Pulau Mursala Sibolga, Spot Eksotis Tempat Syuting Film King Kong




Pulau Mursala Sibolga - www.tribunnews.com
Pulau Mursala Sibolga - www.tribunnews.com

Menyenangkan rasanya bisa piknik ke bersama . Di Indonesia sendiri, ada begitu banyak pulau yang bisa Anda jadikan lokasi liburan. Nah, dari sekian banyak pulau yang ada, salah satu rekomendasi menarik adalah Pulau Mursala yang berlokasi di Sibolga. Saking indahnya pulau ini, sampai sempat dijadikan lokasi film King Kong yang rilis tahun 2005 silam.  

Lokasi Pulau Mursala 

Pulau Mursala terletak di daerah Kabupaten Tapanuli Tengah, Utara, tepatnya berada di Kecamatan Tapian Nauli, Tapanuli Tengah dan berada di sebelah barat daya Kota Sibolga, berjarak sekitar 22,5 km dari Pandan, Tapanuli Tengah. Secara geografis, Pulau Mursala memiliki luas sekitar 8.000 hektar. 

Jika Anda ingin menuju Pulau Mursala, Anda dapat melewati Pandan atau Sibolga menggunakan kapal untuk melintasi Teluk Tapanuli. Sebelumnya, untuk mencapai Kota Sibolga, Anda bisa menumpang pesawat terlebih dahulu dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Ferdinand Lumban Tobing Sibolga. Ada juga alternatif yang lebih dekat, Anda bisa mencoba melewati Kota Medan. Walaupun lebih dekat, jika Anda melewati Medan, maka Anda perlu transit terlebih dahulu.

Dari Kota Medan, Anda baru bisa melanjutkan penerbangan ke Sibolga dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Jika Anda seorang backpacker atau traveling dengan ingin berhemat, Anda bisa menggunakan transportasi darat dari Kota Medan menuju Sibolga dengan waktu tempuh 8 jam. Setelah tiba di Kota Sibolga. Anda harus menyewa perahu atau boat untuk mencapai Pulau Mursala.

Pulau Mursala Sibolga - www.satyawinnie.com
Pulau Mursala Sibolga – www.satyawinnie.com

Keindahan Pulau Mursala

Setibanya di Pulau Mursala, Anda akan disambut dengan ramah oleh penduduk lokal. Biasanya mereka juga akan menawarkan jasa guiding atau pemandu wisata. Jika Anda ingin menjelajahi Pulau Mursala tanpa ada pemandu wisata pun tak masalah, asalkan Anda harus bersikap sopan dan ramah kepada penduduk. Bagi Anda yang ingin berwisata ke Pulau Mursala, juga perlu memperhatikan kebersihan, dan ada peraturan khusus yang mengharamkan turis membuang sampah sembarangan.

Pulau Mursala memang merupakan salah satu pulau yang indah dan eksotis. Keeksotisannya mengundang banyak sutradara kondang serta artis untuk bermain film di pulau ini. Salah satu film jebolan Indonesia berjudul Mursala tahun 2013 lalu, yang dibintangi Titi Rajo Bintang dan Rio Dewanto, juga mengambil latar belakang pulau ini. Akhirnya, banyak orang ingin pergi berlibur ke pulau ini setelah melihat filmnya.

Salah satu objek yang membuat Pulau Mursala semakin indah, yaitu air terjunnya. Jarang-jarang Anda dimanjakan dengan keindahan air terjun yang bersih dan dangkal. Banyak yang berenang menikmati kesegaran air terjun ini. Letaknya berada di bagian Pulau Mursala yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Aliran air terjun Pulau Mursala akan mengalir langsung ke laut. 

Air terjun seperti ini sangat langka dan jarang ditemui di dunia, inilah mengapa banyak turis asing tertarik pergi ke pulau hanya untuk menikmati air terjunnya. Di Indonesia sendiri, hanya ada 2 air terjun yang alirannya mengalir langsung ke laut. Selain di Pulau Mursala, air terjun lainnya berada di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, dengan nama Air Terjun Kahatola.

Air Terjun Pulau Mursala ini berasal dari aliran sungai paling pendek di dunia dengan lebar 400 m dan panjang 700 m. Air sungai tersebut mengalir melalui batuan granit yang berada di tebing pulau. Aliran air yang menjadi satu dengan air terjun dan bebas menuju laut menciptakan pemandangan alam yang memesona.

Pulau Mursala Sibolga - www.tribunnews.com
Pulau Mursala Sibolga – www.tribunnews.com

Air terjun yang cantik tersebut rupanya mempunyai legenda yang cukup menarik. Menurut masyarakat sekitar, dulunya air terjun ini menjadi bermain seorang permaisuri yang cantik bernama Runduk. Di atas air terjun, juga terdapat sebuah kolam yang cukup dangkal jika digunakan untuk berenang. Dikisahkan bahwa kolam tersebut dulunya adalah sang permaisuri.

Di pulau ini, Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan air terjun saja, Anda juga bisa menikmati beberapa lainnya seperti berikut ini.

Objek Wisata di Pulau Mursala

  • Pulau Jambe. Perairan dangkal dekat Pulau Mursala dengan pemandangan laut yang indah dan cocok untuk snorkeling.
  • Teluk Labuan Hunik. Tempat yang paling digemari banyak wisatawan asing untuk berenang dan snorkeling karena pemandangan laut yang indah dan tidak terlalu berkarang.
  • Pulau Silabu Na Menek. Tempat unik dengan batu berbentuk burung di ketinggian 70 m dpl dengan nama Batu Burung Garuda.
  • Laguna. Di Pulau Mursala, terdapat laguna dengan pasir putih yang menyatu di antara Silabu-labu Na Godang dan Pulau Kalimantung Na Menek.

Biaya dan Harga Paket Tour Pulau Mursala 

Dari Sibolga ke Pulau Mursala, Anda bisa menyewa perahu boat dengan tarif mulai Rp1,3 jutaan per perahu. Perahu ini bisa Anda jumpai dengan mudah di sekitar pelabuhan Sibolga menuju Pulau Mursala. Anda juga bisa menggunakan perahu biasa dengan tarif sekitar Rp1 jutaan per perahu. Ada baiknya Anda pergi ke pulau bersama banyak orang agar tarif perahu dapat lebih murah.

Dilansir dari lelungan.net, ada juga paket ke Pulau Mursala jika Anda ingin menikmati liburan di pulau tersebut, yang ditawarkan dengan harga sekitar Rp1,7 jutaan. Apabila Anda ingin berlibur ke Pulau Mursala dengan budget yang sesuai, Anda bisa juga menghubungi biro wisata yang menyediakan paket liburan ke Pulau Mursala dengan biaya mulai Rp300 ribuan per orang dengan kuota minimal 10 orang.

Lihat Juga:   Update Tempat Karaoke Hits dan Asyik di Yogyakarta




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan