10 Objek Wisata Pantai Eksotis di Blitar

Pantai Jolosutro - www.pegipegi.com

Selama ini, jika ingin berkunjung ke pantai di kawasan , wisatawan memang lebih cenderung menentukan pilihannya ke Kabupaten Malang, Pacitan, atau Banyuwangi dan Jember. Padahal, beberapa daerah lain, khususnya yang berada di bagian selatan dan utara, juga memiliki objek wisata pantai yang patut dikunjungi, salah satunya di .

Blitar merupakan dan kabupaten yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur bagian selatan. Daerah ini terletak sekitar 167 km sebelah barat daya dan sekitar 80 km sebelah barat Malang. Blitar ini sebelumnya lebih dikenal sebagai lokasi dimakamkannya presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno atau Bung Karno, dan karena itu dikenal sebagai Proklamator.

Selain sebagai Kota Proklamator, karena terletak di Jawa Timur, Blitar juga memiliki segudang pantai menarik yang bersambungan dengan pantai selatan, layaknya Kabupaten Malang. Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mencari tujuan wisata pantai menarik di Blitar, berikut kami sajikan daftar lengkapnya untuk Anda.

Pantai Jolosutro

Pantai pertama yang cukup dikenal wisatawan ketika berkunjung ke Blitar adalah Pantai Jolosutro. Pantai ini berlokasi di sebuah teluk kecil di Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Jika ditempuh dari Kota Blitar, Anda membutuhkan waktu sekitar 45 menit berkendara untuk bisa sampai di pantai berpasir hitam ini. Meski berpasir hitam, Pantai Jolosutro tetap menarik dikunjungi karena cukup bersih dan tenang, selain memiliki batu-batu karang cadas sebagai pemanis pemandangan.

Pantai Jolosutro - www.pegipegi.com

Pantai Jolosutro – www.pegipegi.com

Pantai Tambakrejo

Pantai ini terletak di selatan Kota Blitar, berjarak sekitar 30 km dari pusat kota, tepatnya di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto. Pantai Tambakrejo memiliki ombak laut yang relatif tenang dan menjadi destinasi wisatawan karena memungkinkan mereka untuk bermain air dan berenang. Selain ombak yang tenang, di Pantai Tambakrejo juga banyak ditemui nelayan yang baru pulang melaut, utamanya di pagi hari. Pengunjung pun bisa membeli ikan-ikan segar di tempat pelelangan ikan di pantai ini dengan harga cukup terjangkau.

Pantai Tambakrejo - www.tripjalanjalan.com

Pantai Tambakrejo – www.tripjalanjalan.com

Pantai Pasetran Gondo Mayit

Jika wisatawan ingin bersantai di suasana yang lebih tenang dibandingkan Pantai Tambakrejo, Pantai Pasetran Gondo Mayit bisa menjadi alternatif menarik. Pantai ini terletak di sisi timur Pantai Tambakrejo. Untuk menuju ke pantai ini, pengunjung harus berjalan kaki menelusuri bukit dan menyeberangi sungai menggunakan perahu.  Selain suasana yang sepi, di pantai ini juga tergolong minim. Hanya ada beberapa warung yang menjual dan minuman. Namun, justru inilah yang menjadi kelebihan Pantai Pasetran Gondo Mayit.

Pantai Pasetran Gondo Mayit - afrikenz.blogspot.co.id

Pantai Pasetran Gondo Mayit – afrikenz.blogspot.co.id

Pantai Serang

Nama pantai ini diambil dari lokasinya yang berada di Desa Serang, sekitar 40 km dari Kota Blitar. Pantai Serang secara garis besar dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu wilayah utama yang memiliki hamparan pasir putih luas, sedangkan dua wilayah lainnya berada di sisi barat pantai utama. Selain panorama yang indah, ini juga memberikan pengalaman menarik lainnya bagi pengunjung, seperti berenang, berjemur, memancing, hingga berperahu. Dan, setiap bulan Sura, diadakan upacara Larung Sesaji di pantai ini.

Pantai Serang - tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Pantai Serang – tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Pantai Pangi

Pantai Pangi berada di Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung. Pantai ini tampil dengan ombak sedang dan karenanya tergolong aman untuk bermain air. Pantainya juga bersih dengan area perbukitan di sekelilingnya. Lokasi pantai yang cenderung sulit diakses membuat objek wisata tersebut masih sepi dari kunjungan wisatawan.

Lihat Juga:   Tempat Wisata Alam Paling Populer di New Zealand

Pantai Gayasan

Pantai Gayasan berada tidak jauh dari Pantai Pangi, tepatnya di sebelah timur Pantai Pangi, sekitar 1 km, dan masih berada di kawasan Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung. Seperti Pantai Pangi, pantai ini juga memiliki pasir kecokelatan namun dengan ombak yang lebih besar. Di sekitar Pantai Gayasan, dapat dijumpai aliran sungai yang cukup dalam.

Lihat Juga:   Tempat Karaoke Hits dan Asyik di Yogyakarta

Pantai Umbul Waru

Pantai ini terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Pantai Umbul Waru dibatasi tebing tinggi dan cukup sempit, sehingga ketika air laut pasang, pengunjung tidak bisa turun menikmati pantai ini. Jadi, waktu yang tepat berkunjung ke pantai ini adalah ketika ombak surut. Salah satu highlight utama pantai ini adalah adanya yang mengalir deras dari sungai di atas tebing yang menghadirkan keindahan tersendiri. Sayangnya, akses jalan yang sulit membuat Pantai Umbul Waru masih jarang dikunjungi wisatawan.

Pantai Peh Pulo

Berlokasi di Desa Sumbersih, Kecamatan Panggung, Pantai Peh Pulo merupakan pantai eksotis di Blitar yang memiliki pasir kecokelatan dan gugusan karang. Untuk mendapatkan pengalaman maksimal ketika traveling ke pantai ini, wisatawan dapat mengeksplorasi pantai dengan naik dan turun bukit demi mendapatkan pemandangan yang menakjubkan. Pemandangan batu-batu karang dari atas bukit sekilas akan mengingatkan Anda dengan keindahan Raja Ampat yang berada di Papua Barat.

Pantai Keben

Lokasi pantai ini berada di Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Jika dibandingkan dengan pantai lainnya di Blitar, Pantai Keben tergolong menjadi pantai yang sangat menantang. Untuk menuju pantai ini, para wisatawan harus melalui akses jalan yang tidak mudah. Meski demikian, tantangan tersebut terbayar dengan keindahan pasir pantai berwarna kecokelatan dan air laut yang jernih.

Pantai Pudak

Nama pantai ini mirip dengan jajanan khas Kabupaten Gresik. Pantai Pudak berada di Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, dan masih satu lokasi dengan Pantai Keben. Pantai Pudak memiliki pasir pantai berwarna putih kecokelatan dengan air laut berwarna biru dari kejauhan. Hampir sama dengan Pantai Keben, jalur menuju Pantai Pudak tidak bisa dikatakan mudah karena harus melewati jalanan aspal yang sudah rusak dan bebatuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>