Tempat Wisata Populer dan Wajib Kunjung di Jawa Tengah

Rawa Pening - panwis.com

Anda saat ini sedang merencanakan dan masih bingung menentukan destinasi wisata yang tepat untuk mengisi Anda? Jika iya, Anda bisa langsung meluncur ke Provinsi Jawa Tengah. Pasalnya, provinsi yang berbatasan dengan Jawa Barat, Yogyakarta, dan Jawa Timur ini memiliki beragam dan objek wisata menarik, baik wisata alam, wisata budaya, maupun wisata kuliner, yang sayang untuk dilewatkan. Berikut kami sajikan beberapa spot wisata menarik dan populer di kawasan Jawa Tengah.

Lawang Sewu

Tempat wisata ini bisa dikatakan yang paling populer di Semarang, yang sekaligus sebagai ibukota Jawa Tengah. Lawang Sewu adalah nama sebuah gedung kuno di kota Semarang. Dibangun pada tahun 1904 oleh Belanda, Lawang Sewu dulunya berfungsi sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda. Nama Lawang Sewu, yang berarti seribu pintu, berasal dari bentuk bangunannya yang memiliki banyak pintu dan jendela.

Yang menarik dari Lawang Sewu adalah suasana mistis yang dilengkapi dengan arsitektur megah khas zaman dahulu. Gedung Lawang Sewu juga memiliki lantai bawah tanah yang dulunya difungsikan sebagai penjara. tempat ini juga strategis, karena terletak persis di jantung kota dan menghadap langsung ke Tugu Muda. Harga tiket masuk Lawang Sewu berkisar Rp10 ribu.

Lawang Sewu - dagelan.co

Lawang Sewu – dagelan.co

Pantai Marina

Masih di Semarang, kali ini ada objek wisata hits bagi mereka yang doyan bermain air laut, yaitu Pantai Marina. Merupakan sebuah pantai kecil di sebelah utara Kota Semarang, Pantai Marina menawarkan suasana yang tenang dan sejuk. Lokasi Pantai Marina sendiri berada di Jalan Yos Sudarso dan merupakan tempat untuk kegiatan lari pagi atau jogging. Akses menuju pantai ini juga cukup mudah karena berdekatan dengan kawasan Pekan Raya Promosi dan Pembangunan Jawa Tengah. Jika suasana sedang bagus, Anda bisa melihat sunset dan sunrise di pantai ini.

Pantai Marina - seputarsemarang.com

Pantai Marina – seputarsemarang.com

Wisata Kuliner Lumpia

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kota Semarang tanpa mencicipi makanan khas kota tersebut, yaitu Lumpia. Ada beberapa daerah yang dapat Anda kunjungi untuk mencicipi makanan khas Semarang ini, yaitu di Gang Lombok, Jalan Mataram, Jalan Pemuda, dan Jagalan. Sekadar , lumpia di Gang Lombok No. 11 adalah warung lumpia tertua di kota ini. Makanan dengan paduan rebung muda, udang, dan telur ini sangat enak dinikmati dengan saus dan daun bawang. Harganya berkisar Rp10.000 per porsi.

Candi Gedong Songo

Ini adalah salah satu candi tersohor di Jawa Tengah. Berlokasi di lereng Ungaran, candi ini merupakan candi peninggalan Hindu yang memiliki total sembilan candi. Selain candi, kompleks Candi Gedong Songo juga telah didukung dengan pemandian air panas dari mata air belerang. Di samping itu, disediakan juga area perkemahan serta atraksi wisata berkuda.

Candi Gedong Songo - www.telusurindonesia.com

Candi Gedong Songo – www.telusurindonesia.com

Rawa Pening

Objek wisata ini terletak di lereng Gunung Merbabu, Ungaran dan Kecamatan Ambarawa. Untuk menuju tempat wisata ini, wisatawan bisa melewati jalan raya Semarang ke Salatiga Ambarawa. Saat pagi hari, Rawa Pening menawarkan suasana yang indah ketika pancaran sinar matahari memantul di atas danau. Wisatawan juga bisa mengelilingi rawa dengan menyewa perahu yang bertarif di kisaran Rp25.000 per jam. Objek wisata Rawa Pening beroperasi setiap hari mulai pukul 08.30 WIB hingga 21.00 WIB.

Rawa Pening - panwis.com

Rawa Pening – panwis.com

Kampoeng Kopi Banara

Ini adalah surganya para penikmat kopi. Terletak di jalan raya Bawean-Salatiga atau jalur Semarang-Solo, dan hanya berjarak 1 km dari Terminal Bawean, Kampoeng Kopi Banara merupakan sebuah perkebunan kopi dengan udara sangat sejuk, berkisar 23-28 derajat Celcius. Fasilitas utama Kampoeng Kopi Banaran adalah Banaran Coffe, sebuah tempat nongkrong bagi penikmat kopi. Di sini, disajikan beragam minuman berbahan dasar kopi, seperti cappuccino, espresso, robusta, hingga banana coffee. Selain kopi, juga tersedia teh poci yang merupakan kuliner khas Ungaran.

Lihat Juga:   Villa Mas, Akomodasi Strategis dan Murah Mulai Rp176 Ribuan di Puncak, Bogor

Umbul Sidomukti

Objek wisata ini terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, atau hanya berjarak 12 km dari Ungaran. Yang unik dari objek wisata ini adalah memiliki kolam renang yang terletak di lereng Gunung Ungaran dan persis di tepi jurang. Kolam renang ini konon kabarnya merupakan kolam renang tertinggi se-Indonesia. Selain kolam renang, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan hutan pinus, air terjun, hingga sawah berundak. Di samping itu, di Umbul Sidomukti, wisatawan juga bisa melakukan kegiatan outbound, berkuda, dan flying fox.

Museum Kereta Api Ambarawa

Sesuai namanya, ini merupakan objek wisata yang cocok dikunjungi mereka yang doyan atau ingin belajar sejarah, terutama tentang perkeretaapian. Museum Kereta Api Ambarawa adalah sebuah stasiun kereta api yang sekarang dialihfungsikan menjadi sebuah museum di Ambarawa, Jawa Tengah. Museum ini memiliki koleksi kereta api yang pernah berjaya pada zamannya.

Daya tarik museum ini adalah dapat melayani kereta wisata Ambarawa-Bedono PP, Ambarawa-Tuntang PP, dan lori wisata Ambarawa-Tuntang pp. Kereta wisata Ambarawa-Bedono PP atau lebih dikenal sebagai Ambarawa Railway Mountain Tour ini beroperasi dari museum ini menuju Stasiun Bedono yang jaraknya 35 km dan ditempuh 1 jam untuk sampai stasiun itu.

Karimunjawa

Berjarak sekitar 83 km di arah barat laut Jepara, taman nasional ini sudah sangat terkenal hingga mancanegara. Karimunjawa merupakan sebuah cagar alam laut yang dilindungi dan kini disebut dengan Taman Nasional Karimunjawa. Berbagai kegiatan pantai bisa wisatawan lakukan di tempat ini, seperti menyelam, snorkeling, memancing, berenang, hingga menjelajahi pulau.

Candi Borobudur

Pernah menjadi salah satu 7 keajaiban dunia merupakan bukti bahwa Candi Borobudur merupakan objek wisata yang tersohor di muka bumi. Situs warisan dunia UNESCO ini wajib Anda kunjungi ketika bertamasya ke Jawa Tengah, tepatnya di Magelang. Candi Borobudur sendiri merupakan candi Buddha terbesar di dunia yang memiliki setidaknya 1.460 relief dan 504 stupa Buddha. Untuk bisa masuk kawasan ini, wisatawan domestik hanya perlu membeli Rp30 ribu per orang untuk dewasa atau Rp12.500 per orang untuk anak-anak.

Ketep Pass

Masih di Magelang, Anda bisa berkunjung ke Ketep Pass. Ini adalah spot strategis jika Anda ingin menyaksikan secara langsung luncuran awan panas Gunung Merapi. Ketep Pass sendiri memiliki sejumlah fasilitas wisata yang menarik, di antaranya Museum Vulkanologi, Bioskop Mini, Teropong, Gardu Pandang, dan Pelataran Panca Arga. Untuk bisa mengunjungi tempat ini, Anda perlu membayar tiket masuk sekitar Rp7.500 per orang.

Lihat Juga:   Wisata Djaman Doeloe di Kampung Kemasan Gresik

Museum Purbakala Sangiran

Museum ini terletak di Sragen, kawasan yang merupakan perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Museum purbakala ini memiliki setidaknya 13.809 koleksi fosil manusia purba dan karenanya, sama seperti Candi Borobudur, dinobatkan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Museum Purbakala Sangiran ini sendiri memberikan sumbangsih besar bagi perkembangan pengetahuan dunia, khususnya di ilmu arkeologi, geologi, paleoanthropology, dan biologi.

Dataran Tinggi Dieng

Jangan pulang dari Jawa Tengah sebelum Anda berkunjung ke kawasan ini. Terletak di Kabupaten Wonosobo, dataran tinggi Dieng menawarkan pesona alam yang sangat menakjubkan. Sejumlah landmark memikat dapat Anda temui di kawasan ini, termasuk candi-candi peninggalan Kerajaan Hindu, Bukit Sinukir Dieng, Telaga Warna Dieng, hingga Sumur Jalatunda. Masyarakat setempat sendiri menganggap tempat ini sebagai tempat persemayaman dewa-dewi.

Kawasan Wisata Baturaden

Berlokasi di Banyumas, kawasan wisata ini terkenal dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk karena berada di lereng Gunung Slamet. Dari tempat ini, Anda dapat melihat pemandangan Kota Purwokerto, Pulau Nusa Kambangan, serta sejumlah pantai di kawasan Cilacap. Salah satu yang terkenal dari Baturaden adalah pemandian air panas Pancuran Pitu yang selalu ramai didatangi pengunjung.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Beralih ke Kota Solo, objek wisata yang wajib Anda kunjungi adalah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Terletak di Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, keraton yang didirikan pada tahun 1744 ini menyimpan banyak nilai sejarah, termasuk peninggalan keraton dan fragmen candi-candi di Jawa Tengah. Di samping itu, di keraton ini juga terdapat Panggung Sanggabuwana, yang konon menjadi tempat bersemadi Susuhan dan bertemu Nyai Roro Kidul.

Ngarsopura Night Market Solo

Masih di Kota Solo, Ngarsopura Night Market merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang doyan berbelanja. Di tempat ini, Anda bisa membeli aneka kerajinan, batik, souvenir, hingga sajian kuliner khas Solo. Ngarsopura Night Market sendiri beroperasi di Jalan Diponegoro dan buka pada hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 19.00 WIB. Selain berbelanja, wisatawan juga dihibur dengan sajian live performance, seperti tarian, musik jazz, hingga musik etnik.

Grojogan Sewu Tawangmangu

Objek wisata ini terletak di Tawangmangu, Karanganyar. Di musim liburan, tempat wisata ini selalu ramai diserbu wisatawan, baik yang datang dari Jawa Tengah maupun dari provinsi lainnya. Selain air terjun yang deras, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan alam yang masih hijau dan asri, serta beberapa ekor kera liar yang berkeliaran.

Pantai Karang Bolong

Tempat wisata ini berlokasi di Kebumen. Pantai Karang Bolong merupakan objek wisata yang sudah populer dan wajib dikunjungi ketika berwisata ke Kebumen. Keunikan objek wisata ini adalah memiliki tiga gua yang menjadi sarang burung walet, yaitu Gua Pasir, Gua Karangduwur, dan Gua Karang Bolong. Pengambilan sarang walet biasanya dilakukan 4 kali, yaitu pada musim kedua, keempat, ketujuh, dan kesembilan dalam kalender Jawa, dan didahului upacara selamatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>