Harga Penginapan Tenda dan Pondok Kayu di Negeri di Atas Awan Citorek, Banten




Negeri di atas awan Citorek, Banten (sumber: kabar6.com)
Negeri di atas awan Citorek, Banten (sumber: kabar6.com)

Negeri di Atas Awan merupakan salah satu destinasi populer di Desa Citorek Kidul, Banten dengan pemandangan hamparan awan di atas Gunung Luhur yang masih asri.[1] Nah, selain sudah dilengkapi fasilitas rekreasi, Negeri di Atas Awan juga menyediakan penginapan dengan harga relatif terjangkau untuk para wisatawan yang ingin bermalam.

Fasilitas Negeri di Atas Awan Citorek

Terletak di Gunung Luhur, Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, objek wisata Negeri di Atas Awan memiliki pemandangan yang menakjubkan. Terletak di ketinggian 901 m di atas permukaan laut, para turis tidak hanya bisa melihat bukit dan pegunungan sekitar yang menjulang tinggi dan berwarna hijau, tetapi juga awan yang berwarna putih kebiruan.

Seperti namanya, daerah tersebut memang terlihat seperti negeri di atas awan dengan pijakan tanah dan batuan yang sedikit terjal. Bagian pinggirnya adalah tanah lapang yang luas yang biasa dipakai untuk berfoto dan bersantai para wisatawan. Tak hanya itu, jika Anda beruntung, Anda bisa menyentuh awan dari tempat Anda berdiri di lokasi wisata tersebut.

Dilansir dari KabarBanten.com, meskipun kondisi cuaca sedang buruk, pesoda Negeri di Atas Awan tidak akan berkuranga. Namun, sebaiknya Anda tidak mengunjungi tersebut saat cuaca buruk, apalagi saat hujan deras dan badai, karena dikhawatirkan jalanan yang licin mempersulit perjalanan Anda.

Kawasan Citorek, Banten (sumber: liputan6)
Kawasan Citorek, Banten (sumber: liputan6)

Sementara itu, jika cuacanya cerah, akses jalan menuju Negeri di Atas Awan terbilang sangat mudah, karena berada tepat di jalan provinsi ruas Cipanas-Warungbanten. Anda juga tak harus bersusah payah mendaki untuk sampai ke lokasi, karena jalanan yang tidak licin dan cukup aman.

Lihat Juga:   Arus Wisatawan Asing Jogja Didominasi Turis Eropa

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, Anda bisa memarkir kendaraan terlebih dahulu di kaki Gunung Luhur atau lereng gunung tersebut sebelum mendaki. Tempat parkir untuk menuju ke wisata Negeri di Atas Awan cukup luas. Anda tidak perlu khawatir karena setiap spot parkir dijaga selama 24 jam oleh pengurusnya.

Sesampainya di Negeri di Atas Awan, Anda harus membayar masuk terlebih dahulu. Menurut review pelancong yang pernah pergi ke Negeri di Atas Awan, wisatawan harus membayar harga tiket masuk sebesar Rp5 ribu per orang. Tentunya, tarif masuk Negeri di Atas Awan tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas publik yang ada di Negeri di Atas Awan terbilang lengkap, antara lain tempat bersantai, area piknik, spot berfoto, kayu, tempat duduk bambu, ayunan, dan toilet. Ada juga warung kecil dan kafe yang menyediakan aneka minuman serta gorengan. Selain itu, pihak tempat rekreasi menyediakan tempat inap yang bisa Anda dengan fasilitas seperti berikut.

Penginapan Negeri di Atas Awan Citorek

Penginapan di Negeri di Atas Awan terdiri dari dua jenis, yakni camping ground dan pondok kayu. Area camping ground terletak persis di depan pondok kayu dan sudah dipetak-petak, sehingga Anda hanya perlu mendirikan tenda di tempat tersebut. Untuk masalah logistik, sebaiknya Anda membawa tenda dan peralatan memasak sendiri dari rumah, karena menyewa tenda dan peralatan di sini terbilang cukup menguras kantong.

Lihat Juga:   Mengenal Tipe-Tipe Traveller, Simak Perbedaannya!
Camping ground di Citorek, Banten (sumber: liputan6)
Camping ground di Citorek, Banten (sumber: liputan6)

Fasilitas publik yang bisa Anda pakai saat bercamping di Negeri di Atas Awan, di antaranya toilet, area bakar-bakar, spot khusus membuat api unggun, dan bangku atau tempat duduk untuk bersantai. Ada juga tempat ibadah atau mushola kecil yang tak jauh dari toilet.

Sementara itu, pondok-pondok kayu yang ada di spot wisata ini biasanya disewa oleh mereka yang berkunjung bersama rombongan keluarga atau teman. Setiap pondok kayu memiliki balkon dan teras sebagai area untuk bersantai. Bagian dalamnya dilengkapi dengan tempat tidur, lemari pakaian, dan set meja rias. Penginapan ini juga sudah dibekali dengan stop kontak dan lampu. Beberapa pondok memiliki mandi dalam yang dilengkapi shower dan kloset duduk.

Harga Penginapan Negeri di Atas Awan Citorek

Berdasarkan review turis yang pernah menginap di Negeri di Atas Awan, pelancong harus membayar biaya inap Rp100 ribu per malam untuk tenda (sudah termasuk tenda dan peralatan camping lengkap) dan Rp150 ribu hingga Rp300 ribu per malam untuk akomodasi model pondok kayu. Biaya akomodasi tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi lebih jelas mengenai penginapan di Negeri di Atas Awan, Anda bisa langsung ke lokasi.

[1] Purwantoro, Tono. 2020. Kredibilitas Komunikator pada Destinasi Wisata Melalui Media Sosial (Video Viral Negeri di Atas Awan Citorek Banten). Ekspresi dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia, Vol. 3(2): 82-95.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan