Update Pengertian Villa dan Perbedaannya dengan Hotel




Saat ini, Anda memang tidak perlu khawatir lagi jika akan melancong ke luar daerah, bahkan ke luar negara. Pasalnya, sudah ada banyak tipe penginapan yang dapat Anda jadikan lokasi bermalam, tidak hanya hotel, tetapi juga villa. Lalu, apa sih sebenarnya definisi villa, apa saja fasilitas yang ditawarkan, dan apa perbedaannya dengan hotel pada umumnya?

Apa Itu Villa?

Pelancong masa kini, terutama yang punya bujet berlebih, memang cenderung mencari penginapan dengan fasilitas yang memadai, kalau bisa mewah, seperti kolam renang, restoran pribadi, dan ara bermain. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sekarang sudah tersedia banyak tipe akomodasi, salah satunya villa, yang diharapkan dapat menjadi rumah kedua bagi traveler ketika sedang liburan di suatu daerah.

Ada banyak pengertian villa. dikatakan sebagai tempat tinggal sementara yang digunakan saat berlibur dan rekreasi.[1] ini digunakan sebagai tempat peristirahatan, salah satu alternatif tempat tinggal sementara yang berada jauh dari kejenuhan dan kepenatan akan aktivitas di kota. Karena itu, tidak heran jika kemudian lebih sering ditemukan di daerah pegunungan dan pantai.[2]

dibangun di tempat yang relatif tidak padat penduduknya dengan kontur alam yang masih alami untuk memberikan ketenangan pada penghuninya. Karena itu, idealnya, villa ditinggali pada akhir pekan atau musim liburan sebagai sarana penunjang liburan. Meski demikian, tidak menutup villa ditempati saat weekday, termasuk untuk kunjungan kerja ke suatu daerah.

Fasilitas

Secara umum, menyediakan fasilitas yang tidak jauh berbeda dengan penginapan lainnya. Ketika menyewa villa, wisatawan biasanya dapat menemukan fasilitas hiburan seperti taman bunga yang indah, area bermain anak, danau atau kolam pemancingan, fasilitas olahraga, serta berbagai sarana rekreasi lainnya. Villa juga dilengkapi dengan peralatan dan fasilitas penunjang kegiatan sehari-hari layaknya di rumah Anda sendiri.

Lihat Juga:   Daftar Hotel Recommended Dekat Ocean Park Hong Kong

Namun, berbeda dengan hotel, tidak hanya dapat disewa satu kamar, tetapi juga satu rumah penuh. Tentu saja, harga sewa villa secara full jauh lebih mahal dibandingkan menyewa satu kamar. Meski demikian, karena umumnya dapat menampung lebih banyak tamu, maka secara matematika, tarif sewanya tidak jauh berbeda jika Anda hanya menyewa satu kamar.

Fasilitas Villa Mewah - www.villahotelbatu.com
Fasilitas Villa Mewah – www.villahotelbatu.com

Tarif Villa

Lalu, berapa harga yang dipatok untuk menyewa sebuah villa? Biaya sewa villa tentu saja sangat bervariasi, tergantung jenis sewa (kamaran atau full), fasilitas yang disediakan, serta waktu reservasi (weekend atau weekday). Di kawasan Songgoriti, Batu misalnya, banyak villa yang menyewakan satu kamar dengan tarif di bawah Rp100 ribuan per malam. Di sisi lain, tidak sedikit villa yang disewakan satu rumah penuh dengan harga mulai Rp400 ribuan per malam.

Pengertian Hotel

Sementara itu, hotel dapat disebutkan sebagai sebuah yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman, dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melakukan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar, sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus.[3]

Hotel dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Berdasarkan klasifikasi bintang, tentu Anda sudah sangat familiar dengan hotel bintang 1 hingga hotel bintang 5. Selain itu, ada pula yang disebut city hotel (biasanya berada di perkotaan), residential hotel (umumnya berada di pinggiran kota besar), resort hotel (cenderung berlokasi di daerah pegunungan atau tepi pantai), serta motel (di pinggiran atau sepanjang jalan raya antar-kota).

Lihat Juga:   Harga Blackbird Hotel Bandung, Punya Fasilitas Kamar Drum

Perbedaan Villa dan Hotel

  • Seperti disampaikan di atas, perbedaan utama antara villa dan hotel adalah jenis sewa. Hotel umumnya hanya dapat disewa per kamar, sedangkan villa juga bisa disewa satu rumah penuh.
  • Hotel, terutama berbintang, menawarkan fasilitas yang lengkap, seperti tempat hiburan, kolam renang, layanan kamar, hingga restoran atau sarapan. Sementara itu, meskipun beberapa villa sudah dilengkapi kolam renang dan hiburan, tidak semuanya menawarkan restoran atau sarapan. Sebagai gantinya, pihak pengelola menyiapkan dapur yang dapat digunakan tamu untuk memasak atau jasa katering.
  • Masih berkaitan dengan fasilitas, untuk mereka yang menginap di hotel, biasanya akan mendapatkan layanan seperti sarapan, kebersihan kamar, bahkan antar-jemput bandara. Sementara itu, villa jarang menyediakan layanan seperti ini.
  • Jika dibandingkan menginap di hotel, biasanya persyaratan administrasi menyewa villa lebih mudah. Tamu hanya perlu menyerahkan identitas diri (KTP/SIM) dan akan dikembalikan setelah mereka selesai menginap. Sebaliknya, tamu hotel wajib mengisi formulir dan juga menyerahkan identitas diri sebelum menginap di hotel.

Lalu, bagaimana dengan harga sewa antara villa dan hotel? Sebenarnya, tarif sewa villa dan hotel tidak jauh berbeda. Ada villa yang menyewakan kamar dengan biaya di bawah Rp100 ribuan per malam, demikian juga dengan hotel, biasanya hotel melati. Sebaliknya, ada pula villa yang mematok harga sewa jutaan rupiah, biasanya villa dengan sewa satu rumah penuh.

(Panca)

[1] Tokan, Matilda Relu Lama. Kawasan Villa dengan Penataan Landsekap Agrowisata di Kota Singkawang. Jurnal Online Arsitektur Universitas Tanjungpura, Vol. 2(1): 91-102

[2] Ibid.

[3] Sulastiyono, Agus. 2001. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: CV Alfabeta.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan