5 Pantai Tersembunyi nan Eksotis di Jogja

Pantai Siung - anekatempatwisata.com

Jika menyebut wisata di kawasan , mungkin para wisatawan lebih familiar dengan pantai-pantai seperti Pantai Parangtritis atau Pantai Baron. Padahal, jika ingin melakukan eksplorasi lebih jauh lagi, masih banyak objek wisata pantai tersembunyi di daerah istimewa ini, atau dengan kata lain, belum banyak dijamah wisatawan. Nah, bagi Anda yang saat ini sedang berencana melakukan ke , berikut beberapa pantai tersembunyi di kawasan ini.

Pantai Pok Tunggal

Pantai ini berada di Tepus, kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. ke Pantai Pok Tunggal awalnya disuguhi dengan jalanan yang sulit, sempit, berkelok-kelok, dan agak terjal. Namun, setibanya di pantai, semua tersebut akan langsung terbayar lunas dengan pemandangan yang disuguhkan Pantai Pok Tunggal.

Hamparan pantai pasir putih dengan ombak biru yang menghempas seolah menjadi penawar lelah setelah menyusuri jalan sempit bebatuan tadi. Namun, pesona sesungguhnya dari Pantai Pok Tunggal adalah barisan tebing karang yang berdiri gagah bagaikan benteng yang melindungi pantai ini dari dunia luar. Tebing-tebing yang tegak lurus seperti dinding karang setinggi sekitar 50 meter ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai arena olahraga panjat tebing.

Pantai Pok Tunggal - lookjogja.blogspot.co.id

Pantai Pok Tunggal – lookjogja.blogspot.co.id

Pantai Jogan

Pantai Jogan juga masih berada di kawasan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk mencapai Pantai Jogan, perlu waktu sekitar dua jam berkendara dari pusat Yogyakarta, dengan menyusuri jalanan aspal mulus, berkelok-kelok membelah perbukitan karst yang merupakan sisa lautan jutaan tahun silam. Menggantikan aspal mulus, jalan setapak menjadi pemandu selanjutnya, mengantar Anda dengan didampingi dua sungai kecil di sisi kiri yang nantinya akan menyatu lalu menjelma menjadi .

Lihat Juga:   Kampung Melon Blitar, Surganya Pecinta Buah Melon

Salah satu keunikan Pantai Jogan adalah memiliki air terjun yang jatuh dari tebing, tepat di bibir pantai. Wisatawan dapat bermain-main di air terjun tersebut dengan bebas sambil menikmati panorama pantai, namun tetap harus hati-hati karena track yang cukup licin. Jika beruntung, pengunjung juga bisa menyaksikan ratusan kupu-kupu bergerombol di bebatuan kering di sekitar air terjun.

Pantai Jogan - paketwisatajogja75.com

Pantai Jogan – paketwisatajogja75.com

Pantai Siung

Pantai ini juga berlokasi di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul dan dapat ditempuh dengan berkendara sekitar 2 jam dari Kota Yogyakarta. Stamina yang prima dan performa kendaraan yang baik adalah modal utama untuk bisa menjangkau pantai ini. Maklum, banyak tantangan yang mesti ditaklukkan, mulai tanjakan, tikungan tajam yang kadang disertai turunan hingga panas terik yang menerpa kulit saat melalui jalan yang dikelilingi perbukitan kapur dan ladang-ladang palawija.

Lihat Juga:   Tempat Wisata yang Paling Ramai dikunjungi di Myanmar

Namun, semua “pengorbanan” tersebut akan terbayar tuntas ketika sampai di pantai ini. Birunya laut dan putihnya pasir yang terjaga kebersihannya akan mengobati raga yang lelah. Tersedia juga sejumlah rumah-rumah kayu di pantai, untuk bersandar dan bercengkrama sambil menikmati indahnya pemandangan. Ini masih ditambah dengan batu karang berukuran raksasa yang makin menambah keindahan Pantai Siung.

Pantai Siung - anekatempatwisata.com

Pantai Siung – anekatempatwisata.com

Pantai Drini

Berada di Tanjungsari, Pantai Drini memiliki ciri khas yaitu keberadaan sebuah kecil yang memisahkan pantai menjadi dua bagian, yaitu timur dan barat, yang membuat pantai ini seolah memiliki dua karakter ganda. Wisatawan dapat berjalan menuju kecil tersebut untuk melihat pemandangan laut dari sana. Di pantai ini juga tumbuh santigi yang oleh masyarakat setempat dinamakan dengan Drini, yang menjadi asal mula pantai ini.

Pantai Sadeng

Konon ceritanya, pantai ini dulunya adalah muara dari Sungai Bengawan Solo. Namun, sebuah proses geologi yang terjadi ratusan juta tahun lalu, ketika lempeng Australia menghujam Pulau Jawa, menyebabkan Pulau Jawa sedikit terangkat dan mengubah arah aliran Sungai Bengawan Solo. Jalur sungai ini kemudian disebut dengan Bengawan Solo Purba dan menjadi objek wisata yang menarik. Pantai Sadeng sendiri merupakan pelabuhan perikanan yang cukup besar di Yogyakarta dan berlokasi di Girisubo, Gunung Kidul.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>