Rekomendasi Destinasi Wisata Alam di Tuntang Dekat Salatiga




Wisata Goa Rong - travelingyuk.com
Wisata Goa Rong - travelingyuk.com

Jika Anda sedang berlibur ke , tidak ada salahnya jika mampir ke Tuntang. Ini merupakan salah satu kecamatan yang letaknya berada di daerah Semarang, namun dekat , karena terdapat jalan Tuntang-Beringin di daerah . Di Tuntang sendiri, ada beberapa destinasi yang bisa membuat liburan Anda lebih seru.

Untuk menuju Tuntang, dari Semarang jaraknya sekitar 10,5 km atau dapat ditempuh selama 22 menit menggunakan kendaraan bermotor. Bagi Anda yang sudah mempersiapkan keperluan berlibur, saatnya Anda menyiapkan spot wisata yang akan Anda kunjungi di Tuntang. Berikut adalah rekomendasi tempat rekreasi di kawasan tersebut.

Tlogo Plantation Tuntang

Salah satu alam keluarga yang di Tuntang hingga saat ini adalah Tlogo Plantation Tuntang. Ini merupakan salah satu tempat rekreasi dengan pemandangan alam yang asri dan udara yang sejuk. Setiap area di spot liburan tersebut memiliki pohon dan tanaman bunga yang tertata rapi.

Suasana yang sejuk dan asri seringkali dimanfaatkan oleh para untuk bersantai dan piknik keluarga. Di tersebut, Anda bisa mengajak anak-anak untuk bermain di alam terbuka sekaligus belajar. Aktivitas umum yang biasanya dilakukan oleh anak-anak di Tlogo Plantation Tuntang ini adalah belajar bercocok tanam. 

Mereka akan dikenalkan dengan berbagai jenis tanaman hias hingga sayur dan buah, juga akan diajak untuk menanam dan merawat tanaman-tanaman tersebut. Selain itu, ada tempat khusus yang dilengkapi dengan wahana permainan anak, mulai dari ayunan hingga jungkat-jungkit. Anda tidak perlu khawatir jika mengajak putra-putri Anda, karena mereka akan bermain dengan riang gembira.

Di beberapa spot yang ada di Tlogo Plantation Tuntang, sudah dilengkapi dengan bangku . Bangku tersebut berjajar rapi dan terbuat dari kayu. Beberapa spot bahkan menyediakan satu set meja dan kursi untuk bersantai atau sekadar mengobrol bersama keluarga dan teman. 

Untuk menuju tempat ini, tidak sulit. Anda hanya perlu melewati Jl. Raya Glendang Salatiga. Jika bertolak dari Alun-Alun Salatiga, Anda bisa menempuh waktu perjalanan selama 24 menit menggunakan kendaraan bermotor. Setelah Anda melewati Jl. Raya Glendang Salatiga, Anda bisa langsung menuju ke Jl.Tlogo Pariwisata. 

Melewati jalan tersebut, Anda akan menemukan perempatan. Ambil arah kanan menuju Jl. Raya Tuntang-Beringin. Setelah itu, ikuti jalan tersebut hingga Anda menemukan pertigaan, belok ke Jl. Ngelerak, dan Anda sudah bisa melihat tempat tujuan Anda. Jika Anda masih bingung dengan tersebut, Anda bisa mencoba bertanya pada penduduk sekitar atau melihat GPS.

Tlogo Plantation Tuntang - ihategreenjello.com
Tlogo Plantation Tuntang – ihategreenjello.com

Wisata Goa Rong

Rekomendasi tempat wisata alam berikutnya yang ada di Tuntang yaitu Goa Rong. Ini merupakan salah satu destinasi rekreasi favorit di kalangan wisatawan lokal maupun luar kota. Para pengunjungnya kebanyakan dari kalangan remaja, terutama mereka yang suka berwisata alam. Pasalnya, suasana di Goa Rong berbeda dengan goa pada umumnya.

Wisata Goa Rong sudah dilengkapi dengan berbagai macam menarik, termasuk spot foto. Banyak orang berfoto di Goa Rong dengan latar belakang pemandangan yang asri dan tugu bertuliskan “Goa Rong”. Goa tersebut selain dikelilingi tumbuhan berbunga, juga dihiasi beragam jenis pohon besar, sehingga menyerupai hutan kecil.

Kebanyakan orang yang berkunjung tidak hanya sekadar bersantai, mereka juga piknik dan sebagian ada yang bersepeda. Di sekitar area goa, Anda bisa menemukan spot untuk melihat keindahan hutan dari ketinggian 600 m. Tempat tersebut sudah dilengkapi dengan gazebo yang menghadap langsung ke pemandangan alam di bawah. 

Bagi Anda yang lapar dan kebetulan tidak membawa bekal, Anda juga tidak perlu khawatir. Di area goa bagian atas, telah tersedia cafe yang memiliki pemandangan bukit dari atas. Ada banyak menu makanan serta minuman yang bisa Anda pesan, mulai dari makanan berat hingga camilan.

Untuk menuju Wisata Goa Rong dari Alun-Alun Kota Salatiga, jaraknya sekitar 11 km atau sekitar 24 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Anda bisa melewati rute melalui Jl. Diponegoro dan Jl. Nasional. Jika Anda masih belum paham dengan rute tersebut, Anda bisa bertanya kepada penduduk sekitar atau mengikuti arahan GPS.

Wisata Goa Rong - travelingyuk.com
Wisata Goa Rong – travelingyuk.com

Rawa Pening

Saat Anda berkunjung ke Tuntang, tidak ada salahnya jika Anda mampir ke Rawa Pening. Ini merupakan salah satu danau yang letaknya berada di Semarang dan dekat dari Tuntang maupun Salatiga. Jika Anda datang dari Salatiga, maka waktu tempuhnya sekitar 30 menit berkendara. Namun, jika Anda dari Tuntang, waktu tempuhnya sekitar 14 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Dari Tuntang, Anda bisa melewati Jl. Semarang-Surakarta. Rute ini adalah rute paling dekat untuk menuju Danau Rawa Pening. Dari Tuntang, ambil arah kanan menuju Jl. Semarang-Surakarta. Ikuti jalan tersebut dan menuju ke Jl. M. Sarbini. Setelah itu, Anda bisa menuju Jl. Khan Abdul Halim. Sejauh 600 m dari jalan tersebut, Anda akan menemukan Danau Rawa Pening yang membentang luas.

Danau tersebut sering dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Anda tidak hanya bisa berfoto, tetapi juga berpiknik. Di sekitar area danau, sudah terdapat tempat-tempat teduh yang bisa Anda jadikan tempat untuk piknik. Terdapat pula wahana bermain anak dan warung penjual makanan seafood dengan bahan ikan segar.

Itulah rekomendasi beberapa tempat wisata populer di Tuntang Salatiga yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga atau rekan-rekan Anda. Memang, tidak banyak spot wisata di Tuntang. Namun, destinasi wisata alam di atas bisa menjadi referensi Anda agar liburan Anda di Tuntang tidak membosankan.

Rawa Pening - www.jejakpiknik.com
Rawa Pening – www.jejakpiknik.com
Lihat Juga:   Ingin Lihat Gemerlapnya Berastagi? Yuk, Kunjungi Penatapan Saat Malam Hari!




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan