Info Terbaru Bandara yang Ada di Jawa Tengah




Ilustrasi: aktivitas di bandara
Ilustrasi: aktivitas di bandara

Selama ini sebagian besar masyarakat Indonesia termasuk Anda mungkin hanya mengenal Internasional Ahmad Yani dan Internasional Adi Sumarmo saja yang berlokasi di Provinsi . Padahal, masih ada empat bandara lainnya di . Apa saja itu? Simak info lengkapnya berikut.

Bandara di Semarang

Seperti diketahui, jika Anda berlibur ke Semarang naik , Anda biasanya akan didaratkan di Bandara Ahmad Yani. Ya, bandar udara berkode SRG ini berlokasi di Kota Semarang, lebih tepatnya di daerah Tambakharjo, Semarang Barat, Jawa Tengah. Bandara Ahmad Yani melayani rute penerbangan domestik ke berbagai kota di Indonesia serta penerbangan luar negeri ke sejumlah destinasi seperti Kuala Lumpur (Malaysia) dan Singapura.

Bandara Ahmad Yani di Semarang (sumber: ahmadyani-airport.com)
Bandara Ahmad Yani di Semarang (sumber: ahmadyani-airport.com)

Bandara di Solo

Nah, lain lagi ceritanya jika Anda ingin ke Solo. Solo memiliki bandar udara yang dinamakan Bandara Internasional Adi Sumarmo. Bandara dengan kode SOC ini beralamat di Jl. Bandara Adi Sumarmo, Ngemplak, Surakarta, Jawa Tengah. Seperti halnya Bandara Ahmad Yani, Bandara Adi Sumarmo tak hanya melayani penerbangan rute-rute domestik saja, tetapi juga melayani penerbangan rute-rute internasional ke berbagai negara seperti Singapura dan Malaysia (Kuala Lumpur).

Bandara Adi Sumarmo (sumber: suaramerdeka.com)
Bandara Adi Sumarmo (sumber: suaramerdeka.com)

Bandara di Jepara

Bandara lain di Jawa Tengah yang mungkin belum pernah Anda ketahui adalah Bandara Dewadaru, Bandara Ngloram, Bandara Tunggul Wulung, dan Bandara Wirasaba. Bandara Dewadaru terletak di Kepulauan Karimunjawa, tepatnya di Pulau Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Bandara Dewadaru merupakan bandara yang melayani rute Karimunjawa-Semarang PP dari Bandara Ahmad Yani.

Bandara Dewadaru Karimun Jawa (sumber: airmagz.com)
Bandara Dewadaru Karimun Jawa (sumber: airmagz.com)

Bandara di Cepu

Kemudian, ada Bandara Ngloram yang berlokasi di Cepu, Blora, Jawa Tengah dan telah dibangun sejak tahun 1980 silam. Sayangnya bandara sipil ini hanya beroperasi hingga tahun 1984 dan Pemkab Blora tengah melakukan proses pengambilalihan pengaktifan Bandara Ngloram yang saat ini menjadi aset Kementerian ESDM.

Konsep rancang bangun Bandara Ngloram baru (sumber: skyscrapercity.com)
Konsep rancang bangun Bandara Ngloram baru (sumber: skyscrapercity.com)

Bandara di Cilacap dan Purbalingga

Selanjutnya yang perlu diketahui adalah Bandara Tunggul Wulung yang berlokasi di sebelah barat Kota Cilacap, tepatnya di kawasan Jeruk Legi. Bandara kelas III yang dikelola UPT Ditjen Hubud ini melayani berbagai rute penerbangan domestik tujuan Jakarta, Denpasar, Semarang, , dan Batam. Sementara, Bandara Wirasaba adalah pangkalan udara militer milik TNI AU Wirasaba di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Namun kini, telah resmi berganti menjadi Pangkalan Udara TNI AU Jenderal Besar Soedirman.

Bandara Tunggul Wulung (flickr: @absolutraia)
Bandara Tunggul Wulung (flickr: @absolutraia)

Bandara Jenderal Sudirman yang sebelumnya merupakan milik TNI AU telah dikembangkan menjadi bandara komersial. PT Angkasa Pura (AP) setidaknya menggelontorkan dana Rp350 miliar untuk pembangunan tahap pertama yang dilakukan pada 18 Desember 2017 lalu dan akan beroperasi mulai tahun 2020.

Pada tahap awal, Bandara Jenderal Sudirman ditargetkan mempunyai panjang landasan 1.600 meter dengan lebar 30 meter. Kelak, landasan pacu atau runway bandara tersebut akan dikembangkan menjadi sepanjang 2.000 hingga 2.400 meter dan memiliki seluas 3.000 meter persegi.

[Update: Almasshabur]

Lihat Juga:   Tips Traveling: Wisata ke Yogyakarta dengan Kereta Api




Tentang Dian Kartika1108 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan