Hunting Bakso Enak dan Murah di Kota Batu Malang? Di Sini Tempatnya!




Semangkuk bakso malang (sumber: resepkoki.id)
Semangkuk bakso malang (sumber: resepkoki.id)

Siapa yang tak kenal ? yang terbuat dari daging giling berbentuk bundar disiram kuah kaldu sapi dilengkapi tahu dan mie kuning ini begitu nikmat dihidangkan saat masih panas. Namun tampilan bakso secara umum tadi akan berbeda jika Anda datang ke Kota Batu Malang. Pasalnya, bakso di sana terkenal enak dan lengkap dengan adanya gorengan yang menambah cita rasa gurihnya.

Mengulas soal makanan satu ini, bakso konon merupakan hasil modifikasi masakan dari Tiongkok pada sekitar abad ke 17 Dinasti Ming. Bakso itu dibuat Meng Bo karena terinspirasi dari kue mochi. Resep daging giling dari Meng Bo inilah kemudian disebarkan oleh masyarakat Fuzhou hingga seiring waktu menyebar ke Indonesia.

Lalu kenapa hidangan tersebut dikenal dengan nama bakso? Daging yang digunakan Meng Bo untuk membuat bakso awalnya yakni daging babi yang dalam Bahasa China adalah bak. Lalu ditambah dengan kuah sup sebagai pelengkapnya yang dalam Bahasa Cinanya so. Sehingga masyarakat Fuzhou kala itu menamainya bakso yang berarti sup daging babi.

Namun, pada versi lain, bakso ini disebut-sebut juga berasal dari Eropa yakni meatballs. Hal ini ditengarai, meatballs itu dibawa pada masa penjajahan Belanda di Indonesia. Meatballs, umumnya dihidangkan dengan tambahan pasta dan spaghetti yang dimasak bersama saos tomat. Tak heran, jika bakso di Indonesia kini berada di urutan yang sama dengan rendang dan nasi goreng sebagai masakan paling diminati semua kalangan.

Menikmati makan bakso (sumber: blog.hawaku.com)
Menikmati makan bakso (sumber: blog.hawaku.com)

Berwisata di kota dingin seperti Batu, akan terasa cocok dengan mencicipi kuliner berkuah seperti bakso ini. Tak hanya lengkap dan enak, bakso di Kota Apel ini juga terbilang murah. Sepertinya Anda wajib membawa catatan untuk mendaftar bakso-bakso enak berikut.

Bakso Mujos

Bakso Mujos yang berlokasi di Dusun Gondang Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu ini begitu istimewa. Cara pengolahan daging bakso dengan sistem tradisional menggunakan penggilingan kayu masih dilakukan sejak 26 tahun lalu. Tentu saja hal ini menambah cita rasa dari bakso yang semangkuknya ini seharga Rp10 ribu saja. Anda dapat berkunjung ke tempat ini mulai pukul 11.00 – 16.00 WIB. Bakso yang murah ini telah menjadi primadona berbagai kalangan, khususnya para pelajar.

Lihat Juga:   Royal Palace Spa Bali, Tawarkan Fasilitas Massage hingga Karaoke

Omah Kentang & Bakso Damas

Omah Kentang & Bakso Damas terletak di Jalan Arjuno nomor 3, Sisir, Kota Batu. Anda akan menikmati bakso dengan daging yang sangat empuk dan kenyal, belum lagi siraman kuah bakso yang gurih beraroma kaldu sapi akan memanjakan lidah. bakso yang ditawarkan pun beragam, mulai dari bakso jumbo isi daging, bakso jumbo isi telur ayam, bakso kotak pedas, bakso kasar, bakso isi telur puyuh, bakso halus dan bakso kasar. Soal , tak akan menguras kantong karena dipatok mulai dari Rp1.000 hingga Rp12.000 per biji. Sudah murah harganya, Anda dapat mengambil kentang rebus secara gratis.

Sajian menu bakso (sumber: blog.hawaku.com)
Sajian menu bakso (sumber: blog.hawaku.com)

Bakso Pemuda

Bagi Anda yang tengah melewati Jl WR. Supratman 17 Sisir Kota Batu, sebaiknya tak lupa mampir di Bakso Pemuda. Meski kedainya terbilang sederhana, namun rasa bakso di sini boleh diadu. Anda dapat memilih menu pilihan di antaranya bakso biasa, spesial, dan super dengan harga yang dibanderol mulai Rp15 ribuan. Anda dapat datang ke tempat ini mulai pukul 13.00 – 22.00 WIB.

Bakso Arief

Masih berada di sekitar kawasan Sisir, tepatnya di Jl Diponegoro 222 Kota Batu, Anda wajib mencoba hidangan dari Bakso Arief. Cita rasa yang lezat membuat kedai ini terus ramai dikunjungi masyarakat asli Batu maupun yang tengah mampir. Menghadirkan bakso yang kenyal dengan cita rasa dan aroma kuahnya juga sangat khas, membuat Anda tak akan rugi mengeluarkan uang Rp18 ribu semangkuknya. Untuk menu favorit, Bakso Arief akan menyuguhkan di hadapan Anda bakso bogem yang berukuran jumbo.

Lihat Juga:   Hotel Tunjungan, Penginapan Murah Mulai Harga Rp 80 Ribuan di Sragen

Bakso Urat

Saat mendengar namanya, Anda pasti penasaran dengan rasa Bakso Urat di Kota Batu ini. Berlokasi tak jauh dari Bakso Arief, bakso urat menggiring pasarnya dengan menggiling daging sapi pilihan untuk menambah cita rasa. Di sini bakso urat dikemas menjadi bakso beranak yang bentuknya super jumbo karena ditambahkan isian bakso kecil lagi di dalamnya. Untuk satu biji bakso jumbo, tahu dan siomay  dibanderol mulai Rp19 ribu. Menu lengkap bukan?

Varian bakso (sumber: kumparan.com)
bakso (sumber: kumparan.com)

Bakso De Stadion

Tampaknya kawasan Sisir masih banyak kedai bakso yang wajib didatangi, seperti Bakso De Stadion tepatnya di Jalan Stadion Utara nomor 12 Kota Batu. Di sini Anda dapat bebas memilih bakso yang tersedia dan menu paling favorit yang harus dicoba yakni bakso beranak. Jika masih kurang puas, Anda boleh mencoba bakso beranak klenger dengan ukuran yang memang mantap membuat perut kenyang sekali makan. Harga bakso di sini kisaran Rp20 ribuan, terbilang murah bukan?

Bakso Arema Cak Tono

Nah, untuk sajian menu kekinian yakni bakso bakar, Anda dapat coba mampir di Bakso Arema Cak Tono. Berlokasi di Jl Diran nomor 29, Sisir, Kota Batu, Anda dapat menikmati semangkuk bakso dengan daging sapi yang begitu enak. Satu porsi bakso di sini dijual Rp28 ribu saja.

Bakso Presiden

Terletak di Jalan Batanghari nomor 5, Bakso Presiden menetapkan harga terjangkau untuk semangkuk bakso yang ditawarkan sekitar Rp31.000. Menu bakso juga terbilang bervariasi meliputi bakso urat, bakso biasa, bakso bakar, bakso goreng, bakso telur dan bakso udang. Soal rasa tidak perlu diragukan lagi, dijamin membuat Anda datang lagi.

Anda sudah mencatat lokasi-lokasinya? Dengan harga mulai Rp10 ribu – Rp30 ribuan, Anda pasti puas menikmati bakso dengan banyak pilihan dan lengkap ditemani gorengan, siomay, dan tahu khas Kota Batu Malang.

[Update: Ditta]




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan