Rekomendasi Wisata Dekat Stasiun Blitar, Murah dan Menyenangkan




Stasiun Blitar (sumber: travelingyuk)
Stasiun Blitar (sumber: travelingyuk)

Untuk mereka yang ingin berhemat, saat liburan ke suatu daerah dan kebetulan menumpang kereta api, maka rekomendasi terbaik untuk menghilangkan penat adalah pergi ke spot wisata dekat stasiun. Masing-masing biasanya sudah punya spot liburan asyik yang tidak jauh dari stasiun kereta api, termasuk ketika Anda berencana melakukan kunjungan ke Kota Blitar.

Blitar walau sudah tidak bisa lagi disebut sebagai kota kecil, tetapi juga belum bisa dikatakan sebagai kota besar, sehingga mungkin pamor wisatanya masih kalah dibandingkan tetangganya seperti Kota atau Kabupaten Malang. Meski demikian, Blitar diprediksi memiliki perkembangan yang signifikan berdasarkan arahan RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) Jawa Timur.[1]

Selain itu, Blitar sebenarnya juga sudah memiliki sejumlah objek wisata yang menarik. Ada objek wisata bersejarah, pemandian umum atau waterpark, hingga wisata belanja. Bahkan, beberapa objek wisata tersebut berjarak cukup dekat dari Stasiun Blitar sehingga Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk menumpang angkutan umum. Jika penasaran, berikut referensi spot liburan di dekat Stasiun Blitar.

Aloon-Aloon Blitar

Aloon-Aloon Blitar (sumber: tribunnews)
Aloon-Aloon Blitar (sumber: tribunnews)

Seperti kebanyakan lainnya, lokasi stasiun biasanya dekat dengan alun-alun, dan ini juga terjadi di Blitar. Aloon-Aloon Blitar, demikian nama taman ini, cuma berjarak sekitar 450 meter dari Stasiun Blitar. Jadi, wisatawan hanya perlu berjalan kaki sekitar lima menit untuk tiba di tempat ini, tidak perlu menumpang kendaraan umum sehingga uang saku dapat disimpan.

Pemerintah setempat sudah menyiapkan sejumlah fasilitas untuk pengunjung yang datang. Saat tiba di Aloon-Aloon Blitar, Anda akan menemukan jogging track, toilet, dan sarana fitness. Selain itu, terdapat banyak pedagang kaki lima yang menjual aneka jajanan dan makanan, terutama yang khas Blitar, seperti es pleret. Di beberapa kesempatan, juga diadakan pameran atau bazar murah.

Lihat Juga:   Penginapan Rumah Hijau, Akomodasi Ekonomis di Palembang

Taman Pecut

Taman Pecut (sumber: kompasiana)
Taman Pecut (sumber: kompasiana)

Rekomendasi objek wisata dekat Stasiun Blitar lainnya adalah Taman Pecut. Lokasinya berada di sebelah selatan Aloon-Aloon Blitar, tepatnya di Jalan Merdeka, Kepanjenkidul, Blitar. Dari Stasiun Blitar, jarak menuju taman ini sekitar 1 km. Anda dapat berjalan kaki dari stasiun dengan waktu sekitar sepuluh menit saja untuk tiba di Taman Pecut.

Lalu, apa keistimewaan Taman Pecut? Setiap Sabtu malam, taman ini menghadirkan atraksi air mancur warna-warni. Selain itu, tentu saja patung tangan yang membawa pecut, yang menginspirasi nama taman ini. Taman ini pun ramai didatangi warga lokal yang ingin nongkrong bareng teman atau sekadar berfoto karena tidak mengenakan tiket masuk alias gratis.

Makam Bung Karno

Pusara makam Bung Karno (sumber: news.detik.com)
Pusara makam Bung Karno (sumber: news.detik.com)

Apabila ke Blitar, memang tidak akan lengkap tanpa mengunjungi tempat bersejarah ini. Yup, Makam Bung Karno dapat Anda capai setelah berkendara sekitar 10 menit saja dari Stasiun Blitar. Selain makan Sang Putra Fajar sekaligus salah satu proklamator Indonesia, wisatawan juga dapat menemukan museum dan perpustakaan saat liburan ke tempat ini.

Cocok untuk para pencinta literasi, seni, dan sejarah, selain berziarah ke makam founding father, pelancong juga dapat membaca koleksi buku-buku serta melihat-lihat galeri foto, lukisan, dan beberapa barang peninggalan Soekarno, termasuk lukisan Bung Karno yang ‘berdetak’. Di sekitar kawasan ini pun sudah terdapat Gang Perdamaian Dunia, yang menjual buku biografi tokoh serta tempat belanja oleh-oleh khas Blitar.

Sumber Udel Waterpark

Sumber Udel Waterpark (sumber: blitarkota.go.id)
Sumber Udel Waterpark (sumber: blitarkota.go.id)

Dengan udara yang cenderung panas, mungkin banyak di antara Anda yang ingin menyegarkan diri saat berkunjung ke Blitar. Nah, di dekat stasiun, sudah ada Sumber Udel Waterpark, salah satu kolam renang hits di tersebut. Anda bisa menemukannya di Jalan Kalibrantas No. 31, Bendo, Kepanjenkidul, Kota Blitar, atau hanya berselang enam menit berkendara dari stasiun.

Lihat Juga:   Pantai Muara Kintap, Pantai Nge-Hits di Kabupaten Tanah Laut dengan ‘Ayunan Jomblo’

Konon sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, menurut review pelancong yang pernah mampir, Sumber Udel Waterpark dikatakan punya kolam renang berukuran besar, dengan sumber mata air di belakang area parkir bus. Fasilitas lainnya adalah karaoke, food court, musala, dan toilet. Dengan harga tiket cuma Rp20 ribu per orang, Sumber Udel Waterpark bisa menjadi alternatif wisata murah saat liburan ke Blitar.

Taman Kebon Rojo

Taman Kebon Rojo (sumber: visitblitar.com)
Taman Kebon Rojo (sumber: visitblitar.com)

Spot wisata ini berada di Jalan Diponegoro No. 12, Bendogerit, Sananwetan, Blitar. Apabila Anda berangkat dari Stasiun Blitar, Anda cukup berkendara sekitar enam menit untuk tiba di Taman Kebon Rojo melintasi Jalan Mastrip dan Jalan Tentara Genie Pelajar (TGP). Namun, jika Anda memilih melalui Jalan Semeru, jaraknya sekitar 2,4 km atau tujuh menit berkendara.

Seperti Aloon-Aloon Blitar, Taman Kebon Rojo juga tidak memungut karcis masuk untuk wisatawan alias gratis, tetapi tetap membayar tarif parkir jika membawa kendaraan pribadi. Di sini, pengunjung dapat melihat pohon dan tumbuhan hijau, area bermain anak, dan sejumlah spot foto. Selain itu, tersedia pula kebun binatang mini dengan koleksi hewan seperti rusa, burung merak, musang, dan lainnya.

[1] Gomo, Pandu Panoto, Tito Haripradianto, Ali Soekirno. 2015. Perancangan Pusat Kunjungan di Blitar (Blitar Visitor Center). Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya, Vol. 3(2).




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan