Tarif Sewa Lahan dan Tenda untuk Camping di Posong




Camping di Posong (sumber: protectoracaceres.org)
Camping di Posong (sumber: protectoracaceres.org)

Berkemah atau camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruangan yang bermanfaat untuk menghilangkan penat dan sebagai media penyembuhan stres.[1] Nah, bagi Anda yang sedang berlibur ke dan ingin camping di daerah ini, Anda bisa langsung ke Posong. Diketahui, Posong merupakan yang menyediakan camping ground dengan fasilitas lengkap dan relatif .

Lokasi dan Fasilitas Camping Ground Posong

Posong Temanggung atau biasa dikenal dengan nama Wisata Alam Posong merupakan salah satu alam terbuka dengan ketinggian wilayah mencapai 18.23 mdpl di lereng Gunung Sindoro. Tempat wisata alam ini dikelilingi kawasan pertanian tembakau dan hutan kecil di lereng gunung, sehingga tampak sangat asri dan hijau.

Tak hanya kebun tembakau, Anda juga akan menemukan perkebunan kopi dan teh saat berjalan menuju Posong. Bisa dibilang, selain menjadi lokas wisata alam, Posong adalah daerah perkebunan penduduk di Temanggung. Sisi kanan dan kiri jalanan menuju Posong juga masih asri, tetapi sudah beraspal. Sehingga, Anda bisa menuju tempat ini menggunakan kendaraan pribadi dengan nyaman.

Memasuki Posong, Anda akan menemukan sebuah jembatan kayu di antara perkebunan penduduk. Jembatan ini yang akan menuntun Anda ke halaman utama Wisata Alam Posong dengan pemandangan berupa delapan gunung saat cuaca sedang cerah. Gunung-gunung yang dimaksud antara lain Gunung Andong, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Ungaran, Gunung Muria, Gunung Merapi, dan Gunung Telomoyo.

Untuk menikmati pemandangan tersebut, Anda tidak harus berdiri di tengah halaman Posong yang luas. Sudah ada banyak spot khusus untuk memandang keindahan alam sekitar yang berbentuk seperti bangunan gazebo kecil, kursi kayu, kursi payung, dan bale-bale. Selain itu, ada kafe yang menawarkan area bersantai dengan pemandangan Gunung Sindoro.

Lihat Juga:   Griya Sera, Homestay Tarif Rp200 Ribuan di Poncokusumo
Pemandangan Gunung Sindoro dari Posong (sumber: rutemu.com)
Pemandangan Gunung Sindoro dari Posong (sumber: rutemu.com)

Fasilitas lain yang dimiliki Posong adalah area berkemah yang letaknya tidak jauh dari spot foto dan dikelilingi pohon pinus yang rindang. Bumi perkemahan ini dibagi menjadi beberapa tingkat, dengan petak-petak yang sudah dilengkapi saluran air untuk mencegah tenda kebanjiran saat hujan deras.

Tingkat pertama adalah camping ground yang hanya terdiri dari petakan dan tidak ada tendanya. Ini dikhususkan untuk Anda yang hanya ingin menyewa camping dan sudah membawa tenda serta perbekalan camping lengkap. Di bagian depan camping ground, terdapat pembatas khusus sebagai area untuk membuat api unggun.

Tingkat kedua merupakan lahan perkemahan dengan petakan-petakan yang sudah berisi tenda lengkap dengan isinya. Ini merupakan area khusus bagi Anda yang ingin camping, tetapi tidak membawa perbekalan. Setiap tenda dibekali dengan alas tidur, lampu, bantal, dan sleeping bag. Tenda ini diklaim cukup untuk 3 hingga 4 orang dewasa. Sama seperti tingkat pertama, bumi perkemahan ini memiliki spot khusus untuk menyalakan api unggun.

Tingkat terakhir adalah tenda semi permanen yang terbuat dari terpal di bagian atas dan kayu di bagian bawah. Bisa dibilang, ini adalah tenda khusus untuk glamping. Bagian dalam tenda diisi dengan alas tidur, sleeping bag, lampu, dan bantal. Ukurannya yang cukup besar, membuat tenda ini mampu diisi 7 hingga 8 orang dewasa. Bagian depan tenda merupakan lapangan luas yang dapat dipakai untuk piknik atau menyalakan api unggun.

Lihat Juga:   Merbabu Guest House, Penginapan Tenang & Bersih di Belakang Taman Ijen Malang

Tak hanya itu, bumi perkemahan di sini sudah difasilitasi dengan sumber air bersih, toilet, tempat makan, lapangan khusus untuk melihat milky way, dan area bersantai atau nongkrong setelah mendirikan tenda. Ada juga spot khusus berfoto di area tenda dengan view hutan dan lapangan hijau.

Sebagai tambahan, selain menyediakan paket untuk , Posong juga menawarkan paket kemah rombongan dengan jumlah minimal 10 orang. Peserta kemah akan mendapatkan snack dan air mineral. Selain itu, tempat wisata ini memiliki area outbound dengan wahana permainan flying fox.

Camping di Posong (youtube: Aryo Wandirotomo)
Camping di Posong (youtube: Aryo Wandirotomo)

Tarif Camping di Posong

Jenis Paket CampingTarif per Malam
Sewa Lahan KemahRp60.000 per petak
Sewa Tenda Fasilitas Lengkap Kapasitas 4 orangRp80.000 per orang
Sewa Tenda Kapasitas 4 – 8 orang + Full ServiceRp150.000 – Rp250.000 per orang
Sewa Tenda Semi Permanen Kapasitas 7 – 8 orangRp750.000 per tenda

Biaya sewa tenda dan lahan kemah di Posong di atas belum termasuk tarif masuk, yakni Rp20 ribu per orang dan biaya parkir mulai Rp3 ribu hingga Rp6 ribu per kendaraan. Harga sewa tenda, tiket masuk, dan parkir di Wisata Posong tersebut tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Syam Suhenda, Mayga. 2018. Pembangunan Perangkat Lunak Penentuan Lokasi Perkemahan dan Penyewaan Alat Kemah Menggunakan Platform Android (Tesis). Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan