Update Tarif Hotel Murah di Kuningan, Jawa Barat




Penginapan murah di Kuningan (sumber: booking.com)
Penginapan murah di Kuningan (sumber: booking.com)

Kuningan merupakan nama dari sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Barat. Kabupaten ini terletak di bagian ujung timur Jawa Barat, berbatasan dengan wilayah Jawa Tengah. Tapal batas alam Kuningan berupa Gunung Ciremai di sebelah barat, Sungai Cijolang di sebelah selatan, Situ Malahayu di sebelah timur, serta Sungai Cisanggarung dan sebagian Jalan Caracas-Sindang Laut di sebelah utara.[1] Dengan lokasinya yang strategis, membuat kawasan Kuningan terdapat banyak tempat wisata dan sebagai akomodasi pelengkap liburan wisatawan yang datang.

Memiliki 32 kecamatan yang terbagi atas 361 desa dan 15 kelurahan, Kuningan terdiri atas pegunungan dan dataran tinggi di bagian barat dan selatan, serta dataran rendah di bagian utara dan timur. Pemandangan beberapa tempat di bagian barat cukup indah, tanahnya subur, serta mengandung banyak sumber air, termasuk sumber air panas, dan banyak pula mengandung nilai legendaris dan historis. Tempat-tempat semacam ini, karenanya memiliki potensi sebagai objek wisata, di samping sebagai pertanian dan perikanan.[2]

Tempat Wisata di Kuningan

  • Talaga Remis. Berjarak kurang lebih 37 km atau dapat ditempuh 1 jam dari pusat Kota Kuningan, Remis memiliki seluas 13 hektar untuk wilayah keseluruhan, sedangkan luas danau atau telaganya hanya mencapai 3,25 hektar. Selain menikmati suasana asri, ada pula sepeda air yang disediakan untuk berkeliling telaga.
  • Taman Wisata Alam Linggarjati. Taman ini tersedia banyak fasilitas dan daya tarik yang dapat dieksplorasi, seperti kolam ikan, kolam renang, kolam arus, sepeda air, hingga tempat camping dan playground.
  • Waduk Darma. Waduk tersebut mempunyai luas area sekitar 425 hektar. Keindahan Waduk Darma semakin lengkap karena dikelilingi hamparan alam pegunungan yang asri dan sejuk. Hampir setiap hari, terutama pada hari libur, banyak pengunjung dari berbagai daerah menghabiskan waktunya di Waduk Darma.
  • Curug Putri Landung. Curug Landung berada di kaki Gunung Ciremai, sehingga udaranya masih sejuk dan segar, pas untuk mencari tempat untuk bersantai setelah lelah beraktivitas di kota. Tempat wisata alam ini punya berbagai spot foto Instagramable, ada yang bentuk sarang burung, bunga, dan yang cukup menguji adrenalin adalah spot foto ayunan gantung.
Lihat Juga:   Rekomendasi Lengkap Hotel Ramah Anak di Surabaya dan Tarifnya
Talaga Remis Kuningan (sumber: kompas)
Talaga Remis Kuningan (sumber: kompas)

Karena punya banyak spot liburan yang oke, di Kuningan juga berdiri banyak penginapan, mulai dari yang sederhana hingga kelas berbintang. Berikut kami tampilkan daftar beberapa hotel bertarif di kawasan Kuningan, Jawa Barat.

Hotel di Kawasan Kuningan

Nama Alamat & Nomor TeleponTarif per Malam
Linggarjati Jl. Linggasana, Linggasana, Kec. Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. 0878-7626-291Rp100.000
Hotel Vankana Syariah Kuningan RedPartnerJl. Otista No.106 – 108, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. (021) 80629666Rp114.000
Ayong M Linggarjati Hotel & Convention CentreJl. Linggarjati No. 14, Cilimus, Linggasana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. (0232) 613644Rp142.079
Anggrek HotelJl. Otista 112, Kuningan, Jawa Barat.

(0232) 871 445

Rp200.000
Hotel Purnama MuliaJl. Raya Cigugur RW.5, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. (0232) 876771Rp200.000
Kencana HotelJl. Cipanas No. 217, Sangkanhurip, Kec. Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. (0232) 613827Rp250.000
Cemara HotelJl. Panawuan 137, Cigandamekar, Kuningan, Jawa Barat. (0232) 613 367Rp275.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, tarif hotel di Kuningan saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, tarif kamar di Ayong M Linggarjati Hotel & Convention Centre yang semula dibanderol mulai Rp200 ribu, kini turun menjadi Rp142.079 per malam. Sementara itu, tarif Cemara Hotel justru naik dari Rp140.000 menjadi Rp275.000 per malam.

Perlu diingat, harga sewa kamar di tiap penginapan bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Apabila Anda ingin menginap di salah satu hotel, Anda dapat langsung datang ke lokasi atau menghubungi pihak hotel yang bersangkutan untuk booking kamar.

[Update: Ditta]

[1] Ekadjati, Edi S. 2022. Sejarah Kuningan dari Masa Prasejarah hingga Terbentuknya Kabupaten. Jakarta: Kiblat Buku Utama, hlm. 12.

[2] Ibid.

Lihat Juga:   Info Rute, Fasilitas, & Harga Tiket Bus Agra Mas




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan