Rekomendasi Wisata Pantai di Dekat Banyumas




Pantai Jetis - www.jalanjalanenak.com
Pantai Jetis - www.jalanjalanenak.com

memang memiliki banyak potensi yang mengagumkan, kawasan Baturaden salah satu contohnya. Namun, karena berada di lereng Gunung Slamet, spot alam di daerah ini memang lebih didominasi oleh pemandian air panas, air terjun, atau hutan. Jadi, jika wisatawan ingin rekreasi ke , perlu ke Kabupaten Kebumen atau Cilacap yang memang berbatasan dengan kabupaten tersebut. 

Secara geografis, Banyumas berbatasan dengan Kabupaten Brebes di sebelah utara, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Kebumen di sebelah timur, Kabupaten Cilacap di sebelah selatan dan barat. Punya banyak rujukan liburan, spot wisata di daerah ini didominasi oleh gua, air terjun, dan wana wisata.

Lalu, bagaimana jika turis ingin bermain-main air laut di pantai? Sayangnya, karena tidak berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, memang tidak ada wisata pantai di Banyumas. Meski demikian, wisatawan tidak perlu galau terlebih dahulu. Karena, bisa langsung meluncur ke Kebumen yang berada dekat dengan Banyumas. Berikut spot pantai yang terletak paling dekat dengan Banyumas.

Pantai Menganti

Pantai ini dapat Anda temukan di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen. Jika Anda datang dari arah Purwokerto, ambil jalur menuju Pantai Ayah atau Pantai Logending. Saat menuju ke jalur tersebut, Anda akan menemukan persimpangan arah ke kanan dan ke kiri. Anda bisa mengambil persimpangan dengan arah ke kiri. Nantinya, Anda akan menemui jalan menanjak. Untuk sampai ke Pantai Menganti Anda membutuhkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit lamanya.

Meski punya bumbu-bumbu cerita mistis, namun keindahan Pantai Menganti memang tidak boleh disangkal. Dengan harga tiket masuk cuma Rp5.000 (belum ongkos parkir), Anda akan menemukan hamparan pasir pantai berwarna putih halus, berpadu serasi dengan air laut yang biru. Ketika cuaca sedang cerah, pantulan awan langit akan menambah keindahan pantai tersebut.

Keunikan lain pantai ini adalah banyaknya bukit-bukit yang masih asri berwarna hijau. Meski tinggi dan besar, bukit-bukit tersebut masih memungkinkan untuk didaki. Ketika sampai di atas bukit, Anda dapat memandangi pantai dan lautan lepas yang elok dengan lebih lapang, plus ombak-ombak yang menggulung ke tepian.

Keindahan Pantai Menganti tidak berakhir di situ. Masih di atas bukit, traveler juga bakal menemukan Tanjung Karangbata, yang menyajikan pemandangan Laut Selatan yang begitu luas. Ketika berkunjung pada musim hujan, wisatawan juga berkesempatan untuk menemukan beberapa air terjun yang akan muncul di sebuah titik dengan ketinggian sekitar 30 meter.

Untuk mereka yang datang dari jauh dan membutuhkan bermalam, di sekitar kawasan pantai pun bisa ditemukan beberapa penginapan. Umumnya dikelola oleh perorangan, sewa akomodasi-akomodasi ini cukup terjangkau, mulai Rp100 ribu hingga Rp200 ribuan per malam. Meski tidak permanen, namun yang disediakan tergolong komplet, seperti mandi bersih, ranjang, dan tentu saja view lautan lepas.

Pantai Menganti - www.idntimes.com
Pantai Menganti – www.idntimes.com

Pantai Jetis

Pantai lainnya yang berlokasi lumayan dekat dari Banyumas adalah Pantai Jetis. Seperti namanya, pantai ini berlokasi dari Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap. Dari Banyumas, Anda bisa menuju pantai ini dengan durasi waktu sekitar 1 jam 30 menit menggunakan kendaraan bermotor jika lalu lintas sedang normal. Anda bisa meluncur terlebih dahulu ke Kebumen, kemudian lewat arah Pantai Petanahan, kemudian lurus hingga sampai di gerbang pantai.

Menurut beberapa sumber, Pantai Jetis ini dulunya adalah bekas area tambang. Tambang ini dikelola PT ANTAM yang mengakhiri masa baktinya tahun 2007 silam. Pada akhir masa operasional, perusahaan lantas melakukan reklamasi lahan. Masyarakat ketika itu meminta kawasan pantai dihijaukan dengan ditanami cemara udang dan kelapa, serta lubang-lubang bekas tambang diratakan.

Seiring waktu, masyarakat setempat mulai berpikir bahwa pantai tersebut bisa dikembangkan untuk pariwisata. Pelan-pelan, kawasan itu dibangun dan beberapa gazebo didirikan. Pengunjung datang sedikit demi sedikit. Setelah itu, barulah perubahan ‘ekstrem’ dilakukan sekitar pertengahan tahun 2016, dengan memasang ratusan patung di dahan cemara, sering disebut Taman Payung Pantai Jetis.

Konon, pertumbuhan wisata di Pantai Jetis hingga detik ini masih belum ada campur tangan dari pemerintah. Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) yang berinisiatif mengembangkan area tersebut dengan menghadirkan beberapa wahana modern. Salah satu yang sudah berdiri adalah kolam renang, yang secara garis besar disediakan untuk anak-anak.

Menurut ulasan pengunjung yang sempat mampir, Pantai Jetis menjadi spot liburan yang cocok bagi keluarga. Suasana yang disajikan masih sangat alami, dengan pemandangan lautan lepas. Selain menikmati keindahan pantai, wisatawan juga dapat berwisata kuliner di tempat ini, atau menyaksikan pemandangan matahari terbenam ketika sore hari saat cuaca sedang cerah.

Pantai Jetis - www.jalanjalanenak.com
Pantai Jetis – www.jalanjalanenak.com

Pantai Suwuk

Alternatif liburan pantai lainnya yang dapat Anda kunjungi dari Banyumas adalah Pantai Suwuk. Seperti namanya, tempat ini berada di Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Jika Anda bertolak dari Banyumas, Anda bisa menempuh waktu sekitar 2 jam berkendara dengan melewati Jalan Ayah dan Karang Bolong. 

Pantai Suwuk menjadi muara dari Sungai Telomoyo yang mengalir di sepanjang wilayah Kebumen. Muara yang terletak di sebelah barat pantai ini juga menjadi pemisah antara Pantai Suwuk dengan Pantai Karang Bolong. Bila Anda berminat untuk menyusuri sungai, silakan siapkan kocek sebesar Rp25 ribu saja untuk menaiki perahu.

Pemandangan perbukitan pun bisa Anda saksikan di pantai ini. Tak hanya satu, bukit tersebut berjumlah tiga, yang berada di sebelah barat pantai. Berbeda dengan bukit di sepanjang pantai Gunung Kidul yang berupa karang dan cenderung gersang, deretan bukit-bukit di Pantai Suwuk ini berupa kapur tetapi subur dan berwarna hijau yang mampu menyejukkan mata.

Sisi menarik lain dari objek wisata ini adalah dengan adanya bangunan pesawat Boeing 737. Bangunan ini bukanlah merupakan bangkai pesawat asli, melainkan sengaja dibangun untuk memaksimalkan fungsi pantai sebagai destinasi wisata. Untuk bisa berkunjung ke tempat ini, wisatawan hanya dikenakan tiket masuk seharga Rp4.500 per orang.

Pantai Suwuk - travel.detik.com
Pantai Suwuk – travel.detik.com
Lihat Juga:   Info Penginapan Murah di Dekat Pantai Ngobaran Gunung Kidul




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan