Deretan Pantai Cantik di Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta

Pantai Baron - wisataterbaru.com

Wonosari merupakan salah satu kecamatan yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, . Ibukota Kabupaten Gunung Kidul sering dijadikan rujukan wisatawan untuk melepas penat karena dikenal memiliki berbagai objek wisata yang menarik, khususnya -pantai yang indah. Berikut mengenai pantai yang berada di kawasan Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai Baron

Ini merupakan salah satu pantai paling di kawasan Wonosari. Terletak di Desa Kemadang, sekitar 23 km dari Wonosari, Pantai Baron diapit oleh dua bukit yang tinggi, dan pada bukit sebelah kanan terdapat sungai yang mengalir ke laut dan terjadilah pertemuan antara air asin dengan air tawar. Di samping itu, di Pantai Baron, Anda juga bisa melihat banyak kapal nelayan bersandar ketika tidak sedang digunakan melaut.

Pantai Baron - wisataterbaru.com

Pantai Baron – wisataterbaru.com

Pantai Krakal

Berada di Tanjungsari, Pantai Krakal merupakan salah satu pantai di daerah selatan Yogyakarta yang cukup ramai dikunjungi wisatawan. Ini tampak pada di sekitar pantai yang tergolong komplet, termasuk akomodasi penginapan dan restoran. Pantai Krakal sendiri memiliki bibir pantai dengan batu-batu karang, ikan-ikan kecil bersembunyi. Ombak di Pantai Krakal juga tergolong cukup aman sehingga cocok bagi mereka yang doyan olahraga selancar.

Pantai Krakal - liburmulu.com

Pantai Krakal – liburmulu.com

Pantai Kukup

Pantai ini juga masih berada di kawasan Tanjungsari. Bersama dengan Pantai Baron dan Pantai Krakal, Pantai Kukup menjadi trio pantai yang sering dijadikan tujuan dalam satu kali perjalanan liburan. Pantai ini sendiri memiliki pasir putih yang lembut dan sebuah batu karang besar yang menjorok ke lautan, mirip dengan pemandangan di Tanah Lot, Bali.

Pantai Kukup - wisatanesia.co

Pantai Kukup – wisatanesia.co

Pantai Ngobaran

Dinamakan Pantai Ngobaran, karena konon dulu ketika zaman Kerajaan Demak, Prabu Brawijaya V beserta para pengikutnya melakukan pelarian hingga ke pantai ini dan akhirnya sang raja membakar dirinya di pantai tersebut. Berdasarkan cerita ini, maka pantai ini dinamakan Pantai Ngobaran, yang dalam bahasa Indonesia artinya api yang berkobar.

Lihat Juga:   Bukit Cinta, Spot Alternatif Melihat Sunrise di Gunung Bromo

Salah satu daya tarik pantai ini adalah unik, berbahan dasar landak laut yang konon memiliki rasa serupa daging ayam. Pantai Ngobaran sendiri berada di Kecamatan Saptosari, atau sekitar 65 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Pantai Ngobaran - www.wisataterindah.net

Pantai Ngobaran – www.wisataterindah.net

Pantai Ngrenehan

Pantai ini terletak di sebelah timur Pantai Ngobaran. Di pantai ini, para wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan bukit-bukit kapur, selain perahu nelayan yang digunakan untuk mencari ikan. Pasir Pantai Ngrenehan juga sangat putih dan bersih. Setiap bulan purnama pada hari raya Nyepi, di pantai ini juga diadakan Upacara Melasti.

Pantai Ngrenehan - www.ragamtempatwisata.com

Pantai Ngrenehan – www.ragamtempatwisata.com

Pantai Sundak

Berlokasi di Desa Sidoharjo, daya tarik utama Pantai Sundak adalah letaknya yang masih asri dengan pasir putih yang terhampar luas. Pemandangan Pantai Sundak dijamin akan membuat Anda terpana dan ingin berlama-lama di pantai ini, termasuk air laut yang biru, pepohonan hijau, hingga suasana yang masih tenang.

Pantai Sundak - galeriwisata.wordpress.com

Pantai Sundak – galeriwisata.wordpress.com

Pantai Drini

Berada di Tanjungsari, Pantai Drini memiliki cir khas yaitu keberadaan sebuah pulau kecil yang memisahkan pantai menjadi dua bagian, yaitu timur dan barat. Wisatawan dapat berjalan menuju pulau kecil tersebut untuk melihat pemandangan laut dari sana. Di pantai ini juga tumbuh santigi yang oleh masyarakat setempat dinamakan dengan Drini, yang menjadi asal mula nama pantai ini.

Pantai Sadranan

Ini adalah salah satu pantai di kawasan selatan yang masih cukup alami dan belum terjamah. Berselang sekitar 2 jam dari Kota Yogyakarta, Pantai Sadranan merupakan objek wisata yang cantik dengan pasir pantai berwarna putih bersih dan air pantai berwarna biru segar, sehingga dapat membuat siapa saja tidak tahan untuk tidak bermain-main dengan air.

Lihat Juga:   Fasilitas dan Tarif Penginapan di Kebun Teh Wonosari Lawang

Pantai Sadeng

Konon ceritanya, pantai ini dulunya adalah muara dari Sungai Bengawan Solo. Namun, sebuah proses geologi yang terjadi ratusan juta tahun lalu, ketika lempeng Australia menghujam Pulau Jawa, menyebabkan Pulau Jawa sedikit terangkat dan mengubah arah aliran Sungai Bengawan Solo. Jalur sungai ini kemudian disebut dengan Bengawan Solo Purba dan menjadi objek wisata yang menarik. Pantai Sadeng sendiri merupakan pelabuhan perikanan yang cukup besar di Yogyakarta.

Pantai Sepanjang

Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Tanjungsari. Pantai ini dinamakan Sepanjang karena garis pantai tersebut adalah yang paling di antara pantai-pantai lainnya yang berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul. Pantai Sepanjang ini relatif baru dijamah dan masih cukup sepi. Belum ada bangunan-bangunan permanen yang terdapat di pinggiran pantai, hanya ada gubuk-gubuk sederhana dengan atap dedaunan kering.

Pantai Pok Tunggal

Pantai ini berada di Desa Tepus. Ketika sampai di Pantai Pok Tunggal, Anda akan disambut dengan hamparan pasir pantai yang putih dan bersih dengan tebing yang tinggi menjulang dengan ketinggian antara 40 meter sampai 60 meter. Beberapa keindahan yang bisa Anda saksikan di pantai ini di antaranya sumber air tawar yang lewat sungai bawah tanah, kawanan monyet di perbukitan, sunset menawan, ombak yang tenang, dan pohon duras yang banyak tumbuh di sekitar pantai.

Pantai Jogan

pantai ini berada di sebelah barat Pantai Siung. Salah satu keunggulan Pantai Jogan adalah memiliki yang jatuh dari tebing tepat di bibir pantai. Wisatawan dapat bermain-main di tersebut dengan bebas sambil menikmati panorama pantai, namun tetap harus hati-hati karena track yang cukup licin.

Itulah beberapa pantai indah yang patut Anda kunjungi ketika berlibur ke kawasan Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Tiap-tiap pantai menawarkan panorama dan keunggulan masing-masing, tergantung selera dan kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>