Pantai Ekas, Surga Alami dan Asri di Lombok Timur




Pantai Ekas Lombok - ekopujiono.agenproperti.com
Pantai Ekas Lombok - ekopujiono.agenproperti.com

Menyebut di Lombok, mungkin Anda lebih familiar dengan objek wisata seperti Gili Trawangan, Gunung Rinjani, atau Pantai Senggigi. Padahal, wilayah yang berada di sebelah timur Pulau Bali tersebut masih menyimpan sejuta pesona wisata lainnya yang menunggu untuk dikunjungi. Nah, salah satu objek wisata alternatif yang bisa menjadi sarana refreshing ketika berkunjung ke adalah Pantai Ekas.

Pantai Ekas Lombok - ekopujiono.agenproperti.com
Pantai Ekas Lombok – ekopujiono.agenproperti.com

Pantai Ekas terletak di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Pantai ini dapat dicapai dari Kota Mataram dalam sejauh 75 km menuju tenggara. Jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Ekas, Anda disarankan untuk menempuh menggunakan kendaraan pribadi (terutama sepeda motor) karena transportasi umum yang menuju pantai ini masih sangat jarang. Dari Kota Mataram, Anda bisa menempuh jalur Mataram, lalu ke Cakranegara, dilanjutkan ke Kediri, kemudian ke Praya, lalu ke Mujur, Ganti, Keruak, Jerowaru, dan terakhir tiba di Ekas.

Salah satu pemandangan menarik yang ada di Pantai Ekas adalah aktivitas para nelayannya. Wisatawan dapat menemui sekitar 50 pondok apung dengan sampan yang bersandar di sampingnya. Pondok apung ini dibuat oleh para nelayan dengan tujuan untuk menangkarkan ikan kerapu dan udang. Selain itu, Anda pun bisa mengikuti aktivitas para nelayan ketika mereka berada di darat, seperti bagaimana mereka membuat perahu dan sampan dengan metode tradisional, serta proses pemotongan ikan di berugak (gazebo atau semacam gubuk).

Pantai Ekas Lombok - www.berbagifun.com
Pantai Ekas Lombok – www.berbagifun.com

Seperti kebanyakan pantai lainnya, sajian utama Pantai Ekas tentu saja pasir pantai yang putih dengan air laut yang jernih. Bahkan, saking jernihnya air laut di pantai ini, wisatawan dapat melihat dengan jelas berbagai biota laut yang menakjubkan, termasuk terumbu karang dan berbagai varian ikan. Dengan kombinasi air laut yang jernih, biota laut yang beragam, dan ombak yang tenang, Pantai Ekas juga cocok bagi mereka yang doyan melakukan olahraga air, seperti berenang, snorkeling, dan bahkan memancing.

Lihat Juga:   Info Lokasi Penginapan di Pulau Untung Jawa

Untuk mereka yang ingin sekadar refreshing, Pantai Ekas juga menjadi spot yang cocok karena berada di wilayah yang terpencil dan tenang. Di pantai ini, wisatawan juga dapat menikmati keindahan matahari terbenam (sunset) di ufuk barat. Jika Anda memiliki waktu luang, tidak ada salahnya untuk menjelajahi pantai-pantai lainnya serta mengunjungi danau air asing yang berada di sepanjang Jerowaru Lauk serta dikelilingi hutan bakau. Di danau ini, Anda bisa melihat aktivitas masyarakat setempat dalam membuat garam dengan cara tradisional.

Karena terletak di wilayah yang terpencil dan belum dikelola dengan baik, maka tidak heran jika fasilitas yang disediakan di Pantai Ekas terbilang masih minim. Di pantai ini, Anda hanya bisa menemui beberapa gubuk untuk sekadar melepas lelah atau bersantai. Jika ingin menginap, Anda bisa membawa tenda dan perlengkapan kemah sendiri, atau bermalam di rumah-rumah penduduk setempat yang disewakan untuk wisatawan.

“Pantai Ekas sebenarnya memiliki keindahan dan pasir putih, serta pemandangan sunset yang tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Pulau Lombok,” kata salah seorang pengunjung. “Sayangnya, potensi wisata ini belum digarap secara maksimal oleh pemerintah, termasuk penataan infrastruktur dan fasilitas serta persoalan keamanan dan kenyamanan.”

Fasilitas

Selain mendirikan tenda atau bermalam di rumah-rumah penduduk, ada beberapa akomodasi penginapan yang bisa Anda gunakan untuk menginap selama berlibur di Pantai Ekas. Berikut beberapa penginapan yang terletak tidak jauh dari kawasan pantai tersebut.

Ekas Breaks

Penginapan ini beralamat di Jalan Pantai Surga, Desa Ekas, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Ekas Breaks hanya berselang sekitar satu menit dari Pantai Surga, dan bisa ditempuh selama 70 menit berkendara dari Bandara Internasional Praya.

Lihat Juga:   Daftar Penginapan/Hotel di Kawasan Jatiluhur, Purwakarta

Sebagai sebuah penginapan, Ekas Breaks menawarkan tempat istirahat yang santai dan telah didukung dengan fasilitas seperti kolam renang outdoor, restoran dengan sajian ala Barat dan Indonesia, bar, akses Wi-Fi di seluruh area, meja depan 24 jam, penitipan bagasi, layanan binatu, lounge, , teras berjemur, layanan antar-jemput bandara dan layanan pijat relaksasi dengan biaya tambahan.

Sementara, untuk -kamarnya, telah dilengkapi dengan fasilitas seperti AC, tempat duduk dan balkon, mandi pribadi plus shower dan handuk, serta pemandangan kolam renang. Tiap bungalow di Ekas Breaks memiliki atap jerami sehingga menghadirkan kesan yang lebih natural. Dengan mulai Rp1.650.000 per dua malam untuk tipe Superior dan Rp2.400.000 per dua malam untuk tipe Suite Keluarga, dapat Anda lakukan melalui nomor telepon 082237916767.

Ekas Sunrise

Penginapan ini terletak di Jalan Pantai Surga, Desa Pemongking, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Ekas Sunrise hanya berselang 19 menit dari pantai dan berada sekitar 19 km dari Kuta Lombok. Jika wisatawan datang dari Bandara Internasional Lombok, membutuhkan perjalanan sejauh 25 km untuk tiba di penginapan ini.

Ekas Sunrise menawarkan fasilitas mewah seperti kolam renang outdoor, teras berjemur, dan pemandangan gunung. Selain itu, disediakan juga tempat parkir pribadi secara gratis, akses Wi-Fi di seluruh area akomodasi, meja depan 24 jam, restoran, bar, layanan kamar, layanan pijat, dan juga layanan penyewaan mobil.

Sementara, untuk kamar-kamarnya, telah didukung dengan fasilitas AC atau kipas angin, tempat tidur 4 tiang lengkap dengan kelambu, area tempat duduk dengan furniture outdoor dan pemandangan alam, serta kamar mandi pribadi plus shower. Dengan tarif kamar mulai Rp595.000 sampai Rp700 ribu per malam untuk tipe Bungalow satu kamar tidur, Anda bisa melakukan melalui nomor telepon (077) 63194121.




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*