Rute dan Tarif Tol Semarang-Surabaya




Mobil Lewat Tol - www.viva.co.id

Jika Anda hendak bepergian dari Semarang menuju , salah satu yang dapat Anda pilih adalah menggunakan jalan darat. Pasalnya, saat ini sudah ada tol Semarang- yang dikatakan dapat memangkas waktu hanya menjadi tiga jam. Ada beberapa rute yang harus Anda lalui saat menggunakan jalan tol ini, di antaranya lewat Salatiga, , Ngawi, Kertosono, dan Mojokerto.

Dikutip dari Wikipedia, jalan tol merupakan ruas jalan yang dikhususkan untuk kendaraan bersumbu dua atau lebih (mobil, , truk) dan bertujuan untuk mempersingkat jarak dan waktu tempuh dari satu tempat ke tempat yang lain. Di Indonesia, jalan tol sering disebut sebagai jalan bebas hambatan, meski sebenarnya sinonim tidak sepenuhnya tepat. Pasalnya, tidak semua jalan bebas hambatan memerlukan bayaran, sedangkan ruas tol memiliki tarif tertentu.

Setidaknya, ada tiga sistem jalan tol yang sering diterapkan di banyak negara, yakni sistem terbuka, sistem tertutup, dan jalan terbuka. Pada sistem tol terbuka, semua kendaraan berhenti di berbagai di sepanjang jalan untuk membayar tol. Sementara, sistem tol tertutup, kendaraan mengambil tol saat akan memasuki jalanan tersebut. Adapun jalan terbuka atau sistem elektronik, tidak ada pengumpulan uang tunai, namun diganti dengan transponder yang dipasang pada kaca depan tiap kendaraan.

Di Indonesia sendiri, jalan tol sudah dapat ditemui di banyak titik. Salah satu yang menjadi perbincangan hangat adalah ruas tol Trans Jawa yang memiliki panjang lebih dari 1.000 km. Jalan tol Trans Jawa ini menghubungkan antara Merak di ujung barat dan Banyuwangi di ujung timur, yang terkoneksi dengan beberapa rua tol, seperti tol -Merak, tol -Cikampek, tol Cipali, tol Palimanan-Kanci, tol Semarang-Solo, tol Surabaya-Gempol, hingga tol Probolinggo-Banyuwangi.

Tol Semarang-Surabaya - jateng.tribunnews.com
Tol Semarang-Surabaya – jateng.tribunnews.com

Rute Tol Semarang-Surabaya

Nah, jika kebetulan Anda ingin melakukan perjalanan dari Semarang menuju Surabaya, Anda harus melewati beberapa ruas tol terlebih dahulu, dengan panjang total mencapai 336,13 km. Ruas jalan tol yang harus dilewati untuk perjalanan ini antara lain Semarang-ABC, Semarang-Salatiga, Salatiga-Solo, Solo-Sragen-Ngawi, IC Ngawi-Ngawi, Ngawi-Wilangan, Wilangan-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, dan Mojokerto-Surabaya. Namun, jika diringkas, tol Semarang-Surabaya terbagi menjadi 5 segmen, yaitu:

  • Semarang-Solo sepanjang 72,64 km.
  • Solo-Ngawi sepanjang 90,25 km.
  • Ngawi-Kertosono sepanjang 86,51 km.
  • Kertosono-Mojokerto sepanjang 40,50 km.
  • Mojokerto-Surabaya sepanjang 36,47 km.

Perjalanan bisa dimulai dengan menyusuri jalan tol Semarang-Solo sepanjang 72,64 km. Jalan tol ini sebenarnya sudah beroperasi sejak tahun 2011 lalu, yang kemudian diperpanjang hingga ke Salatiga pada tahun 2017. Kondisi jalan tol tersebut cukup nyaman dan mulus, dengan mobil bisa melaju kencang meski jalanan agak memanjang.

Jika kondisi lalu lintas sedang padat di jalan fungsional Salatiga-Solo, pengendara biasanya akan dipersilakan keluar gerbang tol Salatiga dan melanjutkan perjalanan melalui jalan kampung ke arah gerbang tol Colomadu (sebelum Kartasura) melalui Suruh dan Simo. Jalannya sendiri relatif sempit namun cukup mulus meskipun agak berliku karena berada di kaki bukit. Membutuhkan waktu sekitar satu jam dari keluar gerbang tol Salatiga hingga masuk gerbang tol di Colomadu.

Di gerbang tol Colomadu, perjalanan dilanjutkan dengan memasuki tol fungsional Solo-Ngawi. Secara umum, jalan tol sepanjang 90,25 km memiliki jalur yang mulus. Namun, pengendara perlu waspada ketika memasuki seksi Sragen-Ngawi karena di jalan tol sepanjang 55,05 km tersebut terdapat banyak perlintasan sebidang dengan jalan lokal atau jalan desa. Meski demikian, jalur ini tidak terlalu riskan seperti jalur tol Salatiga-Kartasura.

Memasuki Ngawi, Anda akan melewati jalan tol Ngawi-Kertosono yang sudah beroperasi penuh hingga Wilangan sehingga Anda pun diharuskan membayar tarif secara penuh. Kondisi jalan tol di sepanjang ruas ini juga mulus dan cukup nyaman dilewati kendaraan tanpa banyak rintangan berarti. Waktu tempuh untuk bisa sampai di gerbang tol Wilangan sekitar setengah jam dalam kondisi normal. Namun, karena hanya ada tiga gerbang tol, biasanya Anda butuh waktu 20 menit untuk mengantre membayar tarif tol.

Dari Wilangan (Nganjuk), perjalanan diteruskan menuju Kertosono dengan jarak sekitar 38,56 km. Jalan tol ini resmi beroperasi pada akhir tahun 2018 kemarin. Ruas tol yang menyambungkan Madiun tersebut membuat gerbang tol Wilangan dialihkan, yang dilakukan secara bertahap. Ruas tol Wilangan-Kertosono ini sudah dapat dilalui pengendara pada awal tahun 2019.

Setibanya di Kertosono, Anda bisa melanjutkan perjalanan melalui jalan tol Kertosono-Mojokerto yang diresmikan pada tahun 2017 lalu, selang 10 tahun sejak pertama kali dibangun. Ruas tol Kertosono-Mojokerto sepanjang 40,5 km terbagi dalam empat seksi. Seksi 1 sepanjang 14,7 km menghubungkan Bandar Kedungmulyo dan Tembelang (Kabupaten Jombang), sedangkan Seksi 3 sepanjang 5 km antara Desa Kemantren-Kecamatan Gedeg hingga Desa Canggu-Kecamatan Jetis.

Setelah tol Kertosono-Mojokerto, jalan tol terakhir yang Anda lalui untuk menuju Pahlawan adalah Mojokerto-Surabaya yang dibuka pada Desember 2017. Jalan tol ini membentang sepanjang 36,47 km. Secara umum, kondisi fisik prasarana jalan tol ini relatif mulus. Namun, jalanan tol yang mulus berpotensi membuat pengendara terlena dan hilang konsentrasi saat mengemudi. Karena itu, diperlukan kehati-hatian ketika melintas jalan tersebut.

Tol Semarang-Surabaya - www.cnnindonesia.com
Tol Semarang-Surabaya – www.cnnindonesia.com

Tarif Tol Semarang-Surabaya

Ruas TolTarif
Semarang-SoloRp65.000
Solo-Kartasura Rp11.500
Ngawi-Wilangan Rp52.000
Wilangan-Kertosono Fungsional
Kertosono-MojokertoRp46.000
Mojokerto-SurabayaRp36.000

Tarif tol Semarang-Surabaya di atas berlaku untuk kendaraan golongan I. Tarif masing-masing jalan tol yang menghubungkan Semarang dengan Surabaya tersebut kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk PT Jasa Marga dan media . Tarif tol Semarang-Surabaya tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan yang sedang berlaku.

Lihat Juga:   Info Komplet Bandara yang Ada di Kalimantan




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*