagai keindahan pantai yang ada di sana. Oleh sebab itu Anda butuh penginapan sebagai tempat istirahat Anda selama beberapa hari. Tak perlu khawatir, sebab sudah banyak penginapan berupa , guest house, atau hotel yang cukup murah di Pangandaran. Harga atau rate di Pangandaran berkisar mulai dari Rp75 ribuan hingga Rp100 ribuan per hari. Jika ingin lebih murah lagi, Anda bisa menginap di rumah-rumah warga yang menyewakan untuk para wisatawan.

Wisata Pangandaran - news.mypangandaran.com
Wisata Pangandaran – news.mypangandaran.com

Agar lebih efisien, sebaiknya pastikan Anda menginap di penginapan yang lokasinya tak terlalu jauh dari objek-objek wisata atau dari akses transportasi. Dengan demikian, Anda tak perlu mengeluarkan biaya dobel untuk keperluan angkutan. Untuk urusan makan, Anda bisa menikmati sajian laut alias seafood yang biasanya banyak dijajakan di warung-warung sekitar pantai yang harganya relatif terjangkau.

Referensi:

Lihat Juga:   Hawai Waterpark Malang: Fasilitas, Jam Operasional, dan Harga Tiket Masuk

Hidayat, Marceilla. 2011. Strategi Perencanaan Dan Pengembangan Objek Wisata (Studi Kasus Pantai Pangandaran Kabupaten Ciamis Jawa Barat). Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal. 1(1): 33-43.




Tentang Dian Kartika1108 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan