Pantai Queen Artha Lampung, Spot Menarik Hunting Foto dan Berenang




Pantai Queen Artha Lampung - lampungtraveller.blogspot.co.id
Pantai Queen Artha Lampung - lampungtraveller.blogspot.co.id

Layaknya provinsi di Pulau lainnya, Provinsi juga menawarkan berbagai pesona wisata yang tidak kalah dengan wilayah lain. Mungkin Anda sudah familiar dengan objek wisata seperti Krakatau, Danau Ranau, Merak Belantung, dan juga Taman Nasional Way Kambas dengan atraksi gajahnya. Namun, ada juga spot yang wajib dikunjungi ketika menyambangi provinsi paling selatan Pulau Sumatera tersebut, yaitu Queen Artha.

Pantai Queen Artha Lampung - lampungtraveller.blogspot.co.id
Pantai Queen Artha Lampung – lampungtraveller.blogspot.co.id

Pantai Queen Artha berlokasi di Desa Lempasing, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Letak pantai ini sekitar 50 meter dari gerbang Kabupaten Pesawaran di Jalan RE Martadinata. Jika wisatawan berangkat dari Bandar Lampung, memerlukan waktu paling cepat 30 menit dan paling lambat 45 menit berkendara. Untuk masuk ke lokasi pantai, wisatawan perlu berjalan lagi sekitar 150 meter dari ruas jalan utama Hanura.

Salah satu pantai yang tersebar di sepanjang Teluk Lampung hingga Teluk Semaka ini merupakan salah satu pantai yang telah dibuka sebagai objek wisata sejak tahun 1995 silam. Sepanjang perjalanannya, Pantai Queen Artha sudah berganti nama sebanyak empat kali. Awalnya, publik mengenal pantai ini dengan sebutan Pantai Sekawarna, lalu berganti menjadi Pantai Tripanca, dan kemudian berubah lagi menjadi Pantai Sahara, hingga akhirnya menjadi Pantai Queen Artha sampai sekarang.

Pantai Queen Artha Lampung - lampungtraveller.blogspot.co.id
Pantai Queen Artha Lampung – lampungtraveller.blogspot.co.id

Sebenarnya, pantai yang memiliki garis pantai cukup panjang ini bukan merupakan tujuan wisata utama pengunjung di Lampung. Namun, tidak jarang wisatawan yang berbelok ke Pantai Queen Artha karena malas dengan jalanan yang macet menuju pantai yang lebih populer, seperti Pantai Mutun, Pantai Clara, atau Pantai Sari Ringgung yang kini juga banyak digemari.

Menurut ulasan wisatawan yang pernah berkunjung ke Pantai Queen Artha, pantai ini disebutkan sangat nyaman, aman, dan asyik untuk wisata atau rombongan. Selain itu, Pantai Queen Artha juga merupakan wisata pantai alternatif yang dekat dengan kota (Bandar Lampung). Pantai ini juga memiliki akses masuk yang dekat dengan jalan utama.

Lihat Juga:   Info Fasilitas Penginapan di Kawasan Pulau Sepa

Sementara itu, salah seorang petugas loket di Pantai Queen Artha menuturkan bahwa pantai tersebut sebenarnya sudah lama dikenal masyarakat Lampung. Namun, karena tidak dikelola dengan baik, maka pamornya kalah dibandingkan Pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung, atau Duta wisata. Meski demikian, pantai ini cukup ramai dikunjungi saat akhir pekan atau ketika musim libur sekolah.

Aktivitas dan di Pantai Queen Artha

Salah satu kelebihan Pantai Queen Artha adalah pasir pantai di tempat ini sangat lembut dan cocok untuk disusuri tanpa alas kaki. Sementara, perpaduan air laut yang berwarna biru dan hijau toska menjadi satu kombinasi yang memesona pandangan mata. Jika wisatawan ingin berenang, Pantai Queen Artha menjadi lokasi yang cocok untuk melakukan aktivitas yang mengasyikkan tersebut. Namun, pengunjung perlu waspada dalam memilih lokasi yang pas untuk berenang karena di beberapa titik, terdapat karang yang berbahaya untuk olahraga air.

Untuk mendukung aktivitas berenang, penduduk setempat juga banyak yang menyediakan persewaan ban dengan mulai Rp10 ribu sampai Rp15 ribu untuk ukuran besar dan Rp5 ribu untuk ban ukuran kecil. Sementara, untuk urusan salin dan bilas, sebagian penduduk juga telah menyulap gubuk mereka menjadi toilet umum dengan biaya sekitar Rp2.000 sampai Rp5.000.

Sementara, bagi wisatawan yang hobi berburu foto atau penggemar selfie, Pantai Queen Artha menjadi spot yang cocok untuk menyalurkan kegemaran mereka. Pasalnya, pantai ini memiliki beberapa spot menarik untuk diabadikan. Anda yang suka berfoto, pantai ini telah dilengkapi dengan jembatan yang bisa diseberangi hingga ke tengah pantai. Saat pagi maupun sore hari, kawasan pantai ini juga sangat cocok dijadikan tempat hunting foto.

Berbeda dengan pantai lain yang dikelola pihak swasta lengkap dengan sarana fasilitas hiburan, Pantai Queen Artha dapat dikatakan tergolong asri. Pantai ini hanya memiliki fasilitas ala kadarnya, dengan minim hiruk pikuk manusia yang akan mengganggu liburan Anda. Kecuali, jika Anda datang di hari libur tentunya.

Lihat Juga:   Agro Tawon Rimba Raya, Wisata Petik Madu Edukatif & Menarik di Lawang-Malang

Masuk ke Pantai Queen Artha

Jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Queen Artha, biaya masuk ke pantai tersebut relatif terjangkau, yaitu sekitar Rp15.000 bagi pengunjung yang membawa sepeda motor atau Rp25.000 bagi wisatawan yang membawa mobil pribadi. Jika Anda ingin melanjutkan ke Pulau Tangkil, Anda pun menyeberang menggunakan perahu yang banyak disewakan di pantai ini dengan biaya sekitar Rp20.000 per orang.

Penginapan di Pantai Queen Artha

Seperti dijelaskan sebelumnya, karena cenderung asri dan masih sepi pengunjung, Pantai Queen Artha belum didukung dengan fasilitas mumpuni, termasuk penginapan. Jika wisatawan ingin bermalam, maka bisa berburu tempat singgah di Bandar Lampung karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Pantai Queen Artha. Ada beberapa penginapan murah di Bandar Lampung yang bisa disinggahi, berikut beberapa di antaranya.

Nama PenginapanAlamatTarif per Malam
Palapa Guest HouseJl. Pangeran Diponegoro No.154 Tanjung Karang, Bandar LampungRp100 – 250 ribuan
Pondok PalapaJl. Pangeran Emir M. Noor No.36, Bandar LampungRp90 – Rp170 ribuan
Pelangi ResidenceJl. Mataram No.12 Enggal, Bandar LampungRp155 – 250 ribuan
Penginapan UripJl. Urip Sumoharjo, Gunung Sulah, Bandar LampungRp110 – 170 ribuan
Losmen Gunung SariJl. Kotaraja – Gunung Sari, Bandar LampungRp40 – 50 ribuan
Losmen RennyJl. Kotaraja – Gunung Sari, Bandar LampungRp40 – 50 ribuan
Pondok Inap AuliaJl. Z.A. Pagaralam, Bandar LampungRp130 – 155 ribuan
Divka ResidenceJl. Pangeran Antasari No. 114, Bandar LampungRp85 – 180 ribuan

Tarif kamar di atas dapat berubah-ubah seiring dengan waktu, tanpa pemberitahuan terlebih dulu dari kami atau pihak .




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan